Sabtu, 26 Mei 2012

StarkLED Lampu Kuat Dan Tahan Lama

Mei 26, 2012 0
StarkLED Lampu Kuat Dan Tahan Lama
   Habis gelap terbitlah terang, Lampu adalah salah satu kebutuhan pokok kita. tidak ada lampu dunia ini terasa gelap. seperti yang dikatan thomas alva edison bahwasannya lampu itu penting karena saya takut dengan kegelapan. Semua juga merasa takut dengan kegelapan. Kita tidak bisa melanjutkan aktivitas dimalam hari jika tidak ada lampu. Lampu itu suatu hal vital. terjadinya manusia yang berbakat dan cerdas juga karena adanya lampu. banyak lampu yang sudah membantu kita semua. Dan saya pun mendengar adanya merek lampu baru yaitu StarkLED.

   StarkLED, Lampu LED murah berkualitas yang hematnya mulai dari hari pertama. Kenapa saya mengatakannya seperti itu karena lampu ini tidak boros dan kualitasnya jangan ditanya lagi. walaupun dedy korbuzer dengan kepalanya menyinari dunia StarkLED tidak kalah bagusnya, ehehhe. StarkLED, Lampu LED murah berkualitas yang hematnya mulai dari hari pertama. Sob ini memang nyata walaupun ini masih baru saya sudah berani meamastikan StarkLED akan menjadi penerang nomer 1 di dunia ini. Karena saya sebagai konsumennya merasa puas banget sob.

Jumat, 25 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Kalor

Mei 25, 2012 0
  Selamat malam sob.. Gimana kabarnya nih?? baik bukan??.. heheh. BSK yang seru dan menyenangkan, Lebih seru lagi kalu saya berbagi ilmu sob.heheh.Saya akan berbagi ilmu tentang 'Cara Mudah Mengingat Kalor'. Sebelumnya udah ada yang tau apa itu kalor?? Kalor itu bentuk energi yang berpindah dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya lebih rendah ketika benda bersentuhan. Waduuh ribet bener ya sob.. so pasti.. hehehe. Ya intinya mah kalor itu perubahan suhu dari panas ke dingin. Oh ya udah pada tau belum satuan kalor itu apa??. ayoo apa??. Satuan kalor itu JOULE (J). 1 kalori = 4,2 joule. wahh lebih paham bukan hehehe..

   Udah tau belum rumus kalor itu apa?? Pasti pada belum tau bukan?? ehehhehe
Ini dia rumus kalor, Jeng jeng

Q = m c t

Q = kalor
m = massa
c  = kalor jenis zat
t   = perubahan suhu

Waahhh kerenn nih sob.. hehehe

   Tapi masih sutli ya sob.. Tuk menghapalnya saya punya triknya nih sob..
Jeng Jeng

 Q = MaCeT
M = Massa
C = Kalor Jenis Zat
T = Perubahan Suhu

Semoga bermanfaat :)

Kamis, 24 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Faktor-Faktor Keanekaragaman Flora Dan Fauna

Mei 24, 2012 1
   Selamat pagi sob.. Gimana kabarnya nih?? Pasti baik bukan? Masih bersama fahed disini. Sambil menghirup udara segar Indramayu, Paling enak berbagi ilmu nih sob. Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Faktor-Faktor Keanekaragaman Flora Dan Fauna". Judul yang terlalu panjang ya sob?? hehehe. intinya mah Kenapa Flora dan Fauna di Indonesia itu berbeda?? Ayoo kenapa sob??Ada yang tau??. Disebabkan oleh faktor-faktor tertentu sob.. Ada yang namanya Iklim, Tanah, Air, Tinggi rendahnya permukaan bumi, Manusia, Hewan dan Tumbuhan. Mau tau apa itu ESkrim.. eiytsss salah maksud saya Iklim?? Langsung aja check it out

Iklim = Kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang lama
Tanah = Tanah banyak unsur-unsur kimia yang diperlukan bagi flora dan fauna
Air = Curah Hujan sangat berpengaruh pada flora dan fauna jika curah hujannya itu kurang otomatis              keanekaragamannya kurang dibandingkan curah hujan yang tinggi
Tinggi rendahnya permukaan bumi = Semakin tinggi suatu daerah semakin tinggi suhu udara di permukaan bumi
Manusia, Hewan dan Tumbuhan = dapat mengubah lingkungan

     Waduuuhh cukup susah juga tuh sob?? hehehe
Tenang aja sob.. saya punya solusinya,, hehehe

INah bawa Air Bumi sambil meMaHaT

I = Iklim
Nah = Tanah
Air = Air
Bumi = Tinggi rendahnya permukaan Bumi
Ma = Manusia
H = Hewan
T = Tumbuhan


Semoga bermanfaat :)

Rabu, 23 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Disjungsi Dan Konjungsi

Mei 23, 2012 2
   Selamat siang sob. Gimana kabarnya sob?? Baik dong pastinya.. hehehe. Di siang yang panas ini, paling enak berbagi ilmu dulu sob. Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Disjungsi dan Konjungsi. Sudahkah anda tau apa yang dimaksud disjungsi dan konjungsi?? Oh ya terus dimana letak perbedaannya??. Disjungsi adalah dua pernyataan yang dibentuk dengan kata hubung 'atau'. Disjungsi dua pernyataan p+q dinotasikan dinotasikan dengan 'PvQ'. V itu menunjukkan atau. Konjungsi adalah dua pernyataan yang dibentuk dengan kata hubung 'dan', Konjungsi dua pernyataan p+q dinotasikan dengan pAq. Duh ribet banget ya sob??.hehehe. Dapat disimpulkan perbedaan antara disjungsi dan konjungsi
Disjungsi 'PvQ' kalau Konjungsi 'pAq'
Disjungsi 'atau'  kalau Konjungsi 'dan'

Duhhh masih ribet ya sob?? mau yang lebih mudah??
Let's cekidot

DiTa Pvnya Damar
KomanDan PAgi ku Belah

waahh apaan ituhh??

Di = Disjungsi
Ta = Atau
Pvnya = PvQ
Damar = Beda Benar
Ko = Konjungsi
Dan = Dan
PAgi = pAq
Belah = Beda salah

Semoga bermanfaat

Selasa, 22 Mei 2012

8 Jurus Ampuh Berbisnis

Mei 22, 2012 2
   Selamat siang sob?? Gimana kabarnya?? Pasti baik bukan?? Sambil nogkrong belakang EDS. Paling enak berbagi ilmu dulu nih sob, hehehe. Saya akan berbagi ilmu tentang "8 Jurus Ampuh Berbisnis" Ingin jadi pembisnis yang handal?? Pastinya sob. Sebelumnya, Tahukah anda sejarah berbisnis China, Amerika, Russian, India?? Wah kayanya lupa sob, hehehe. Yaudah saya akan menjelaskan sedikit sejarah bisnis China. Apakah masih teringat dengan para petarung kung fu?? Petarung kung fu merupakan salah satu budaya China yang hidup sekitar 2500 tahun silam. Sebenarnya ia terlahir dengan nama Kong Qui atau Qong zhongni. Dikenal para pengikutnya dengan nama kehormatan Kong Fuzi( bukan, bukan berarti " Kera Besar " tapi "Master Kera". Versi latinnya adalah Conficius yang umum digunakan di dunia barat sekarang ini. Jadi pada zaman Conficius sudah memunculkan gagasan-gagasan yang revolusioner dan mendahului pemikiran barat seperti John Locke

   Menarik Bukan??
Ga kalah nih sob. Ada 8 Jurus Ampuhnya, Berbisnis sama China, Amerika, Rusia , India ,dll

1. Kemampuan untuk mendengar
Jika kita ingin berbisnis, kita harus bisa mendengar dengan teliti apa yang dinegosiasikan

2. Orientasi pada hubungan dengan pihak lain
Ada dua aspek, Pertama seorang negosiator harus memuaskan perhatiannya pada prilaku seorang klien atau pemasoknya, Kedua harus menanggapinya dengan tepat

3. Kesediaan untuk menggunakan bantuan tim
Kita membutuhkan bantuan tim untuk analisis keuangan, penerjemah, dan agen asing

4. Kepercayaan diri
Kita harus percaya diri dalam menjelaskan tentang apa yang diinginkan. Jangan sampai kita gugup dan lalai

5. Kecakapan sosial
Kecakapan sosial yaitu kemampuan untuk berhubungan dengan seseorang

6. Pengaruh di kantor pusat
Kita harus bisa mengatur apa yang disetujui di kantor pusat dan melakukan semuanya dengan bijak

7. Aspirasi yang tinggi 
Kita harus mempunyai cita-cita yang tinggi untuk memajukan perusahan kita

8. Kemampuan berbahasa
Kemampuan berbahasa adalah komunikasi yang sangat penting


Semoga bermanfaat

Senin, 21 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Istilah-Istilah Gempa

Mei 21, 2012 1
   Selamat siang sob. Bagaimana kabarnya nih??? Pastinya baik bukan?? hehehe. Setelah UTS selesai palin enak ngopi dan berbagi ilmu nih sob. Sekarang saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Istilah-Istilah Gempa", Sebelumnya. Tahukah anda apa yang dimaksud gempa??. Gempa adalah getaran kulit bumi yang disebabkan kekuatan dari dalam bumi.

   Mau tau Istilah-Istilah gempa dan cara mengingatnya??
Let's check it out

 Saraf Pista dan MuHIs ke SeTrum PiPa sehingga wajahnya Seram

Mau tau artinya??

