Langsung ke konten utama

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sel

   Selamat malam sob :).Gimana kabarnya nih? Pasti baik bukan?? heheheh. Sambil nonton copa van java, Lebih enaknya saya berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Sel". Oh ya, Udah pada tau belum apa itu sel sob?,hehehhe :). Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup sob. Sebelumnya saya ingin cerita sedikit dulu tentang sel ini sob.Jadi misalkan pedang sob, Kan ada tuh bagian lancipnya sob, Nah sel juga sama seperti bagian runcingnya itu sob. hehehhe :).

   Mau tau ada berapa bagian dari sel itu? Dan apa saja fungsinya??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Membran Sel                      = Membran sel sering disebut membran plasma yang bersifat semipermeabel. Artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu. Fungsi dari membran sel itu sendiri adalah pelindung sel dan keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

2. Sitoplasma                           = Cairan yang mengisi sel yang mengandung berbagai zat koloid. Fungsi dari sitoplasma sendiri adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel.

3. Inti Sel (Nukleus)                 = Nukleus biasanya berbentuk oval atau bulat yang berada yang berada di tengah-tengah sel. Fungsi dari nukleus itu sendiri adalah sebagai pusat pengatur kegiatan sel.

4. Retikulum Endoplasma (RE) = Struktur benang-benang yang bermuara di inti sel (nukleus).Ada 2 macam RE,RE halus dan kasar.RE halus adalah untuk mensintesis lipid, glikogen, kolestrol, dan gliserida, Sedangkan fungsi dari RE kasar sendiri adalah mengumpulkan protein dari dan ke membran sel.

5. Ribosom                              = Berbentuk butiran-butiran bulat. Fungsi dari ribosom sendiri adalah sebagai tempat untuk sintesis protein.

6. Badan Golgi                          = Kumpulan ruang, gelembung kecil dan kantong kecil yang bertumpuk-tumpuk. Fungsi dari badan golgi sendiri adalah sebagai alat (sekresi) protein dan lendir maka disebut organel sekresi

7. Mitokondria                           = Memiliki membran dalam dan luar, yang berbentuk seperti cerutu dan berlekuk-lekuk(Krista).Fungsi dari mitokondria sendiri adalah sebagai penghasil energi sehingga diberi julukan "The Power House"

8. Lisosom                                 = Kantong kecil yang bermembran tunggal yang mengandung enzim pencernaan. Fungsi dari lisosom sendiri adalah mencerna bagian-bagian sel yang rusak

9. Vakuola                                 = Ruangan yang terdapat di dalam sel. Vakuola mengandung garam organik, glikosida, butir pati, dan enzim. Fungsi dari vakuola sendiri adalah mengisi cadangan makanan dan pigmen.

10. Plastida                                = Badan bermembran rangkap yang mengandung membran tertentu. Plastida hanya terdapat pada sel tumbuhan. Ada tiga jenis plastida yaitu lekoplas, kloroplas, dan kromoplas. Lekoplas yaitu plastida yang berwarna putih yang berfungsi sebagai penyimpan makanan. Kloroplas yaitu plastida yang mengandung pigmen warna hijau. Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen, seperti karotin(kuning), fikodanin(biru), fikosantin(kuning), dan fikoeritrin(merah)

11. Sentrosom                            = Struktur berbentuk bintang. Fungsi dari sentrosom sendiri berfungsi dalam pembelahan sel (mitosis maupun metosis).

   Duh banyak banget ya sob ?? Pusing bukan untuk mengingatnya?? hehehe :)
Jangan risau sob, saya akan membagikan cara mudah untuk mengingatnya sob :)
Langsung aja cekidot :)

MeSi Intip Edo dan BonDan sambil meMiLih Lada bareng doSen

Me = Membran Sel
Si    = Sitoplasma
Inti  = Inti Sel (Nukleus)
Edo = Retikulum Endoplasma
Bo   = RiBosom
Dan = BaDan Golgi
Mi   = Mitokondria
Li    = Lisosom
La   = VakuoLa
Da   = PlastiDa
Sen  = Sentrosom

Semoga Bermanfaat :)
4 komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Sambil liat untung ada sule enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah". Udah pada tau belum apa itu lidah??. Lidah adalah indra pengecap yang terdapat di dalam mulut kita. Sebelumnya saya mau bercerita sedkit dulu tentang lidah ini sob. Lidah ini membantu kita untuk merasakan rasa-rasa pada benda, makanan, minuman, buah-buahan dsb. Jadi jangan pernah kita bersilat lidah #ups maksud saya jangan pernah menyakiti lidah kita sob :).

   Mau tau rasa yang terdapat pada lidah??
Langsung aja cekidot sob :)

Pahit = berada di pangkal lidah
Asam = berada di lidah bagian tepi
Manis = berada di ujung lidah
Asin    = berada di samping depan
Adapun rasa pedas jika makan cabe disebabkan oleh teriritasinya sel-sel reseptor oleh minyak atsiri

   Mudah sih sob, Tapi tempat-tempatnya yang susah sob?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatny…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Sebenernya mah cuaca lagi mendukung nih sob, tapi enaknya mah berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran". Udah pada  tau belum, apa itu Indra Pendengaran??. Indra Pendengaran adalah sistem indra yang biasa untuk mendengar, dan biasanya indra pendengaran nih berupa telinga. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih tentang telinga kita sob. Kita seharusnya menjaga telinga kita sob, karena apa?? Sudah banyak kasus gangguan telinga yaitu Tuli Saraf. Tuli Saraf ini disebabkan putusnya saraf pendengaran sob. Jadi jangan sekali-kali telinga kita di dekatkan dengan suara yang nyaring sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi telinga??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Telinga Luar     - Daun Telinga (aurikel). Fungsi dari daun telinga sendiri adalah untuk mengumpulkan gelombang suara ke saluran telinga    - Saluran Telinga (tabung auditor…