Welcome to My Blog. Jangan Lupa Tinggalkan Kritik & Sarannya ya..

Selasa, 28 Juli 2020

"10.000" Tips Jitu Usir Corona

Juli 28, 2020 0



                 Assalamu’alaikum gaes, gimana kabarnya nih ? Semoga selalu dalam kondisi yang sehat wal afiat amiin. Oh ya gaes virus corona ini sudah menjangkiti seluruh negara di dunia oleh karenanya sudah disebut sebagai pandemi, dimana seluruh negara sudah mengalami kondisi yang sangat memprihatinkan. Pemerintah sudah melakukan program-program jitu untuk menanggulangi virus ini namun tetap saja virus ini masih berkeliaran. Kendala saat ini bukan karena virus corona namun ketika banyak ketakutakan yang merajalela. Bahkan banyak peneliti mengatakan bahwa virus ini tidak akan hilang di muka bumi. Oleh karenanya harus banyak inovasi yang dilakukan oleh seluruh warga negara. Kendala paling vital dari virus ini ialah sudah menghancurkan ekonomi kita, dimana banyak sekali teman-teman kita yang terkena PHK atau Putus Hubungan Kerja.

                Salah satu tips yang dapat kita lakukan adalah bisa memiliki daya tahan tubuh yang kuat sehingga ini sangat berkaitan dengan bagaimana kita dapat menghasilkan ketahanan pangan dari rumah kita sendiri. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya raya akan sumber daya alam, namun ironisnya sedikit sekali dari kita mengetahui bahwa tanah depan rumah kita merupakan tanah yang sangat subur bahkan kita tancapkan “tongkat kayu” dan batu pun akan tumbuh menjadi tanaman begitulah kurang lebih penggalan dari lagu Kolam Susu dari Koes Plus. Mari kita bergerak untuk wujudkan 10.000  tips Usir Corona. Alhamdulillah saya mendapat amanah sebagai direktur medcamp atau media campursari, dimana kita memiliki tujuan untuk menghidupkan kembali tanah depan rumah dengan gerakan PSBB atau Pertanian atau Peternakan Sistem Bahan Bekas.

                Sekilas tentang medcamp nih gaes, Medcamp memiliki 5 cabang, dimana setiap cabangnya memiliki fokus yang berbeda-beda. Medcamp juga merupakan salah satu media komunikasi berlin yang kita bentuk agar dapat mengelola limbah organik dan anorganik secara terintegrasi. Lalu bagaimana sih untuk usir virus corona ini? Yuk simak tips 10.000 tips berikut ini yang sebenarnya bisa kita lakukan di rumah kita sendiri gaes.

1.       10.000 tanaman buah dan sayur

Oh ya gaes yuk mulai bertanya pada diri kita sendiri MAU SAMPAI KAPAN KITA BERDIAM DIRI? Pesan dari Pak Fajar selaku Pembina Komunitas Untuk Jogja (KUJ) pernah berkata bahwa jika kita ingin berdikari maka ada baiknya kita berdaya sejak dari rumah. Cobalah mulai Tanami lagi buah dan sayuran yang kemudian kita bisa manfaatkan untuk kebutuhan bersama. Mari kita kirim doa fatihah untuk beliau agar beliau dapat mendoakan kita amiin.

 2.       10.000 Lubang Sampah

Mungkin kita bingung untuk mengelola sampah organik kita bukan? Sebenarnya kita dapat membuat pupuk dari rumah, dimana kita bisa menggali dan memasukkan sampah organik ke dalam lubang sampah. Capeek? Ya memang capek gaes. Yuk mulai jangan terlena dengan apapun kegiatan yang serba praktis gaes, proses hidup itu butuh usaha. Bahkan sudah pernah dikatakan bahwa barang siapa yang bergerak maka rezeki pun akan menghampirinya. Alhamdulillah di medcamp sendiri sudah terbuat 15 lubang sampah dan akan terus bertambah karena target kami ialah Bergerak asal pasti. Yuk coba buat ya gaes JANGAN MALAS !

3.       10.000 Semangaat !