Saraf = Seismograf adalah alat pencatat gempa
Pista = Pleistoseista adalah garis pada peta yang membatasi daerah yang mengalami kerusakan terhebat di sekitar episentrum
M = Makroseista adalah daerah di permukaan bumi yang mengalami kerusakan terberat akibat gempa. Makroseista dibatasi oleh pleistoseista
H = Homoseista adalah garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang mengalami atau mencatat gelombang primer pada waktu yang sama
I = Isoseista adalah garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang mengalami kerusakan sama hebatnya akibat gempa
Se = Seismologi adalah ilmu yang mempelajari hal ikhwah gempa
Trum = Hiposentrum adalah pusat gempa di dalam bumi
Pi = Episentrum adalah pusat gempa di permukaan bumi
Pa = Gelombang gempa ada 3 macam yaitu
Gelombang longitudinal atau gelombang primer yaitu gelombang gempa yang dirambatkan dari hiposentrum melalui litosfer secara menyebar dengan kecepatan antara 7 km sampai 14 km per detik
Gelombang transversal atau gelombang sekunder yaitu gelombang gempa yang dirambatkan dari hiposentrum ke segala arah dengan kecepatan 4 sampai 7 km per detik
Gelombang panjang yaitu gelombang gempa yang dirambatkan dengan kecepatan kurang dari 3,5 km/detik dan merupakan gelombang perusak
Seram = Seismogram adalah garis pada peta yang membatasi daerah yang mengalami kerusakan terhebat disekitar episentrum



Semoga bermanfaat :)

Minggu, 20 Mei 2012

Cara Mudah Menghafal Tenses Beserta Part Of Speech

Mei 20, 2012 2
   Selamat siang sob. Gimana kabarnya nih?? Baik bukan??.. Bagi yang masih pusing sama tenses, lebih baik simak ini sob. Sekarang saya inging berbagi "Cara Mudah Menghafal Tenses Beserta Part Of Speech". Udah pada tau belum apa itu tenses?? Tenses adalah perubahan kalimat yang dipengaruhi oleh perubahan waktu. Dan sapa yang tau Part Of Speech??.. hehehe. Part Of Speech adalah Bagian-bagian pengucapan dalam bahasa inggris. Wahh mudah-mudahan pada paham ya,, hehehe

   Mau lebih banyak mengenal Tenses dan Part Of Speech???
Langsung aja check it out.. hehehe

   Part Of Speech terdiri dari 8 bagian..
Inilah mereka..

1. Verb
2. Prenoun
3. Noun
4. Preposition
5. Conjunction
6. Interjection
7. Adjective
8. Adverb

   Tenses terdiri dari 16 perubahan waktu
Inilah mereka..

1. Simple Present
2. Present Continous
3. Present Perfect
4. Present Perfect Continous
5. Simple Past
6. Past Continous
7. Past Perfect
8. Past Perfect Continous
9. Simple Future
10. Future Continous
11. Future Perfect
12. Future Perfect Continous
13. Past Future
14. Past Future Continous
15. Past Future Perfect
16. Past Future Perfect Continous

Mau tau cara mudah menghafal part of speech??
Let's Check It Out

Ve Pro No Pre CInta Adjad
Ve : Verb
Pro : Pronoun
No : Noun
Pre : Preposition
C : Conjunction
Inta : Interjection
Adj : Adjective
Ad : Adverb

Mau tau cara mudah menghafal 16 tenses??
Langsung aja yuk..

I do (Simple Present)
I am doing (Present Continous)
I have done (Present Perfect)
I have been doing (Present Perfect Continous)

I did (Simple Past)
I was doing (Past Continous)
I had done (Past Perfect)
I had been doing (Past Perfect Continous)

I will do (Simple Future)
I will be doing (Future Continous)
I will have done (Future Perfect)
I will have been doing (Future Perfect Continous)

I would do (Past Future Tense)
I would be doing (Past Future Continous)
I would have done (Past Future Perfect)
I would have been doing (Past Future Perfect Continous)

NB :Tulisan diatas itu bisa kita nyanyikan dengan lagu anak-anak seperti Baloon Ku Ada Lima. Atau terserah kreasikan dirimu dengan Lagu kesukaanmu, dan ganti Lyricnya... Ini mudah bukan?? Mudah dan menyenangkan.. hehehehehe


Semoga Bermanfaat ...

Sabtu, 19 Mei 2012

Contoh Descriptive, Narrative Dan Recount Text

Mei 19, 2012 0
Descriptive Text

                                                              Pratama

   Pratama is my friend. He is so kind of person. He has sharp nose, cool hair, beautiful eyes and tall body. Even he is not really handsome, he always smile and make a kidding with me. Pratama always talk about something with me. He is still junior high school. He has a lot of friend. He is a diligent student. He always get first rank in his class he can read classic book too. I often sudy with him. He can teach me well. Now I can read too even so little. I really like him. He always help me when I get many problem. There are many girls fall in love with him. But he doesn't care. He just care with his carrier. His parent is so kind too. They always call pratama by using a soft voice. He really best of my friend. I won't let him go

Narrative Text
                                                                The Stingy Man
   Long time ago. There was people in small village. He was Ahmad. One day, Ahmad was hanginga around in the jungle. He was going to make a house. Ahmad tried hard to looking for the wood, but he couldn't get it. Tired and hopeless. He just got nothing. Suddenly..

   Ahmad : Oh god. Help me to get some wood. I really tired. Usually It's so easy but it's not really easy again..

Suddenly there was small people came to him. His named was Heri...
   
   Heri : Hey guys, What are you looking for??
   Ahmad : I'm looking for wood, but I couldn't find it yet, By the way who are you??
   Heri : Hehehe I forgot we haven't known each other right?? hehehe. My name is Adi. I've been here since three years ago
   Ahmad : Ohh. Nice to meet you. But I've never seen you here. Where did you come from??
   Heri : I don't know. I forgot it. By the way Could I help you??
   Ahmad : Ohhh, U're so strange man. I don't need you. I know that u'll ask money right?? Gotta hell you are!!!
   Heri : Hey, Keep your mouth. I wish that U'll be poor man and your money will burn up

After that directly ahmad didn't have money than he became poor man forever

Recount Text 

                                                         Holiday Programme

   It was really funny. I joined holiday programme and I got a lot of things there. The first time my group named Tarzan. There were three peoples in tarzan group. There were I, Faqih and Haniv.. My brother asked that to make tarzan costume. We looked for about material. Such as belt, clothes and hat. Those all must made from leaf. So that we had to looking for a lot of leaf. It was so easy cause we did that together. For bout 2 days we had made it. After that we made yel-yel. The first time we confused. After we tried hard to made it. We found the way. We taken a yel-yel from lazy song music. After we found we had to change the lyrics. It was not really long time. For bout 5 minutes we could make it. After we have prepared all. We were going to Holiday Programme. Our yel-yel was show in front of hall. It need bravery. We were so shy. After we thought that we had to do that. so We did it. Did you know what a result?? All of them were laughing at us. It was really memorable for us. And I won't forget about it ...

Jumat, 18 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Tokoh-Tokoh Sosiologi Dan Pemikirannya

Mei 18, 2012 0

   Selamat pagi sob??. Gimana kabarnya nih?? Pasti baik bukan??. Dengan perasaan senang di kemuruk pensi paling enak berbagi sob. Saya akan berbagi tentang "Cara Mudah Mengingat Tokoh-Tokoh Sosiologi Dan Pemikirannya". Sosiologi itu termasuk ilmu pengetahuan karena sosiologi mengembangkan suatu kerangka pengetahuan yang tersusun dan teruji yang didasarkan pada penelitian ilmiah dan mendasarkan kesimpulannya pada bukti-bukti ilmiah. Semua jenis perilaku, misalnya perilaku remaja dapat ditelaah secara ilmiah jika kita menggunakan metode ilmiah. Berikut tokoh-tokoh sosiolohi dan pemikiran ilmiahnya

   Mau tau siapa sajakah beliau?? check it out!!

1. Auguste Comte
- Jenjang Teologi : Mengacu kepada sifat adikodrati
- Jenjang metafisika : Mengacu kekuatan metafisik
- Jenjang positif : Mengacu pada deskripsi ilmiah

2. Emile Durkheim
   Beliau adalah pemikir bangsa Prancis dan Jerman. Pemikirannya berupa:
 - Solidaritas Mekanis : Solidaritas yang didasarkan atas persamaan
 - Solidaritas Organis : Solidaritas yang didasarkan pada keragaman fungsi-fungis

3. Karl Marx
   Pembagian kerja dalam ekonomi kapitalisme menumbuhkan dua kelas yaitu :
 - Kaum Borjuis (Kaum Kapitalis) : Orang-orang yang menguasai alat-alat produksi dan modal
 - Kaum Proletar : Orang-orang kaum yang tidak mempunyai produksi dan modal

4. Herbert Spencer
   Membagi 3 dalam proses evolusi yaitu :
 - Sistem Penopang : Mencukupi keperluan-keperluan bagi ketahanan hidup anggota masyarakat
 - Sistem Pengatur : Memelihara hubungan-hubungan dengan masyarakat
 - Sistem Pembagi : Berfungsi mengangkut barang-barang dari suatu sistem ke sistem lainnya

  Duh sob, pusing ya untuk mengingatnya??, hehehe. Jangan khawatir saya punya cara mudah untuk mengingatnya

- AJi dapat AngKa Positif
- EKa suka SoSis
- Mark ngeBor sama UmAr
- HP 3

A = Auguste Comte
Ji = Jenjang Teologi
AngKa = Jenjang Metafisika
Positif = Jenjang Positif
E = Emile Durkheim
Ka = Solidaritas Mekanis
SoSis = Solidaritas Organis
Mark = Karl Marx
Bor = Kaum Borjouis
Umar = Kaum Proletar
H = Herbert Spencer
P3 = Penopang, Pengatur, Pembagi

Semoga Bermanfaat :)







































Kamis, 17 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Ciri Dan Hakikat Sosial

Mei 17, 2012 0
   Selamat siang sob, Gimana kabarnya nih?? Pasti baik bukan??,hehehe. Sekarang saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Ciri Dan Hakikat Sosiologi. Oh ya, Sebelumnya udah tau belum sejarah dan pengertian sosiologi itu??. Pastinya sudah ada yang tau dan juga ada yang belum tau, hehehe. Jadi gini sob sejarah sosiologi adalah sebuah pengetahuan kemasyarakatan bisa dikatakan ilmu bermasyarakat. Lahirnya sosiologi berkaitan dengan perubahan sosial di Eropa Barat pada masa revolusi industri (Inggris) dan revolusi sosial (Perancis).

   Udah pada tau belum ciri dan hakikat sosiologi??
Langsung saja cekidot
Menurut Harry M Johnson, sosiologi sebagai ilmu mempunyai ciri berikut :

1. Empiris, didasarkan pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulasi (menduga-duga)
2. Teoritis, didasarkan pada teori
3. Kumulatif, menyusun teori-teori lama menjadi baru
4. Nonetis , Pembahasan masalah secara mendalam

   Duh, Susah ya sob tuk diingatnya??
Mau cara mudahnya?? yuk cekidot..

HEnTeKuNo

H = menurut Harry M Johnson
E  = Empiris
Te = Teoritis
Ku = Kumulatif
No = Nonetis



Rabu, 16 Mei 2012

"Melawan Korupsi, Siapa Takut!"

Mei 16, 2012 1
"Melawan Korupsi, Siapa Takut!"
   Korupsi jika kita bayangkan itu berupa hal yang dimana mengambil barang tapi tidak ijin atau dalam dunia santri itu dinamakan ghozob. Korupsi banyak sekali jenisnya "Korupsi asap rokok, Korupsi asap mobil, Bahkan becak pun bisa membuat kita korupsi", Ups salah ternyata,hehehehe. Itu bukan korupsi tapi polusi,hehehe. Tapi memang korupsi dengan polusi ini masih saling terkait yang dimana jika korupsi itu pasti berbau pulisi, Ups salah , maksud saya polusi, hehehe. Kenapa?? Karena korupsi itu jika kita terpincut untuk memulainya maka semua orang disekeliling kita akan terkena polusinya(dampaknya).

   Menurut teman saya Alan Hangler yang senang sekali ngiler dan sekarang tinggal di sunter yang dimana dia seorang lecturer ,berkata
- Korupsi juga ada yang diperbolehkan, contohnya ketika kita sedang haus sekalibiasa kita minum segelas kita boleh mengkorupsinya jadi 2 gelas.
Menurut saya itu hal yang tidak patut dicontoh, karena kalau kita contoh, kita akan terbawa dari hal yang kecil yaitu berupa air. Jadi jangan coba-coba mencoba kalau tidak mau ternoda. Banyak orang bertanya-tanya, Apakah korupsi sudah menjadi tradisi bangsa ini?. Ayo kita pecahkan masalah ini. Satu persatu rakyat kecil menderita karena korups, Gedung pembangunan terbengkalai karena korupsi, Hidup tak indah pun karena korupsi. Sudah banyak contohnya dari kasus korupsi. Dari mulai presiden kita Suharto sampai Gayus yang dapat berkeliling dunia. Kenpa ini bisa terjadi? Kekurangan uang kah mereka? Kurangnya keamanan kah yang membuat negeri ini dijuluki raja korupsi ke 4??
Sebenarnya gaji mereka itu melimpah, Jadi apakah pantas untuk mengambil uang rakyat? Tentu tidak. Apakah kekurangan keamanan di negeri kita? Tentu tidak, Sudah banyak TNI yang sudah terlatih dan terdidik. Loh.. terus apa masalahnya?? Masalahnya adalah terdiri dari enam huruf dan ini hal yang paling dasar dari hidup kita yaitu Akhlak. Jadi jika kita mempunyai akhlak yang baik, pasti apa yang dilakukan kita semua itu akan menjadi berkah dan bermanfaat. Jadi intinya. Melawan Korupsi, Siapa Takut!! dengan akhlak yang budiman.

Selasa, 15 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Cabang-Cabang Biologi

Mei 15, 2012 6
   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Dengan hati senang walaupun tak punya uang, hehehe. Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Cabang-Cabang Biologi". Sebenarnya cabang-cabang ilmu biologi itu terdiri dari 100 cabang, Tapi yang wajib kita ketahui itu 20 saja sob, heheheh. Coba sob, di bumi ini ada cabang ilmu biologi tumubuhan (BoTani), hewan (Zoologi) dan masih banyak lagi, hehehe. Saya seneng sekali bisa belajar ilmu ini sob, kenapa?? karena kita bisa mengetahui tentang cabang-cabang biologi dari semua makhluk hidup, Karena makhluk hidup bukan cuma kita bukan?? hehehe. :).

   Mau tau lebih cabang-cabang ilmu biologi??
Langsung aja cekidot sob :)

1. BoTani = Tumbuhan
2. Zoologi  = Hewan
3. Mikrobiologi = Jasad renik (mikro organisme)
4. Genetika = Pewarisan sifat makhluk hidup
5. Ekologi = Tempat dan lingkungan makhluk hidup
6. Anatomi = Susunan tubuh makhluk hidup
7. Morfologi = Bentuk luar tubuh makhluk hidup
8. Ornitologi = Burung atau unggas
9. Virologi = Virus
10. Taksonomi = Klasifikasi atau pengelompokkan makhluk hidup
11. Entomologi = Serangga
12. Fisiologi = Alat tubuh makhluk hidup
13. Sitologi = Sel
14. Histologi = Jaringan
15. Embriologi = Perkembangan embrio
16. Mamalogi =  Mamalia
17. Primatologi = Primata
18. Organologi = Organ
19. Kardiologi = Jantung
20. Mikologi = Jamur

   Waahh gimana sob?? Ribet bukan?heheheh. Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob :)

TaKa NaEk MotOr ke rumah KroZoo tapi FiSi ViTa KaGa MaEm sama PriMi dan ToMo

Ta = BoTani
Ka = GenetiKa
Na =
ANatomi
Ek = Ekologi
Mo = Morfologi
Or = Ornitologi
Kro = MiKrobiologi
Zoo = Zoologi
Fi = Fisiologi
Si = Sitologi
Vi = Virologi
Ta = Taksonomi
Ka = Kardiologi
Ga = OrGanologi
Ma = Mamalogi
Em = Embriologi
Pri = Primatologi
To =  HisTologi
Mo = EntoMologi

Semoga Bermanfaat :)

Senin, 14 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Virus Dan Peranannya

Mei 14, 2012 6
   Selamat siang sob :). Gimana kabarnya nih?? Pasti baik bukan?? hehehe. Sambil duduk santai paling enak mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Virus Dan Peranannya". Udah tau apa itu Virus?? Terpintas dalam pikiran kita semua virus mengandung hal yang negatif  dan sifatnya menular, ya bukan?? hehehe. Memang betul sob, Virus berasal dari bahasa latin "virion" yang berarti racun. Tau ga sob, Kalau virus itu ukurannya lebih kecil dari bakteri?? Yang kita tau kan bakteri saja sudah kecil bagaimana dengan sesuatu yang lebih kecil dari bakteri?? Waahh itu baruu menakjubkan sob.. hehehe. Penggolongan virus juga belum bisa ditentukan nih sob, Virus bisa dikatakan sebagai benda hidup tapi bisa pula dikatakan sebagai benda mati. Yang hebat lagi dari virus ini sob mempunyai dua sifat, Virus bisa bersifat benda hidup dan juga bisa bersifat benda mati (waahh hebat ya sob!! heheh ). Virus dikatakan benda hidup karena dapat memperbanyak diri. Tapi virus bisa juga dikatakan benda hidup, Karena virus tidak melakukan metabolisme dan tidak mempunyai sel.

   Sobat semua gausah kawatir dan takut dengan virus.. virus ada juga yang bersifat baik, Apa bersifat baik?? Bukannya virus itu racun?? Apakah sama seperti virus cinta?? hehehe. Ya sob, Ada virus yang baik/ menguntungkan. Berikut penjelasan tentang virus yang menguntungkan dan merugikan.

1. Virus Yang Menguntungkan

   * Virus Vaksin = Ingat pada masa balita sob?? Virus ini yang membuat daya tahan tubuh kita kuat sob. Biasanya Virus Vaksin ini disuntikkan pada tubuh kita sob.

   * Virus yang digunakan untuk memproduksi interferon = Interferon berfungsi untuk mencegah replikasi virus

   * Profage = Virus ini berguna untuk mengubah fenotip bakteri sehingga bermanfaat dalam bidang kedokteran. Caranya, Asam nukleat virus digabungkan dengan gen manusia yang bersifat menguntungkan. Kemudian secara lisogenik gen tadi digabungkan dengan sama nukleat bakteri. Apabila bakteri membelah diri, Berarti setiap anakan bakteri mengandung gen manusia yang dapat memproduksi zat-zat yang menguntungkan.

2. Virus Yang Merugikan

   * Mosaik ( bercak- bercak kuning ) = Virus ini dapat menghambat pertumbuhan tembakau, dengan cara menempel dan menggelembung berwarna hijau. Virus penyebabnya disebut Tobacco Mozaik Virus (TMV)

   * New Castle Disease ( NCD ) = Penyakit ini menyerang saraf ternak unggas. Penyakit ini biasanya dinamakan tetelo atau cekak

   * Foot and Mouth Disease ( FMD ) = Penyakit ini menyerang kuku dan mulut pada hewan ternak

   * Flu Burung ( H5N1 ) = Gejala mirip seperti flu biasa, Namun bisa menyebabkan kematian pada unggas

   * Flu Babi ( H5N5 )

Oh ya sob. Ada juga nih penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus sob :). Mau tau apa aja??
Cekidot sob :)

   * Influenza = Penyakit ini menyerang saluran pernapasan. Gejala penyakit ini antara lain pilek, batuk, pening dan suhu tubuh meningkat

   * Cacar     = Penyakit ini dapat meninggalkan bekas luka pada penderita. Untuk mencegah penyakit ini dapat menggunakan vaksin cacar

   * Hepatitis = Hepatitis ini banyak macamnya sob, Ada hepatitis A, B, C, D, E, F, G. Tapi yang paling berbahaya dari ke Tujuh jenis itu hanya B dan C karena dapat menjadi kronis setelah 20-30 tahun dan dapat menyebabkan kanker kronis

   * Polio       = Penyakit ini disebabkan oleh Enterovirus. Penyakit ini dapat dicegah dengan vaksin salk yang diberikan pada saat balita. penemu dari vaksin ini adalah jonas salk

   * Rabies     = Penyakit ini juga sering disebut penyakit anjing gila. Sebenarnya penyakit ini hanya terdapat pada anjing, Tapi penyakit ini bisa menular pada manusia melalui gigitan.

   * Demam Berdarah = Penyakit ini disebabkan oleh penyakit dengue dan ditularkan pada manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Penyakit ini dapat menyebabkan pecahnya pembuluh dara dan penurun kadar trombosit

   * AIDS ( Acquired Immuno Deficiency  Syndrome ) = Penyakit ini merupakan kelainan sistem tubuh akibat dari melemahnya sistem kekebalan tubuh. Penyebabnya adalah serangan virus HIV terhadap sel darah putih sehingga tubuh tidak dapat melawan bibit penyakit yang masuk ke tubuh. Apa itu HIV? HIV adalah Human Immunodeficiency Virus.