Beribu-ribu solusi tidak akan berjalan tanpa adanya semangat. Bagaimana kita mencari semangat ? Carilah orang yang dapat menyemangati kita atau dalam kata lain ialah dia yang dapat memberi kritik dan masukan. Maka penting sekali disini kami membentuk tim. Alhamdulillah selama ini sudah ada 5 cabang dan sudah menanam hampir 5000 tanaman buah dan sayur. Kenapa kami pasang target 10.000 ? Karena semangat kami yang menggebu-gebu untuk saling bergotong royong demi menyongsong krisis ekonomi yang lebih parah lagi. Semangat ini juga dapat menghasilkan ide-ide baru yang akan terus kami pelajari dan eksekusi. Satu lagi yang tak kalah menarik ialah 1 TINDAKAN 1000 NASIHAT. JADI KAPAN ANDA AKAN MEMULAINYA ? YA MULAI DETIK INI !


Senin, 27 Juli 2020

“SEMPAK” Cinta Pada Pandangan Pertama

Juli 27, 2020 3

    

    Cahaya pagi yang menembus jendela kamar menandakan seorang anak desa  saatnya untuk terbangun dari tidurnya. Panggil saja dia Koy, kenapa? Karena dia adalah seorang yang sangat kerja keras sehingga hamper setiap harinya terdapat tempelan yang dapat menghangatkan punggungnya atau biasa kita kenal koyo hehe.

                Koy : "Bro bangun-bangun bro jangan tidur terus sholat sholat !"

                Man : "Yaa bro slow bro.. jangan berisik ahh !"

                Koy : "Bro masih ada koyo ga nih? Punggungku sakit lagi bro"

                Man : "Ohh ya bro ambil aja di lemariku tuh"

                Koy : "Ok bro makasih banyak ya.."

     Man atau lengkapnya bisa dipanggil Sutarman merupakan seorang yang tidak ingin waktunya diganggu, apalagi ketika waktu paginya diusik sama Koy. Namun mereka merupakan sahabat kentel yang akan terus gotong royong dalam mengarungi hidupnya. Suatu saat Koy dan Man ingin pergi untuk membeli perlengkapan kosan. Saat itu pun Man merasa aneh kepada seorang perempuan yang bisa dipanggil Firly, dimana awal dari pergi menggunakan angkot mereka selalu bersama.

                Koy : "Ehh Man itu kan cewe yang tadi di angkot bareng kita?"

                Man  : "Yaa koy, udah ahh biarin aja bro fokus aja cari bukunya."

                Koy : "Wkwk ya bro ok siap."

       Pada saat itu mereka sedang berada di Palasari untuk membeli buku untuk digunakan di bangku kuliah. Namun rasa penasaran pun semakin gencar dalam hati. Kenapa kok mereka bisa bareng si cewe yang sepertinya pegawai bank dengan badannya yang tinggi semampai ditambah lagi memiliki paras cantik. Sampai pada akhirnya mereka bertemu lagi di Mall untuk membeli perlengkapan.

                Koy : "Hmm kok bareng lagi ya?" berbisik Koy dalam hatinya

                Firly : "Hmm uang ku kok ga ada ya?" Bisik Firly dalam hati

                Koy : "Hmm hmm hmm" Bergumam Koy

                Firly : "Wahh kamu yang curi uang gue ya dasar maling !" Tuduh Firly menggunakan jarinya sambil marah-marah

                Koy : "Waah mba aku ga tau apa-apa mba, aku juga anak perantauan yang belum tau apa-apa disini mba" Balas koy dengan wajah polosnya

         Setelah beberapa menit kemudian Pak Satpam pun datang menghampiri dan mengangkat instruksi untuk Koy segera merapat ke kantor polisi. Pada saat di kantor polisi Koy pun bingung harus bilang apa, tapi yang pasti dia selalu mencoba untuk melantunkan sholawat dalam hatinya agar diselamatkan.

         Pak Polisi : "Kamu sudah mencuri ya !" Gentak pak polisi sambil menghantamkan meja menggunakan tangannya.

                Koy : " Beneran pak saya tidak tau apa-apa pak " Sambil memelas dengan muka polosnya.