   * Ebola = Penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada manusia.
Gejala penyakit ini adalah :

1. Timbul demam tinggi, sakit kepala dan nyeri otot
2. Timbul bercak-bercak merah pada muka dan seluruh badan
3. Penderita mengalami pendarahan hebat pada usus besar dan paru-paru, sehingga sering muntah darah
4. Setelah seminggu penderita mengalami peradangan hati dan ginjal rusak. Selanjutnya akan terjadi penggumpalan darah sehingga nyawa tidak tertolong lagi.

   Waduuh banyak banget dan ribet ya sob ?? heheh. Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob :)

  Virus itu dalam pengertian adalah racun. Tapi ada yang Menguntungkan dan Merugikan

Virus Menguntungkan
Mantap di kamar VIP 

V = Virus Vaksin
I  = Interferon
P = Profage

Virus Merugikan
Mos di New Castle buat Foot and Mouth cape sama FluNg dan FeBi

Mos = Mosaik
New Castle = New Castle Disease
Foot and Mouth = Foot and Mouth Disease
FluNg = Flu BuruNg
FeBi = Flu BaBi



Minggu, 13 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Atom, Molekul, Dan Ion

Mei 13, 2012 4
   Selamat sore sob :). Gimana kabarnya nih?? Pasti baik bukan?? hehehe. Sambil nunggu berbuka puasa paling enak berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang Cara Mudah Mengingat Atom, Molekul, Dan Ion. Udah pada tau belum apa itu Atom, Ion, Dan Molekul?? Tentunya ada yang sudah mahir dan ada juga yang belum tau, heheheh. Yaudah langsung aja yukk..

* Atom adalah satuan terkecil dari suatu materi yang terdiri atas inti ( intinya mah satuan terkecil sob yang dimana terdiri dari PRONEL. Apa itu PRONEL??, PRONEL adalah Proton (+), Neutron (netral), Elektron (-).
* Molekul adalah gabungan atom-atom (bukan 1 atom). Molekul juga disebut partikel terkecil dari unsur/senyawa
 - Jika gabungan dari atom unsur sejenis itu disebut molekul unsur.
    Contohnya = O2, H2, 03, S8
 - Jika gabungan dari atom unsur berbeda jenis itu disebut molekul senyawa
    Contohnya = H2O, CO2, C2H5
 * Ion adalah atom yang bermuatan listrik, ion yang bermuatan listrik positif disebut kation, dan ion yang bermuatan listrik negatif disebut anion. Kation dan anion dapat berupa ion tunggal hanya terdiri dari satu jenis atom atau dapat pula berupa ion poliatom mengandung dua atau lebih atom yang berbeda

    Wadduuhh pusing ya sob?? Mau tau cara mudah mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob :)

* ATOM Ingat TOMPEL = ATOM PRONEL ( Proton (+), Neutron (netral), Elektron (-).
* MOLEKUL Ingat KaSur ( moleKul unSur) itu Sejenis TAPI KaWah ( moleKul senyaWa) itu berbeda jenis
* ION ingat Listrik jika menyala ( On ) Ion itu bermuatan listrik

Sabtu, 12 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Metamorfosis Tidak Sempurna

Mei 12, 2012 11
   Selamat malam sob :). Gimana Kabarnya nih?? Pasti baik bukan??hehehe :). Sambil nunggu pertandingan antara Italia vs Inggris paling enak mah berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Metamorfosis Tidak Sempurna". Sebelumnya saya sudah membahas apa itu metamorfosis, tapi alangkah baiknya saya bahas kembali :). Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi dan hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik atau struktur setelah kelahiran atau penetasan. Ya intinya mah proses kelahiran pada tubuh hewan :). Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang metamorfosis tidak sempurna ini sob. Di saat saya menginjak kelas 5 SD dan diterangkan kembali di kelas 7D(SMP) mendapatkan pelajaran yang berharga ini sob, dimana saya bisa tau proses yang biasanya terjadi pada hewan invertebrata yaitu pada kelompok insecta(serangga) sob :).

   Mau tau apa sih metamorfosis tidak sempurna itu??
Langsung aja cekidot sob :)
Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang hanya mempunyai 3 tahapan pertumbuhan
Tahapan tersebut adalah

Telur --> Nimfa(hewan muda) --> Imago(hewan dewasa)

Untuk contohnya saya pakai kecoak aja ya sob :)
#mudah dicari sob!! hehehe

Kecoak --> Kecoak Muda --> Kecoak Dewasa

   Yah mudah kan sob?? Masa kita kalah sih sama kecoak, hehehe :) #mesti hapal sob :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatnya?? :)
Langsung aja cekidot sob :)

TelAn yang Muda eh malah Maho yang Dewasa

Tel = Telur
An Muda = HewAn Muda
Maho Dewasa = IMago (hewan Dewasa)



Semoga Bermanfaat :)



Jumat, 11 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Metamorfosis Sempurna

Mei 11, 2012 18
   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pasti baik bukan??hehehe. Sambil liat ovj yang membahas tentang tanjidor, paling enak mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Metamorfosis Sempurna". Udah tau apa itu metamorfosis??. Metamorfosis adalah suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik/struktur setelah kelahiran atau penetasan. Wadduuh ribet banget ya sob??hehehe. Ya intinya mah proses kelahiran pada tubuh hewan. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang metamorfosis ini sob. Metamorfosis ini pertama saya ketahui pada saat pelajaran IPA di kelas sob. Disana guru menerangkan banyak tentang macam-macam metamorfosis pada hewan hehehe :)

   Mau tau apa sih metamorfosis sempurna itu??
Langsung aja cekidot sob :)
Metamorfosis sempurna adalah metamorfosis yang mengalami 4 tahap pertumbuhan.
Tahapan tersebut adalah

Telur --> Larva --> Pupa --> Dewasa

Untuk contohnya saya pakai Kupu-kupu saja ya sob :)

Telur telur ulat ulat kepompong Kupu-kupu Kasian de lohhh
#nyanyian sewaktu kecil sob, hehehe :)


   Ini tuh padahal simpel sob :). Tapi banyak orang pada nyepelein pelajaran ini sob :).
Mau tau  cara mudah untuk mengingatnya?
Langsung aja cekidot sob :)

TeLah Putus Asa
#soalnya sudah dibaca beberapa kali ga nyangkol sob.. hahaha

Te   = Telur
La   = Larva
Pu   = Pupa
Asa = DewAsa

Semoga Bermanfaat :)

Kamis, 10 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan

Mei 10, 2012 12
   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya sob?? Pasti baik bukan?? heheheh. Cuaca yang dingin paling enak depan laptop dan berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Proses Fotosintesis Pada Tumbuhan". udah tau belum apa itu fotosintesis??. Fotosintesis atau fotosintesa merupakan proses pembuat makanan yang terjadi pada tumbuhan hijau dengan bantuan sinar matahari dan enzim-enzim. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang fotosintesis ini sob :). Pada mulanya saya kenal fotosintesis ini di tempat laboratorium. Disana saya beserta teman-teman merasa aneh dengan gambar yang berbentuk daun dan diatasnya ada mataharinya sob. Terus kami bertanya pada guru IPA.Itu gambar apa sih bu??(rasa heran kami pun datang)hehehe. itu disebut fotosintesis(kata guru). Dan sampe sekarang ini saya masih ingat itu gambar,hehehe :)

   Mau tau proses fotosintesis??
Langsung aja cekidot sob :)

 Air --> Karbon dioksida --> Cahaya --> Glukosa ---> Oksigen

   Mudah kan??hehehe
Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot

Waktu beli Air ketemu BunDa yang sedang  menCangKOk

Air      = Air
BunDa = KarBon dioksiDa
Ca       = Cahaya
Ko       = GluKosa
Ok        = Oksigen

Semoga Bermanfaat :)

Rabu, 09 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah

Mei 09, 2012 23
   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Sambil liat untung ada sule enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah". Udah pada tau belum apa itu lidah??. Lidah adalah indra pengecap yang terdapat di dalam mulut kita. Sebelumnya saya mau bercerita sedkit dulu tentang lidah ini sob. Lidah ini membantu kita untuk merasakan rasa-rasa pada benda, makanan, minuman, buah-buahan dsb. Jadi jangan pernah kita bersilat lidah #ups maksud saya jangan pernah menyakiti lidah kita sob :).

   Mau tau rasa yang terdapat pada lidah??
Langsung aja cekidot sob :)

Pahit = berada di pangkal lidah
Asam = berada di lidah bagian tepi
Manis = berada di ujung lidah
Asin    = berada di samping depan
Adapun rasa pedas jika makan cabe disebabkan oleh teriritasinya sel-sel reseptor oleh minyak atsiri

   Mudah sih sob, Tapi tempat-tempatnya yang susah sob?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob :)

PaPa naik SaPi, sambil SiNis yang berUjung dekat AsPal

PaPa = Pahit , Pangkal
SaPi   = ASam , tePi
Nis Ujung
= MaNis , Ujung
AsPa
l  = Asin , Samping dePan
Semoga Bermanfaat :)


Selasa, 08 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran

Mei 08, 2012 18
   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Sebenernya mah cuaca lagi mendukung nih sob, tapi enaknya mah berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran". Udah pada  tau belum, apa itu Indra Pendengaran??. Indra Pendengaran adalah sistem indra yang biasa untuk mendengar, dan biasanya indra pendengaran nih berupa telinga. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih tentang telinga kita sob. Kita seharusnya menjaga telinga kita sob, karena apa?? Sudah banyak kasus gangguan telinga yaitu Tuli Saraf. Tuli Saraf ini disebabkan putusnya saraf pendengaran sob. Jadi jangan sekali-kali telinga kita di dekatkan dengan suara yang nyaring sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi telinga??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Telinga Luar 
   - Daun Telinga (aurikel). Fungsi dari daun telinga sendiri adalah untuk mengumpulkan gelombang suara ke saluran telinga
   - Saluran Telinga (tabung auditori). Fungsi dari saluran telinga sendiri adalah menghasilkan minyak di bagian dindingnya dan mencegah hewan kecil masuk ke liang telinga