                Pak Polisi :  "Ya sudah sini saya cek semua isi tasnya" Seretnya dengan lantang

                Koy : " Silahkan pak saya memang tidak tau apa-apa pa"

                Pak Polisi : "Haa ini apa?? " Tanya polisi penasaran.

             Koy : " Itu mah celana dalam saya pak yang mau saya cuci pak hehe. Udah hampir 1 bulan lebih pak belum saya cuci hehe.

                Pak Polisi : " Apaa !!! Jorok sekali kamu "

                Firly : " Ihhh hahah " Tertawa sambil merasa jijik.

      Setelah melawati tahapan yang lumayan panjang, Koy pun diperiksa seluruh badannya dari atas sampai bawah.

                Pak Polisi : " Saya masih belum percaya sama kamu, Ayo berdiri !"

                Koy : "Hmm ok pak siap" tegas Koy

                Pak Polisi : " Hmm kamu ga pake sempak juga!" Tanya heran Pak Polisi

                Koy :"Heheh ya pak maaf " muka polosnya pun selalu menghiasinya.

                Pak Polisi : "Hahah oke kalau gitu kamu memang tidak terbukti mencuri"

                Firly: "Looh ga bisa gitu pak, dia tetep pencurinya !" Marah Firly tidak tertahankan

                Pak Polisi : "Looh kalau gitu mba Firly jangan menuduh sembarangan. Coba mnba cek dulu lagi, mba bisa dituntut balik loh" Tegas Pak Polisi

            Firly : " Ohh ya pak sudah ada nih menyelip di tas saya" Wajah marah pun mulai runtuh perlahan dan berubah menjadi wajah malu

                Koy : " Ok pak sudah ketemu, saya pamit dulu !"

        Setelah kejadian itu, Mba Firly sangat malu dan langsung meminta maaf kepada Koy dan memberi beberapa uangnya untuk Koy. Namun Koy menolaknya dan mengatakan dalam hatinya bahwa harga dirinya tidak bisa dibeli dengan uang. Akhirnya Mba Firly mencoba menambahkan uangnya sejumlah Rp 1Jt. Tetap saja Koy memiliki pendirian yang kuat. Mba Firly sudah menyadari bahwa dirinya sangat malu, untuk meminta maaf itu semua memang tidak cukup. Mba Firly pun kagum dengan pendirian dan tingkah baiknya. Selanjutnya Mba Firly memberikan kartu namanya dan ingin berkunjung ke kosnya. Koy pun menerima kartu nama tersebut yang bertanda Staff di suatu bank. Tidak lama kemudian, Koy ingin membuat rekening. Akhirnya dia memutuskan untuk pergi ke Bank BRI. Koy pun sampai dan bertemu dengan salah satu tellernya.

         Koy : "Maaf mba saya mau buat rekening" Ucap Koy sambil menunduk mengecek persyaratannya

                Firly : "Hmm kamu kan orang yang pernah ketemu di pos polisi ?" Mencoba memastikan Firly dengan segala daya ingatannya.

                  Koy : " Looh Mba Firly kerja disini?"

                Koy dan Firly pun semakin akrab. Firly sangat kagum dengan kepribadian koy yang sangat bijaksana dalam menghadapi masalah. Sebenarnya Koy pun merasa nyaman bersama Firly saat bertukar pesan. Namun Koy selalu berpikir..

    Koy : "Apakah saya sudah siap? Seperti saya belum dapat menghadapi Firly dengan baik. Mungkin saya akan melepaskannya perlahan."

Disini Koy mengenal bahwa cinta itu layaknya bagaimana kita mengejar dunia, dimana dunia semakin dikejar maka semakin jauh begitu pula sebaliknya. Akhirnya Koy mencoba untuk menjauhinya. Dan pada saat itu Koy mendapati kabar bahwa Firly sudah ingin dijodohkan dengan seseorang yang kaya raya. Namun Firly masih ada bimbang dalam hatinya. Akhirnya pertemuan dengan Koy pun tidak terelakkan dan Firly meminta untuk bertemu terakhir kalinya.