2. Telinga Tengah
   - Gendang Telinga (membran timfani). Fungsi dari gendang telinga sendiri adalah untuk menangkap gelombang suara yang akan diubah menjadi getaran dan akan diteruskan ke tulang-tulang pendengaran
   - Tulang Telinga, ada tiga macam, yaitu :
*. Tulang Martil, menempel pada gendang telinga
*. Tulang Landasan, menghubungkan tulang martil dengan sanggurdi
*. Tulang Sanggurdi, menempel pada rumah siput
   - Saluran Eustachius. Saluran yang menghubungkan antara ruang telinga tengah dengan faring (rongga mulut). Fungsi dari saluran eustachius sendiri adalah untuk menjaga tekanan udara antara telinga tengah dengan saluran telinga di bagian luar agar seimbang

3. Telinga Dalam
   - Rumah Siput (Koklea). Struktur yang banyak mengandung organ korti, yaitu reseptor yang mengubah getaran yang diterima. Fungsi dari rumah siput sendiri adalah menjadi impuls saraf yang akan diteruskan ke otak
   - Saluran Gelung (Labirin), Terdiri atas 3 saluran setengah lingkaran semiserkulis. Fungsi dari telinga dalam sendiri untuk mengetahui posisi tubuh atau sebagai alat keseimbangan

   Waduuh masih bingung ya sob??
Mau tau cara mudah mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob :)

LuDeS di Tengah merasa GeLi, TuLi, dan MaLaS tapi SiTachi di Dalam selalu SiGap

Lu          = Luar
D            = Daun Telinga
S             = Saluran Telinga
Tengah   = Telinga Tengah
GeLi       = Gendang TeLinga
TuLi        = Tulang TeLinga
Ma          = Tulang Martil
La            = Tulang Landasan
S              = Tulang Sanggurdi
SiTachi    = Saluran EusTachius
Dalam      = Telinga Dalam
Si              = Rumah Siput
G               = SaLuran Gelung

Semoga Bermanfaat :)

Senin, 07 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Penglihatan

Mei 07, 2012 12
   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Ditemani sule bersama ovj enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Penglihatan". Udah pada tau belum Indra Penglihat itu??, hehehe. Indra Penglihat itu pada manusia adalah sepasang mata sob :).Sebelumnya saya ingin bercerita dulu tentang mata ini sob. Mata berfungsi sebagai melihat apa yang kita ingin lihat. Tapi disamping itu mata juga sangat penting sob, Karena apa?? Banyak orang bahkan jutaan orang yang membutuhkan mata untuk melihat sob. Jadi jagalah mata kita dan jangan sampai kita gunakan untuk kejelekan ya sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi dari mata??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Lapisan Sklera = Lapisan terluar dari bola mata, tersusun oleh jaringan ikat berwarna putih buram. Fungsi dari Lapisan Sklera sendiri adalah mempertahankan dan melindung bola mata

2. Lapisan Koroid = Lapisan tengah yang berwarna gelap, banyak mengandung pembuluh darah. Fungsi dari Lapisan Koroid sendiri adalah mensuplai kebutuhan makanan dan oksigen ke retina, dan mencegah pemantulan cahaya yang masuk ke dalam bola mata

3. Lapisan Retina   = Lapisan yang berisi reseptor cahaya, Ada dua macam reseptor. Sel basillus (sel batang) dan sel konus (kerucut). Sel basillus adalah reseptor yang peka terhadap cahaya dengan intensitas lemah(gelap) sedangkan Sel konus dengan intensitas kuat (terang)

4. Iris                     = Selaput tipis kelanjutan dari lapisan koroid bagian depan. Fungsi dari Iris sendiri adalah untuk menghasilkan pigmen berwarna, Juga sering di sebut lapisan pelangi. Tiap suku bangsa, mempunyai iris spesifik (Orang Asia irisnya hitam, orang jerman irisnya hijau kebiruan)

5. Pupil                  = Celah dari iris yang terletak di tengah. Fungsi dari Pupil sendiri adalah untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke bola mata.

6. Aqueous humor = Cairan bola mata yang terletak antara kornea dan lensa mata

7. Lensa                = Berbentuk cembung dan lentuk, serta kenyal. Fungsi dari Lensa Mata sendiri adalah untuk mengatur bayangan agar jatuh tepat di retina, melalui daya akomodasi (memipih dan mencembungnya lensa)

8. Vitreus humor    = Cairan bola mata yang terletak di antara lensa mata dan retina. Fungsi dari Vitreus Humor sendiri adalah untuk menjaga bola mata

   Gimana sob, mudah bukan?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob:)

Selera RoNa nangIs dan nguPil bersama ALVi

Selera
= Lapisan Sklera
Ro      = Lapisan KoRoid
Na      = Lapisan RetiNa
Is        = IrIs
Pil       = PuPil
A        = Aqueous humor
L         = Lensa
Vi        = Vitreus humor

Semoga Bermanfaat :)

*Mohon maaf bila ada seseorang yang bernama Rona dan Alvi. Ini hanya untuk memudahkan dalam mengingatnya :).

Minggu, 06 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Sistem Indra

Mei 06, 2012 18
   Selamat siang sob :). Gimana kabarnya?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Sehabis sholat dzuhur paling enak berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Sistem Indra". Pastinya udah pada tau bukan, apa itu sistem indra?? hehehe. Sistem Indra adalah kumpulan dari alat indra. Alat indra yang menerima impuls tersebut berupa reseptor, hehehe. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang sistem indra ini sob :).Sistem Indra ini sangat penting sekali dalam kehidupan kita. Coba bayangkan jika kita tidak bisa melihat?? Pasti kita tidak bisa melihat bumi yang indah ini, ehhehe :)

   Mau tau apa saja sih sistem indra itu??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Indra Penglihat   = Mata
2. Indra Pendengar = Telinga
3. Indra Peraba      = Kulit
4. Indra Pencium    = Hidung
5. Indra Pengecap  = Lidah

   Waduuhh, susah ya sob?? hehehe
Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob :)

Tangkap MaLing KruDung di ceoDah

Ma    = Mata
Ling   = TeLinga
Kru    = Kulit
Dung  = HiDung
Dah   = LiDah


Semoga Bermanfaat :)

Sabtu, 05 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Bagian Organisme

Mei 05, 2012 12
   Selamat pagi sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan??. Sambil santai dan duduk didepan laptop, jadi ingin berbagi ilmu nih sob, hehehe :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Organisme". Udah tau belum apa yang dimakud organisme??,hehehe. Organisme adalah sekumpulan dari berbagai sistem organ tubuh. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang organisme ini sob, hehehe. Organisme ini berasal dari yunani, organon yaitu alat sob. Jadi organisme ini ya alat, maksud dari alat ini adalah molekul molekul yang saling memengaruhi sedemikian berfungsi stabil dan mempunyai sifat hidup sob, hehehe.

   Mau tau bagian dan fungsi organisme ??
Langsung aja cekidot yuk sob :)

1. Organisme Uniseluler   = amuba, jamur seperti ragi, bakteri, beberapa jenis protista dan cyanobacteria. Arti dari Organisme Uniseluler ini sesuai dengan namanya uniseluler yang berarti satu sel tunggal

2. Organisme Multiseluler = Manusia, Hewan, Tumbuhan. Arti dari Organisme Multiseluler ini sesuai dengan namanya multiseluler yang berarti banyak sel.

   Mudah bukan sob?? Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob :)

MaNisnya UMi

Nis = Organisme
U    = Uniseluler
Mi   = Multiseluler

Semoga Bermanfaat :)

Jumat, 04 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sistem Organ Pada Manusia Dan Hewan

Mei 04, 2012 12
   Selamat pagi sob :) Gimana kabarnya sob?? Pasti baik bukan?? hehehe. Dengan ditemani acara dahsyat, Paling enak mah sambil berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sistem Organ Pada Manusia Dan Hewan". Udah pada tau apa itu Sistem Organ??hehehhe. Sistem Organ adalah gabungan dari beberapa organ tubuh yang saling mendukung. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang Sistem Organ. Saya pertama merasa aneh, kok ada ya sistem organ ?? dan apa saja sih bagian dan fungsinya itu??. Lalu saya baca buku biologi kelas 9 smp, ternyata disana terdapat keterangan lengkapnya sob, heheheh :)

   Mau tau apa saja sih bagian dan fungsi sistem organ hewan dan manusia itu??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Sistem Ekskresi = Paru-paru, hati, kulit, ginjal, dan kolon. Fungsi dari sistem ekskresi ini memindahkan hasil metabolisme yang sudah tidak diperlukan, ke luar tubuh sehingga sel-sel tubuh dapat seimbang terhadap lingkungan

2. Sistem Pernapasan = Hidung, faring, laring, trakea/trakhea, bronki dan paru-paru. Fungsi dari sistem pernapasan ini sistem untuk mengambil oksigen.

3. Sistem Pencernaan = Mulut, kerongkongan, lambung, rektum, hati, dan pankreas. Fungsi dari sistem pencernaan ini melakukan proses makanan sehingga dapat diserap oleh tubuh

4. Sistem Sirkulasi      = Jantung, pembuluh arteri, pembuluh vena, pembuluh kapiler, pembuluh getah bening, dan kelenjar limfe. Fungsi dari sistem sirkulasi ini untuk menjaga tubuh dari penyakit

5. Sistem Reproduksi = Testis, Ovarium, dan bagian alat kelamin lainnya. Fungsi dari sistem reproduksi ini untuk berkembangbiak

6. Sistem Otot            = Otot polos, otot jantung, dan otot rangka. Fungsi dari sistem otot ini untuk alat gerak

7. Sistem Saraf           = Otak, saraf tulang belakang, simpul-simpul saraf, dan serabut saraf. Fungsi dari sistem saraf ini untuk menerima dan merespon rangsangan

8. Sistem Endoktrin    = Tiroid, kelenjar hipofisa, kelenjar pankreas, kelenjar kelamin, kelenjar suprarenal, kelenjar paratiroid, dan kelenjar buntu. Fungsi dari sistem endoktrin ini memproduksi hormon yang mengatur aktivitas tubuh

9. Sistem Rangka       = Tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, rangka penopang tulang bahu, rangka penopang tulang pinggul, tulang anggota badan atas, dan bawah. Fungsi dari sistem rangka ini menyimpan bahan mineral, tempat pembentukan sel darah, tempat melekatnya otot, melindungi tubuh yang lunak dan menunjang tubuh.

   Waduuh ribet ya sob? hehehe
Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot :)

Kreasi ECeran Si DuO SawER

Kre = EksKresi
ECeran = PErnapasan dan PenCernaan
Si          = Sirkulasi
Du         = ReproDuksi
O           = Otot
E            = Endoktrin
R            = Rangka

Semoga Bermanfaat :)





Kamis, 03 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Organ Pada Tumbuhan

Mei 03, 2012 14
   Selamat pagi sob :).Gimana Kabarnya?? Baik bukan?? hehehe :). Sambil liat mendadak jutawan jadi ingin menjadi jutawan dan ingin berbagi ilmu nih sob, hehehe. Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Organ Pada Tumbuhan". Sebelumnya saya udah memaparkan apa yang dinamakan organ pada postingan sebelumnya, tapi apa salahnya saya paparkan lagi apa itu organ??, hehehe. Organ adalah struktur tubuh yang dibentuk oleh gabungan dari beberapa macam jaringan. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang bagian pada organ tumbuhan. Organ tumbuhan ini sob, berbeda dengan organ manusia dan hewan. Ya iyalah sob, orang bentuknya aja beda, antara hewan dan tumbuhan bukan?? hehehe.

   Ingin tau apa saja bagian dan fungsi organ pada tumbuhan??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Akar(serabut dan tunggang)  = Pengangkut, Penyerapan zat
2. Batang(herba dan berkayu )  = Pengangkut, Penyangga
3. Daun                                     = Fotosintesis
4. Bunga                                    = Perkembangbiakan

   Mudah bukan sob??. Ingin tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob :)

Aki SenAng BaNg BaYu saat di sAung dekat sUngai

Ak(Se Ang)   =  Akar (Serabut dan tungAng)
BaNg(Ba Yu) = BataNg (herBa dan kaYu)
Aun                =  DAun
Unga              =  BUnga


Semoga Bermanfaat :)

Rabu, 02 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Organ Pada Manusia dan Hewan

Mei 02, 2012 6
   Selamat pagi sob. Gimana kabarnya?? Pasti baik bukan??, hehehe. Dengan kondisi yang baik ini, paling enak mah berbagi ilmu nih sob, hehehehe :). Sekarang saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Organ Pada Manusia Dan Hewan". Sudah pada tau belum nih apa yang dimaksud dengan organ??, hehehe. Organ adalah struktur tubuh yang dibentuk oleh gabungan dari beberapa macam jaringan. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang organ. Organ ini sob, sangat bermanfaat bagi kita semua. Contohnya bila ada kerusakan pada salah satu organ saja, tubuh kita akan merasa kurang baik dan tidak stabil.

   Oleh karenanya, kita harus mengetahui bagian dan fungsi ginjal sob.
Langsung aja cekidot sob :)

1. Lambung    = Pencernaan
2. Jantung       = Sirkulasi
3. Paru-paru   = Pernapasan
4. Ginjal          = Urine/ekskresi
5. Tulang pipa = Rangka
6. Penis           = Reproduksi

   Gimana sob?? Mudah bukan??heheh :)
Masih terasa sulit untuk menghafalnya??
Langsung aja cekidot sob :)

Si LaJaNg merasa RuGi menjadi TukaNg tumIs

La     
= Lambung
Ja      = Jantung
Ru     = PaRu-paRu
Gi      = Gi
njal
TuNg = TukaNg
Is       =
PenIs

Semoga Bermanfaat :)


Selasa, 01 Mei 2012

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan

Mei 01, 2012 2
   Selamat pagi sob :). Gimana kabarnya nih??Pasti baik bukan?? hehehe. Ditemani secangkir air putih, rasanya mau berbagi ilmu nih. Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan".Sebelumnya saya ingin cerita sedikit dulu nih sob. Tau ga sob? Jaringan pada tumbuhan ini berbeda dengan jaringan tubuh manusia. Tumbuhan tidak memiliki kemampuan lokomosi(berpindah) bergerak secara aktif sebagaimana hewan sob. Sebelumnya saya sudah kasih tau apa itu jaringan, tapi ga ada salahnya kan? saya menerangkan kembali apa itu jaringan sob. Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.

   Mau tau apa saja bagian dan fungsi jaringan tumbuhan??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Epidermis                                           = Pelindung dan seksresi

2. Meristem(primer, sekunder                 = Pertumbuhan,perkembangan, dan regenerasi

3. Penyokong(kolenkim dan skelerenkim = Memperkuat jaringan dan organ tubuh

4. Pengangkut(floem dan xylem)              = Mengangkut hasil fotosintesis (air dan mineral)

5. Parenkim                                            = Pengisi akar, batang, daun, dan bunga

   Duh ribet ya sob??heheheh. Ga kok sob :)
Cara mudah untuk mengingatnya sob??
Langsung aja cekidot sob :)

PiRiNg Pengangkut es Krim


Pi = EPidermis
Ri = MeRistem
Ng = PenyokoNg
Pengangkut = Pengangkut
Krim = ParenKim


Semoga Bermanfaat :)



Senin, 30 April 2012

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Jaringan Tubuh Manusia

April 30, 2012 2
   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Disaat malam menghantui lebih enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Jaringan Tubuh Manusia". Udah pada tau apa itu jaringan? hehehhe :). Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih sob :). Pada awalnya saya itu bingung kok ada ya jaringan pada manusia??, ada juga jaringan komputer, hehehe :). Tapi ada loh sob jaringan pada manusia itu, hehehhe :).

   Mau tau apa saja bagian dan fungsi jaringan pada manusia??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Jaringan Epitelium  = Jaringan yang disusun oleh lapisan sel yang melapisi permukaan organ seperti kulit. Fungsi dari jaringan epitalium sendiri adalah melindungi organ yang dilapisinya.
- Bagian luar tubuh              = Eksotelium
- Bagian dalam organ tubuh = Endotalium
- Pembatas rongga tubuh     = Mesotelium

2. Jaringan Pengikat    = Sesuai namanya, jaringan pengikat ini berfungsi untuk mengikat jaringan dan alat tubuh

3. Jaringan Otot          = Otot licin pada bagian dalam, otot lurik pada rangka tubuh, dan otot jantung dapat ditemukan di jantung. Fungsi dari jaringan otot itu sendiri untuk menggerakkan organ-organ tubuh

4. Jaringan Saraf          = Untuk mengatur aktifitas otot dan organ serta menerima dan meneruskan rangsang

5. Jaringan Penyokong = Jaringan yang terdiri dari jaringan tulang rawan. Fungsi dari jaringan penyokong itu sendiri adalah untuk memberi bentuk tubuh, melindungi tubuh, dan menguatkan bentuk tubuh

   Susah ga sob?? Ga kan??, heheheh :)
Langsung aja check this out untuk lebih mudah mengingatnya sob :)

PiNgin berOtot?? Sarat ga boleh leKong

Pi = Jaringan EPitelium
Ngi = Jaringan PeNgikat
Otot = Jaringan Otot
Sara = Jaringan Saraf
Kong = Jaringan PenyoKong


Semoga Bermanfaat :)

Minggu, 29 April 2012

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sel

April 29, 2012 4
   Selamat malam sob :).Gimana kabarnya nih? Pasti baik bukan?? heheheh. Sambil nonton copa van java, Lebih enaknya saya berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Sel". Oh ya, Udah pada tau belum apa itu sel sob?,hehehhe :). Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup sob. Sebelumnya saya ingin cerita sedikit dulu tentang sel ini sob.Jadi misalkan pedang sob, Kan ada tuh bagian lancipnya sob, Nah sel juga sama seperti bagian runcingnya itu sob. hehehhe :).

   Mau tau ada berapa bagian dari sel itu? Dan apa saja fungsinya??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Membran Sel                      = Membran sel sering disebut membran plasma yang bersifat semipermeabel. Artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu. Fungsi dari membran sel itu sendiri adalah pelindung sel dan keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

2. Sitoplasma                           = Cairan yang mengisi sel yang mengandung berbagai zat koloid. Fungsi dari sitoplasma sendiri adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel.

3. Inti Sel (Nukleus)                 = Nukleus biasanya berbentuk oval atau bulat yang berada yang berada di tengah-tengah sel. Fungsi dari nukleus itu sendiri adalah sebagai pusat pengatur kegiatan sel.

4. Retikulum Endoplasma (RE) = Struktur benang-benang yang bermuara di inti sel (nukleus).Ada 2 macam RE,RE halus dan kasar.RE halus adalah untuk mensintesis lipid, glikogen, kolestrol, dan gliserida, Sedangkan fungsi dari RE kasar sendiri adalah mengumpulkan protein dari dan ke membran sel.

5. Ribosom                              = Berbentuk butiran-butiran bulat. Fungsi dari ribosom sendiri adalah sebagai tempat untuk sintesis protein.

6. Badan Golgi                          = Kumpulan ruang, gelembung kecil dan kantong kecil yang bertumpuk-tumpuk. Fungsi dari badan golgi sendiri adalah sebagai alat (sekresi) protein dan lendir maka disebut organel sekresi

7. Mitokondria                           = Memiliki membran dalam dan luar, yang berbentuk seperti cerutu dan berlekuk-lekuk(Krista).Fungsi dari mitokondria sendiri adalah sebagai penghasil energi sehingga diberi julukan "The Power House"

8. Lisosom                                 = Kantong kecil yang bermembran tunggal yang mengandung enzim pencernaan. Fungsi dari lisosom sendiri adalah mencerna bagian-bagian sel yang rusak

9. Vakuola                                 = Ruangan yang terdapat di dalam sel. Vakuola mengandung garam organik, glikosida, butir pati, dan enzim. Fungsi dari vakuola sendiri adalah mengisi cadangan makanan dan pigmen.