    Firly : "Koy aku ga mau meninggalkanmu" Ucap Firly

    Koy : "Hmm yasudah aku ikut" Ucap Koy

           Koy masuk ke dalam kereta beserta Firly. Namun tidak lama kemudian Koy lari dan loncat pada saat dia sudah mengantarkan Firly ke bangkunya. Firly pun merasa sedikit kecewa dan akhirnya menuliskan secarik kertas dan melemparkannya ke luar jendela. Pada saat itu kertas tersebut menabrak pas muka Koy lalu Koy membukanya dan didalamnya tertulis “I Love You So Much”. Dengan segala pendiriannya Koy tidak goyah untuk meninggalkan Firly karena itu jalan yang terbaik untuk Firly.

         Pada Cerita Pendek kali ini kita bisa belajar bahwa Cinta itu ibarat bagaimana kita mengejar dunia, dimana ketika semakin dunia kita jauhi dan mendekati yang Maha Memiliki maka cinta itu akan tumbuh subur abadi.


Kamis, 23 Juli 2020

"3M LEMARI" Cara Belajar Jitu Masa Kini

Juli 23, 2020 3

           

             Salam gaes, gimana kabarnya nih? Semoga selalu dalam kondisi sehat wal afiat ya. Oh ya gaes ada makanan yang sedang viral nih, kalian pada tau ga sih? Ya benar sekali gaes klepon. Klepon itu makanan yang terbuat dari singkong dan juga ada parutan kelapanya loh, ditambah lagi klepon ini memiliki rasa yang khas karena didalamnya terdapat gula merah yang melted gitu gaes hehe. Hmm jadi bikin ngiler aja nih gaes hehe. Oh ya gaes, menurut ku klepon ini jelas makanan yang islami ya, karena makanan klepon ini sudah lama sekali dikonsumsi oleh guru-guru atau pendahulu kita. Hmm jadi ga perlu lagi tuh diberi peci atau sorban si kleponnya wkwkwk. You’re really something gaes hahaha. Oh ya gaes kali ini aku ingin berbagi tentang bagaimana sih sebenarnya proses kita menimba ilmu bersama guru?. Hal ini menarik aku bahas karena masih banyak sekali orang-orang yang mengeluh dibalik kata kok, seperti kok aku belajar di kelas ga paham ya? Atau kok pelajarannya susah banget sih?. Hmm Disinilah 3M Ibarat Lemari akan mencoba menuntas habis keraguan kalian untuk belajar apapun dan dimanapun.

            Kita berdiskusi tentang bagaimana nasib dari para pelajar di masa pandemi ini? Ada juga yang berpendapat mall pada buka namun masjid dan sekolah masih tidak boleh buka. Ada juga sekolah yang memang kreatif, dimana anak-anak bisa masuk sekolah namun harus memakai baju bebas layaknya kursus privat. Semua cara dilakukan oleh guru untuk dapat memberi pelayanan terbaik kepada siswa/i tercinta. Banyak sekali pelajar yang tidak memiliki fasilitas internet atau smartphone sehingga mereka tidak dapat belajar dengan baik. Oleh karenanya pesan dari KH Ahmad Dahlan sangatlah dalam ketika beliau berkata Hidup hidupilah Muhammadiyah dan jangan cari kehidupan di Muhammadiyah. Hal ini berarti kita harus saling gotong royong untuk membangun SDM yang unggul. Bilamana ada siswa yang tidak dapat mengakses internet maka banyak sekali guru yang menghampiri siswa tersebut. Entah itu hanya sebagai pelipur sepia atau belajar dalam kondisi yang serius. Ohh ya gaes lalu bagaimana sih seharusnya kita belajar?? Yuk simak aja langsung gaes cekidot.

1.      Memasukkan Ilmu

Sebelum kita belajar, maka kita diharuskan untuk berdoa atau fokus terhadap apa yang ingin disampaikan oleh guru. Oleh karenanya guru harus bisa mengerti keadaan siswa karena terkadang dalam proses memasukkan saja masih kurang semangaat apalagi ingin mengelola ilmu tersebut, maka dianjurkan bagi guru untuk dapat membuat siswa fokus, mungkin salah satunya dengan ice breaking

2.      Mengelola Ilmu

Ketika ilmu yang sudah mulai masuk, maka ayok kita kelola ilmu tersebut dengan cara mungkin mempraktekkan ilmu tersebut. Kenapa kita harus mengelolanya? Karena ilmu itu sejatinya akan bermanfaat bila kita dapat memberikan kemudahan bagi orang-orang lain.