10. Plastida                                = Badan bermembran rangkap yang mengandung membran tertentu. Plastida hanya terdapat pada sel tumbuhan. Ada tiga jenis plastida yaitu lekoplas, kloroplas, dan kromoplas. Lekoplas yaitu plastida yang berwarna putih yang berfungsi sebagai penyimpan makanan. Kloroplas yaitu plastida yang mengandung pigmen warna hijau. Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen, seperti karotin(kuning), fikodanin(biru), fikosantin(kuning), dan fikoeritrin(merah)

11. Sentrosom                            = Struktur berbentuk bintang. Fungsi dari sentrosom sendiri berfungsi dalam pembelahan sel (mitosis maupun metosis).

   Duh banyak banget ya sob ?? Pusing bukan untuk mengingatnya?? hehehe :)
Jangan risau sob, saya akan membagikan cara mudah untuk mengingatnya sob :)
Langsung aja cekidot :)

MeSi Intip Edo dan BonDan sambil meMiLih Lada bareng doSen

Me = Membran Sel
Si    = Sitoplasma
Inti  = Inti Sel (Nukleus)
Edo = Retikulum Endoplasma
Bo   = RiBosom
Dan = BaDan Golgi
Mi   = Mitokondria
Li    = Lisosom
La   = VakuoLa
Da   = PlastiDa
Sen  = Sentrosom

Semoga Bermanfaat :)

Sabtu, 28 April 2012

Cara Mudah Mengingat Susunan Organisasi Kehidupan

April 28, 2012 0
   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih??, Pasti baik bukan?? heehheh :). Dengan kondisi baik dan perut baik pula sob, Lebih baiknya saya ingin berbagi ilmu sob, hehehhe :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Organisasi Kehidupan". Sebelumnya saya ingin bercerita dulu tentang organisasi kehidupan ini sob, hehehe :). Udah ada yang tau Organisasi Kehidupan itu apa?, hehhehe. Organisasi Kehidupan adalah susunan makhluk hidup sob :). Saya sempat heran sob, kok ada ya susunan makhluk hidup, hehhehe :). Ternyata setelah saya baca buku ada di buku biologi sob, hehehhe :)

   Mau tau susunannya seperti apa?,
Langsung aja cekidot sob :)

Sel --> Jaringan --> Organ --> Sistem Organ --> Organisme

  Duhh, Ribet ya sob?? hehehhe :)
Tenang aja sob saya akan kasih cara mudah untuk mengingatnya sob :)
Langsung aja cekidot sob :)

SeraNgan OSis maNis

Se     = Sel
Ngan = JariNgan
O       = Organ
Sis      = Sistem Organ
Nis      = OrgaNisme

Semoga Bermanfaat :)

Jumat, 27 April 2012

Cara Mudah Mengingat Satuan Dalam Ekosistem

April 27, 2012 2
   Selamat pagi sob, Gimana kabarnya sob? Pasi baik bukan??, hehehhe. Melihat ironisnya perilaku komplotan koruptor di tvone, Membuat saya ingin berbagi ilmu nih sob hehehhe :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Satuan Dalam Ekosistem". Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih sob, hehehhe :). Ternyata nih sob, Di dunia ini terdapat yang namanya Individu, Populasi, Komunitas, dan Ekosistem sob, hehehhe. Nah nanti kita akan bahas tuh sob satu per satu, hehehe :)

   Langsung aja yuk sob, Cekidot :)

1. Individu = Makhluk tunggal, Tidak dapat dibagi lagi
2. Populasi = Kumpulan individu sejenis dalam satu spesies
3. Komunitas = Kumpulan antar populasi yang saling berinteraksi
4. Ekosistem = Kumpulan dari komunitas yang berinteraksi dengan lingkungannya

Individu --> Populasi --> Komunitas --> Ekosistem

   Duh sob, bingung ya?. Sayanya juga bingung sob, hehhee :)
Langsung aja yuk untuk cara mudah mengingatnya sob, hehhehe. Cekidot :)

DiLa sayang sama TanTe

Di = InDividu
La = PopuLasi
Ta = KomuniTas
Te = EkosisTem

Semoga Bermanfaat :)

Kamis, 26 April 2012

Cara Mudah Mengingat Macam-Macam Persendian Pada Manusia

April 26, 2012 4
   Selamat siang sob :). Gimana kabarnya sob??, Pasti baik bukan?? hehehhe :). Dengan ditemani cuaca yang sedang redup dan sejuk nih sob, Enaknya mah berbagi ilmu sob, heheh :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Macam-Macam Persendian Pada Manusia" sob, hehehe :). Oh ya sob, Udah pada tau belum apa itu sendi sob?? hayoo apa ?? heheheh :). Sendi itu hubungan antar tulang sehingga tulang dapat digerakkan sob, hehehe :). Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih sob. Pada waktu saya belum mengenal sendi ini sob, Saya sempat heran, kenapa?. Karena kok bisa ya, Ibu jari kita berputar, terus kaki berjalan?? heheheh, Ternyata itu semua dari sendi kita sob, heheheh :).

   Udah ada yang tau macam-macam sendi ini?? heheheh.
Langsung aja yuk cekidot.. :)

Sendi dibagi 3 macam. sob = SI DIA

Si = Sinartrosis
Di = Diartrosis
A = Amfiartosis



A. Sinartrosis = Tidak memperbolehkan pergerakan

 1. Sinartrosis Sinfibrosis = Sinartrosis yang tulangnya dihubungkan jaringan ikat fibrosa, Seperti persendian tulang tengkorak
 2. Sinartrosis Sinkondrosis = Sinartosis yang dihubungkan oleh tulang rawan, Seperti hubungan antarsegmen pada tulang belakang

B. Diartrosis = Memungkinkan terjadinya gerakan

  1. Sendi Engsel = Gerakan satu arah, Seperti tulangan lengan atas dan tulang hasta
  2. Sendi Putar   = Gerakan berputar, Seperti tulang tengkorak dengan tulang belakang I (atlas)
  3. Sendi Peluru  = Gerakan ke segala arah, Seperti tulang lengan atas dengan tulang belikat
  4. Sendi Pelana  = Gerakan berputar, namun tidak ke segala arah, Seperti Hubungan tulang telapak tangan dan jari tangan
  5. Sendi Luncur  = Gerak rotasi pada satu bidang datar, Seperti hubungan tulang pergelangan kaki

C. Amfiartosis = Memungkinkan terjadinya sedkit gerakan

  1. Sindesmosis = Tulang dihubungkan oleh jaringan ikat serabut dan ligamen, Seperti persendian antara  fibula dan tibia
  2. Simfisis         = Tulang dihubungkan oleh jaringan tulang rawan yang berbentuk seperti cakram, Seperti hubungan antara ruas-ruas tulang belakang

   Waduhh ribet ya sob?? heheheh.
Jangan khawatir sob, Saya akan berikan cara mudah untuk mengingatnya sob, hehehhe :)
Langsung aja cekidot sob :)

Si FiKo berjalan Di SekiTar rumah LuNa sambil meLuncur bersama Ami dan DeFi

Si         = Sinartrosis
Fi         = Sinartrosis SinFibrosis
Ko       = Sinartrosis SinKondrosis
Di        = Diartrosis
Se       = Sendi EngSel
Tar      = Sendi PuTar
Lu       = Sendi PeLuru
Na       = Sendi PelaNa
Luncur = Sendi Luncur
Ami     = Amfiartosis
De       = SinDesmosis
Fi         = SimFisis

Semoga Bermanfaat :)







Rabu, 25 April 2012

Cara Mudah Mengingat Ciri-Ciri Makhluk Hidup

April 25, 2012 2
   Selamat pagi sob :). Gimana kabarnya sob??. Pasti baik bukan?? hehehhe :). Melihat daerah yang longsor jadi pengen berbagi ilmu nih sob, hehehhe :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Ciri-Ciri Makhluk Hidup" sob. Siapa yang sudah tau ciri-ciri makhluk hidup??, hehehhe :). Sebelumnya saya mau cerita sedikit dulu nih sob tentang ciri makhluk hidup ini sob :). Pada intinya ciri makhluk hidup antara tumbuhan, hewan dan manusia itu sama sob, heheheh. Semuanya butuh minum, makan, bernafas dan berkembangbiak sob :).

   Oh ya sob, Siapa yang sudah tau ciri-ciri makhluk hidup??, hehehhe :).
Yaudah langsung aja cekidot sob :).

1. Sintesis
2. Nutrisi
3. Adaptasi
4. Respirasi
5. Reproduksi
6. Pertumbuhan dan Perkembangan
7. Ekskresi
8. Transportasi
9. Irritabilitas
10. Regulasi

   Waaww, Banyak banget sob?? heheheh :)
Tenang aja sob, Saya akan kasih tau cara mudah untuk mengingatnya sob :)
Langsung aja cekidot :)

SiNARR PETIR

Si = Sintesis
N = Nutrisi
A = Adaptasi
R = Respirasi
R = Reproduksi
P = Pertumbuhan dan Perkembangan
E = Ekskresi
T = Transportasi
I  = Iritabilitas
R = Regulasi

Semoga Bermanfaat :)

Selasa, 24 April 2012

Cara Mudah Mengingat Langkah Metode Ilmiah

April 24, 2012 8
   Selamat pagi sob :). Gimana kabarnya nih?? Pasti baik bukan??, hehhehe. Sambil liat power rangers sob, Enaknya mah berbagi ilmu sob, hehhehe :). Saya ingin berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Langkah Metode Ilmiah". Udah ada yang tau belum tentang Metode Ilmiah ini sob??. ehehhe :). Metode Ilmiah adalah suatu cara untuk memecahkan masalah dengan menggunakan langkah-langkah tertentu yang teratur dan sistematis sob. Jadi bisa dikatakan tahapan tahapan dalam penelitian sob, hehehhe :). Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang metode ilmiah ini sob. Metode ilmiah ini dipakai oleh hampir setiap ilmuan di dunia ini sob , hehehhe :)

   Udah yuk sob, Ingin tau langkah-langkah metode ilmiah sob??
Langsung aja check it out sob :)

1. Merumuskan Masalah
2. Mengumpulkan Data
3. Menyusun Hipotesis atau Dugaan
4. Melakukan Percobaan
5. Menarik Kesimpulan
6. Menguji Kesimpulan dengan Eksperimen Lagi

   Banyak dan ribet ya sob?? , hehehhe. Santai aja sob, Saya punya cara mudah untuk mengingatnya sob :).
Langsung aja yuk check it out sob :).