3.      Menyimpan Ilmu

Ketika ilmu itu selalu kita praktekkan, maka ilmu itu akan tersimpan dalam jangka panjang karena hal ini berkaitan dengan unsur emosi, dimana studi dengan model binatanng mengindikasikan bahwa sistem saraf mendasari ingatan, melibatkan amigdala atau pusat emosi dan saling berhubungan. Amigdala secara kompleks member sebuah dimensi ingatan afektif yang membuat penyimpanan memori menjadi jangka panjang dilansir Kompas.com.

            Dalam diskusi pun Kang Nanang selaku founding father Stenomat atau Stenografi Matematikan bercerita bahwa Belajar itu ibarat Lemari, dimana dari awal mulanya kita memasukkan baju pun harus benar sehingga kita dapan mengelola baju kita dengan baik sehingga pakaian kita tersimpan dalam situasi yang aman. Yuk semangat terus belajar. Belajar dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun. Semoga dapat manfaat dan berkah amiin.

Sabtu, 18 Juli 2020

Hikmah di Balik Pegang Pantat

Juli 18, 2020 0

                

https://www.pngwing.com/id/free-png-sxpzt
https://www.pngwing.com/id/free-png-sxpzt

            Assalamu’alaikum gaes, priben kabare kih? Semoga selalu dalam kondisi sehat ya gaes. Oh ya gaes, kondisi yang serba sulit pada masa pandemi ini usahakan untuk tetap ngobrol santuy bersama teman-teman. Kenapa ? Karena dengan ngobrol dapat mengurangi rasa kegelisahan dan juga meningkatkan inovasi dan kreasi. Mohon maaf gaes masih jarang sekali update blog dikarenakan ada beberapa kegiatan yang harus diselesaikan diantaranya program medcamp atau media campursari yang menggunakan kolaborasi antara pengelolaan limbah organik dan anorganik. Disisi lain aku juga mencoba untuk membuat suatu wadah untuk berbagi pengetahuan di rumah-rumah teman sehingga walau adanya pandemi ini dapat menjadi hikmah tersendiri untuk tidak mudah putus asa dan terus mengembangkan potensi diri. Semoga kita selalu dalam kondisi yang sehat wal afiat amiin.

       Oh ya gaes disini aku akan sedikit berbagi tentang pengalaman temanku saat dia memegang pantatnya untuk dapat menyelematkan motornya pada saat ingin dicuri. Pada awalnya aku menghubungi dia atau saudagar bilal sangat sulit sekali. Lal posisi dimana ? ku kirim pesan padanya. Lalu 2 sampai 3 jam kemudian kok tidak ada balasannya gaes. Pada saat itu aku ingin meminta bantuan untuk membuat poster untuk mengembangkan sektor perdagangan madu. Namun tak tahu mengapa Bilal tidak menjawab. Alhasil ku mencoba merapat ke markas yang berada di MA Adzzikro malam harinya. Pada saat itu aku terkejut mendengar cerita yayat, dimana Bilal kehilangan motornya pada saat berkunjung ke alun-alun Sindang yang berada tak jauh dari rumahku.

Ogi :  Yat priben kie bilal susah sekali dihubungi !

Yayat : Ohh ya gi jarene sih Bilal baru saja kehilangan motornya.

Ogi : Ohh ya tah bli sih atau masa iya yat?

Yayat : Yaa bro katanya sih dia hamper kehilangan motornya?

Ogi : Oh ya ?? Pantas saja dia ga balas chat ku bro.

Yayat : Wkwkw ya bro bukan kehilangan motornya. Tapi hamper saja kehilangan motor?

Ogi :  Waah ira kuh ana ana bae cah atau dalam bahasa indonesianya ada ada aja lu bahasa inggrisnya itu you’re really something, wkwkwk

            Ehh ternyata 30 menit kemudian bilal pun datang.