Mas DaDu Coba Narik
dan Uji Simpul Lagi

Mas = Merumuskan Masalah
Da   = Mengumpulkan Data
Du   = Menyusun Hipotesis atau Dugaan
Coba = Melakukan Percobaan
Narik = Menarik Kesimpuan
Uji Simpul Lagi = Menguji Kesimpulan dengan Eksperimen Lagi

Semoga Bermanfaat :)

Senin, 23 April 2012

Cara Mudah Mengingat Takson Tertinggi --> Rendah Hewan

April 23, 2012 2
   Selamat pagi sob :). Gimana kabarnya nih?? Baik bukan?? hehehh :). Sambil nonton ftv enaknya berbagi ilmu nih sob :). Sekarang saya ingin berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Takson Tertinggi --> Rendah Hewan". Pada postingan sebelumnya saya berbagi juga tentang takson sob :). Takson adalah tingkatan dalam sistem klasifikasi sob :). Sebelumnya saya ingin bercerita dulu nih sob tentang takson hewan sob :), heheheh. Ternyata sob pada takson hewan dan tumbuhan tuh tidak sama sob. Perbedaannya yaitu jika tumbuhan pake divisio tetapi tumbuhan pakenya filum. Yah sedikit beda mah tidak masalah bukan sob ?? hehehe :).

   Sekarang siapa yang tau takson tertinggi --> rendah pada hewan?? hayyoo siapa yang tau?? hehehe :)
Langsung aja yuk sob, Cekidot sob :)

1. Kingdom
2. Filum
3. Classis
4. Ordo
5. Famili
6. Genus
7. Spesies

   Nah sob, Mungkin ini mudah sob, heheheh :).
Yuk langsung aja cekidot

Si Om kalau nguFil perSis seperti OLi yang harUs di iSi Es

Om  = Kingdom
Fil    = Filum
Sis   = Classis
   = Ordo
Li     = Famili
Us    = Genus
Si Es = Spesies

Semoga Bermanfaat :)

Minggu, 22 April 2012

Cara Mudah Mengingat Takson Tertinggi --> Rendah Tumbuhan

April 22, 2012 2
   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih??. Pasti baik bukan?? hehehe :). Sambil nonton ovj enaknya berbagi ilmu nih sob, hehehe :). Kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Takson Tertinggi --> Rendah Tumbuhan". Sebelumnya saya ingin bercerita dulu nih tentang Takson sob :). Ngomong-ngomong dah pada tau belum nih??. Saya yakin pasti udah ada yang tau, Tapi ada juga yang belum hehhe :). Tapi ga ada salahnya kan sob, Saya mengingatkannya lagi?? hehehe :).Takson ini adalah "Tingkatan dalam sistem klasifikasi" sob, heheheh :).Saya juga pertama melihat itu langsung kaget sob, Karena kenapa?? Karena ada pembagian tingkatan pada hewan dan tumbuhan sob, hehehhe :).

   Oh ya, sobat semua dah pada tau belum pembagian tingkatan ini, khususnya pada tumbuhan sob?? hehehe :)
Pasti ada yang ingat, Tapi ada juga yang bingung ya?? hehehhe :)
Langsung aja yuk sob, Ini dia Takson Tertinggi --> Rendah pada tumbuhan sob :).
Cekidot sob :)

1. Kingdom (Kerajaan)
2. Divisio (Golongan)
3. Classis (Kelas)
4. Ordo (Bangsa)
5. Famili (Suku)
6. Genus (Marga)
7. Spesies (Jenis)

  Waduuhh sob, Ini ribet banget ya?? heheheh :).
Tenang sob, Saya akan kasih cara mudah untuk menghafalnya :)

DoDi perSis seperti OLi  yang harUs diiSi Es

Do     = Kingdom (Kerajaan)
Di      = Divisio ( Golongan)
Sis     = Classis (Kelas)
    = Ordo (Bangsa)
Li      = Famili (Suku)
Us     = Genus (Marga)
Si Es = Spesies (Jenis)

#Jika ada yang bernama Dodi saya minta maaf ya sob. Ini hanya untuk memudahkan aja kok sob :)

Semoga Bermanfaat :)

Sabtu, 21 April 2012

Cara Mudah Mengingat Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

April 21, 2012 2
   Selamat pagi sob :). Gimana kabarnya nih?? Baik bukan?? heheheh :). Dengan udara yang sejuk dan otak yang fresh, Kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Sistem Klarifikasi Makhluk Hidup". Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu tentang sistem klarifikasi atau yang di sering dikenal Taksonomi. Taksonomi ini sob ditemukan oleh Robert H Whittaker dan terdiri dari 5 sistem kingdom sob. Pada awalnya saya bingung, Karena sistem klasifikasi ini susah untuk dihafalkan. Tapi akhirnya saya mempunyai cara tersendiri untuk menghafalkannya sob.. hehehe :).

   Apa sajakah sistem klasifikasi ini?? hayoo apa sob??.Lupakan pastinya? hehehhe :)
Berikut adalah ke 5 kingdom temuan Robert H Whittaker :)

1. Animalia
2. Plantae
3. Fungi
4. Protista
5. Monera

    Duhh, Cara menghafalnya gimana sob?? Ribet banget sob.. heheheh
Tenang aja sob. Saya kasih cara mudah untuk mengingatnya :)
Langsung aja cekidot :)

Ani lihat PlaNgi di TiRai sebelah

Ani = Animalia
Pla = Plantae
Ngi = Fungi
Ti    = Protista
Ra  = Monera

Semoga Bermanfaat :)

Jumat, 20 April 2012

Cara Mudah Mengingat Proses Pembentukan Ovum

April 20, 2012 0
   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih??, Pasti baik bukan?? heheheh :). Dengan di jamu oleh pertandingan seru Indonesia vs Iraq, Kali ini saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Proses Pembentukan Ovum". Sebelumnya saya akan sedikit bercerita tentang pembentukan ovum ini sob. Pada awalnya saya itu heran, bagaimana seseorang mengetahui proses pembentukan ovum atau sperma sob. Kan ada di dalam tubuh kita,hehehe :). Nah sob, Pas saya buka buku, Ternyata itu bukanlah hal yang tak wajar, Karena sudah banyak ilmuan atau bahkan orang biasa pun tau akan hal itu sob, Secara jaman kan dah canggih sob, heheheh :).

   Yaudah sob, Sekarang saya ingin memberikan prosesnya dulu nih sob hehehe :)
Langsung aja yuk cekidot.. :)

Oogonium --> Oosit Primer --> Oosit Sekunder --> 1Oogonium --> Ovum + 3 Polosit

Nah sob, Bingung ya??, heheheh
Tenang aja sob, Ini mudah kok :). Cekidot

Goni makan pangSit luMer dengan bersenDer sambil miNum teh OpLos

Goni      = Oogonium
Sit Mer = Oosit Primer
Der        = Oosit Sekunder
Num       = 1Oogonium
Oplos     = Ovum + 3 Polosit

Semoga Bermanfaat :)

Kamis, 19 April 2012

Cara Mudah Mengingat Proses Pembentukan Sperma

April 19, 2012 2
   Selamat pagi sob :). Gimana kabarnya nih??, Pasti baik bukan??, hehehhe. Dengan perut full dan lagi mood nih sob. Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Proses Pembentukan Sperma". Sebelumnya saya akan cerita sedikit dulu tentang ini sob, heheheh. Proses pembentukan sperma nih bermula dari testis, sperma bergerak ke dalam epididimis. Dari epididimis, sperma bergerak ke vas deferens dan duktus ejakulatorius. Di dalam duktus ejakulatorius, cairan yang dihasilkan oleh vesikula seminalis ditambahkan ke sperma dan membentuk semen, yang kemudian mengalir menuju urethra dan dikeluarkan di saat ejakulasi.

   Nah sob, Gimana prosesnya hayoo??. 
Prosesnya mudah sob, langsung aja yuk cekidot

Testis --> Epididimis --> Vas deferens --> Duktus ejakulator --> Ejakulasi

Duh susah banget sih sob untuk mengingatnya??
Jangan risau sob, Saya akan beritau cara mudah untuk mengingatnya.. hehhe :)

LilIs pesiMis Deferen makan DuKu Asli palembangnya.

Is            = Testis
Mis        = Epididimis
Deferen = Vas deferens
DuKu     = Duktus ejakulator
Asli        = Ejakulasi

 Semoga Bermanfaat :)









Rabu, 18 April 2012

Cara Mudah Mengingat Bagian Sistem Reproduksi Pada Perempuan

April 18, 2012 2
   Selamat pagi sob :). Gimana Kabarnya nih??, Baik bukan?? hehehe :). Dengan perut keroncongan enaknya berbagi ilmu yu sob, heheheh :). Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Sistem Reproduksi Pada Perempuan". Jangan berfikir negatif dulu nih sob, Saya hanya ingin berbagi untuk para sobat yang susah menghafalinya, hehehe :). Sebelumnya saya akan bercerita sedikit tentang ini sob. Sistem reproduksi pada wanita ini sob, Ada pembuahan ratusan juta spermatozoa di tuba fallopi. Jadi disini, khususnya di tuba fallopi sob, ada proses yang dinamakan penyaringaan sob, heheheh :). Sudah dulu ya sob ceritanya, hehehe :)

   Yaudah sob, Walaupun saya dan mungkin sobat disana adalah kaum pria, Tidak ada salahnya kita mengetahui bagian reproduksi pada perempuan nih sob, hehehe :)
Langsung cekidot aja yu sob.. :)

1. Tuba Fallopi  = Dua buah saluran halus yang menghubungkan ovarium dengan rahim
2. Ovarium        = Kelenjar kelamin yang dimiliki oleh wanita
3. Uterus/Rahim = Tempat perkembangan embrio
4. Vagina            = Saluran berbentuk tabung yang menghubungkan rahim ke bagian luar tubuh wanita

   Duh.. Sob Gimana caranya untuk bisa menghafalkan ini tanpa hilang kembali dari memori kita?? hehehe :)
Tenang sob, Saya akan membagikan tips gratis cara mengingatnya sob :)
yuk langsung aja cekidot

BaFa minUm intIm di Vagi hari

BaFa   = Tuba Fallopi
Um      = Ovarium
Im       = Rahim
Vagi    = Vagina

Semoga Bermanfaat :)