Bilal : Assalamu’allaikum

Ogi & yayat : Walaikumsalam bro.

Bilal : Yaah bro priben kabare gaes?

Ogi & yayat : Yaah bro Alhamdulillah sehat cekas bringas dan akas wkwkwk.

Ogi :  Yaah bro nte kuh priben dihubungin kok angel banget bro? (dihubungin susah banget bro?)

Bilal : Yaah iki bro aku hamper kehilangan motor ning masjid An-Nur yang ada di sindang tuh bro

Ogi : Waah sing bener aja kamu tuh?? Terus gimana bro? aku bertanya antusias

Yayat : Yaah priben kuh bro kamu cerita belum selesai nih..

Bilal : Yaah bro saat itu aku sedang main ke alun-alun sindang..

Ogi : Hmm ya ya terus bro?

Bilal : Yaah bro Pas waktu ingin menunaikan sholat asyar aku berpikiran ga enak. Karena waktu aku mengambiil sarung bersama pamanku lalu aku lupa untuk mengambil lagi kunci yang menggantung di motor. Akhirnya ku tinggal sholat.

Ogi : Ohh ya tah bro?? terus priben bro?? deuuh ana ana bae ira sih klalenan bocah kuh..

Yayat : Ya bro.. terus priben??

Bilal : Yah iku bro terus pada saat itu aku pura-pura aja bro saat sholat ku pegang pantat supaya mudah keluar dari masjid karena disangkanya aku ngentut bro.. wkwkwk

Yayat : Wkwkw nte bener kuh brarti jos dipraktekkan ilmune wkwkwk.

Ogi : wkwkwk nte kuh pura-pura kentut tah?wkwkw

Bilal : Yaah bro Jadi aku keluar terus cek motor udah mau digondol maling bro.. terus aku pun langsung sergap untuk menghampiri maling tersebut dan merangkulnya lalu berkata “ Pengen maling ya” sambil memasang muka melas bro malingnya.

Yayat : Looh terus priben kue malinge?

Bilal : Yaah langsung digebuki warga bro wkwkwk.

Ogi :  Wwkwk Alhamdulillah ente motore selamat bro.. kue berarti hikmah dari memegang pantat bro wkwkw

Bilal & Yayat : wkwkw ya bro bener kueh. Laahh ya posisi maling kue udah di gerbang masjid. Telat sedikit saja udah hilang tuh motor.

Ogi, Yayat & Bilal : wkwkwk ya bener bro..

       Jadi gaes, ada hikmah yang bisa kita ambil dari pura-pura memegang pantat yakni dapat menyelamatkan motor. Bila saja bilal tetap melanjutkan sholatnya dengan hati yang tidak tenang maka motornya sudah hangus. Jadi ketika shalat gaes usahakan hati dalam kondisi yang tenang agar kita dapat menghayatinya. Mungkin itu saja cerita kali ini gaes. Semoga dapat bermanfaat dan berkah amiin.


Rabu, 11 Maret 2020

"SANTUY Ooi" Cara Mudah Belajar Compund Sentence

Maret 11, 2020 0
   Hi guys, Gimana kabarnya nih? Semoga selalu baik-baik saja ya gaes hehe. Oh ya gaes alhamdulillah kabarku baik-baik saja. Alhamdulillah sudah 3 hari saya magang di Kemlu gaes tepatnya di Direktorat Jendral Informasi dan Diplomasi Publik. Mungkin yang ingin tau bagaimana kok aku bisa magang di kemlu silahkan bisa klik disini. Hari ini aku baru saja mengikuti seminar dari Bapak Dr. Ahmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah RI untuk virus COVID-19. Beliau berkata hal yang terpenting adalah PHBS gaes, apa itu PHBS? PHBS adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, seperti menjaga lingkungan dan kondisi pola makan kita gaes. Beliau juga berkata hati-hati dengan banyaknya media yang memberikan informasi yang tidak valid seperti menyebabkan kita untuk membeli banyak masker dan bahan-bahan pokok. Hal ini juga menyebabkan logika rasional kita jadi hilang karena sebenarnya kita telah memiliki tradisi yang mengacu pada PHBS seperti, ketika kita terjangkit influenza, orang tua kita akan memberikan saran untuk tidak bermain dulu ke luar dan diberinya obat lalu bahkan kita juga dapat izin untuk pulang lebih cepat. So guys, jangan panik dan tetap jaga kesehatan ya.


    Sebenarnya kenapa kok virus ini baru ketahuan ketika sudah ada orang yang terjangkit? Karena memang itulah sifatnya virus yang seperti benalu gaes, jadi ga mungkin virus itu meminta izin dulu seperti aku ingin masuk ya hehe. Oh ya ngomong-ngomong tentang virus ini dari kemlu memiliki aplikasi yang dapat diakses yakni safetravel.kemlu, aplikasi ini menyediakan informasi tentang kondisi penyebaran virus corona yang berada di seluruh dunia, maka sangat bermanfaat untuk teman-teman yang ingin bepergian ke luar negeri nih. Oh ya gaes kok jadi panjang banget ya pembahasannya? hehe. Back to laptop gaes, kesempatan kali ini aku ingin berbagi tentang bagaimana sih cara mudah memahami Compound Sentence?. Compound Sentences are formed by combining two independent clause. Independent Clause merupakan kalimat yang dapat berdiri sendiri gaes. Kalau bahasa cintanya mungkin suatu hubungan itu ibarat kalimat yang harus disambungkan dengan Coordinating Conjunction atau kata penghubung agar tidak adanya salah paham gaes karena hubungan yang baik adalah hubungan yang saling menyambung satu sama lain dan saling mengerti. Looh kok jadi bahas tentang cinta ya? haha. Lalu apa saja sih kata penghubung itu? Yuk langsung saja simak SANTuY Ooi ini gaes.

1. S : So
2. A : And
3. N : Nor
4. T : buT
5. Y : Yet
6. O : Or
7. o : fOr

Berikut contohnya gaes

1. So
Dulo slept in the class, so Abah Yasin punished him (Dulo tidur di kelas, jadi Abah Yasin menghukumnya).

2. And
Irsa like strawberry ice cream, and she also like chocolate ice cream (Irsa suka es krim stroberi, dan dia jugaa suka es krim coklat).

3. Nor
Ogi has never visited Europe, nor have visited Japan (Ogi belum pernah mengunjungi Eropa, juga belum mengunjungi Jepang.

4. But
Alvin needs to go to English course, but he feels so sleepy (Alvin harus pergi ke kursus bahasa inggris, tapi dia merasa sangat mengantuk).

5. Yet
Lastri doesn’t love him, yet he struggles with his pray (Lastri tidak cinta dia, namun dia berusaha dengan doa).

6. Or
We can go to Slamet mountain, or we can swim in Tirta Park ( Kita bias pergi ke gunung Slamet, atau kita bias berenang di taman tirta.

7. For
Alvin and Atika go to the beach, for they feel bored at home ( Alvin and Atika pergi ke pantai, karena mereka merasa bosan di rumah)

   Oh ya gaes di MELESAT atau Mengaji Selembar Speaking Activity Training juga mempelajarinya lewat lagu seperti berikut gaes, Oh ya gaes bagi yang mau ikut belajar bahasa inggris gratis bisa masuk ke link ini gaes https://chat.whatsapp.com/KYbR5gJ7l16H2SXKFdzGcg. Kami belajar bersama setiap hari jumat malam dan minggu malam gaes setelah maghrib. Penjelasan tentang compound sentence juga bisa dilihat di Youtube loh gaes yuk simak disini.

Yuk ayo kita belajar
Belajar compound sentence
Dua kalimat dihubungkan dengan SANTUY Ooi
So And Nor But
Yet Or For disatukan
Dapat disatukan menjadi SANTUY Ooi
Belajar inggris mudah jadi santuy aja..
Santuy Ooi Santuy Santuy Ooi. (Doraemon soundtrack)

    Gimana jadi lebih mudah kan gaes? hehe. Semoga kita selalu dapat menjaga lingkungan kita dan bisa bermanfaat untuk compound sentencesnya ya gaes. See ya gaes. Setelah membaca jangan lupa untuk memberikan kritik dan sarannya ya gaes hehe.