Langsung ke konten utama

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Penglihatan

   Selamat malam sob :). Gimana kabarnya?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Ditemani sule bersama ovj enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Penglihatan". Udah pada tau belum Indra Penglihat itu??, hehehe. Indra Penglihat itu pada manusia adalah sepasang mata sob :).Sebelumnya saya ingin bercerita dulu tentang mata ini sob. Mata berfungsi sebagai melihat apa yang kita ingin lihat. Tapi disamping itu mata juga sangat penting sob, Karena apa?? Banyak orang bahkan jutaan orang yang membutuhkan mata untuk melihat sob. Jadi jagalah mata kita dan jangan sampai kita gunakan untuk kejelekan ya sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi dari mata??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Lapisan Sklera = Lapisan terluar dari bola mata, tersusun oleh jaringan ikat berwarna putih buram. Fungsi dari Lapisan Sklera sendiri adalah mempertahankan dan melindung bola mata

2. Lapisan Koroid = Lapisan tengah yang berwarna gelap, banyak mengandung pembuluh darah. Fungsi dari Lapisan Koroid sendiri adalah mensuplai kebutuhan makanan dan oksigen ke retina, dan mencegah pemantulan cahaya yang masuk ke dalam bola mata

3. Lapisan Retina   = Lapisan yang berisi reseptor cahaya, Ada dua macam reseptor. Sel basillus (sel batang) dan sel konus (kerucut). Sel basillus adalah reseptor yang peka terhadap cahaya dengan intensitas lemah(gelap) sedangkan Sel konus dengan intensitas kuat (terang)

4. Iris                     = Selaput tipis kelanjutan dari lapisan koroid bagian depan. Fungsi dari Iris sendiri adalah untuk menghasilkan pigmen berwarna, Juga sering di sebut lapisan pelangi. Tiap suku bangsa, mempunyai iris spesifik (Orang Asia irisnya hitam, orang jerman irisnya hijau kebiruan)

5. Pupil                  = Celah dari iris yang terletak di tengah. Fungsi dari Pupil sendiri adalah untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke bola mata.

6. Aqueous humor = Cairan bola mata yang terletak antara kornea dan lensa mata

7. Lensa                = Berbentuk cembung dan lentuk, serta kenyal. Fungsi dari Lensa Mata sendiri adalah untuk mengatur bayangan agar jatuh tepat di retina, melalui daya akomodasi (memipih dan mencembungnya lensa)

8. Vitreus humor    = Cairan bola mata yang terletak di antara lensa mata dan retina. Fungsi dari Vitreus Humor sendiri adalah untuk menjaga bola mata

   Gimana sob, mudah bukan?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob:)

Selera RoNa nangIs dan nguPil bersama ALVi

Selera
= Lapisan Sklera
Ro      = Lapisan KoRoid
Na      = Lapisan RetiNa
Is        = IrIs
Pil       = PuPil
A        = Aqueous humor
L         = Lensa
Vi        = Vitreus humor

Semoga Bermanfaat :)

*Mohon maaf bila ada seseorang yang bernama Rona dan Alvi. Ini hanya untuk memudahkan dalam mengingatnya :).
12 komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Sambil liat untung ada sule enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah". Udah pada tau belum apa itu lidah??. Lidah adalah indra pengecap yang terdapat di dalam mulut kita. Sebelumnya saya mau bercerita sedkit dulu tentang lidah ini sob. Lidah ini membantu kita untuk merasakan rasa-rasa pada benda, makanan, minuman, buah-buahan dsb. Jadi jangan pernah kita bersilat lidah #ups maksud saya jangan pernah menyakiti lidah kita sob :).

   Mau tau rasa yang terdapat pada lidah??
Langsung aja cekidot sob :)

Pahit = berada di pangkal lidah
Asam = berada di lidah bagian tepi
Manis = berada di ujung lidah
Asin    = berada di samping depan
Adapun rasa pedas jika makan cabe disebabkan oleh teriritasinya sel-sel reseptor oleh minyak atsiri

   Mudah sih sob, Tapi tempat-tempatnya yang susah sob?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatny…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Sebenernya mah cuaca lagi mendukung nih sob, tapi enaknya mah berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran". Udah pada  tau belum, apa itu Indra Pendengaran??. Indra Pendengaran adalah sistem indra yang biasa untuk mendengar, dan biasanya indra pendengaran nih berupa telinga. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih tentang telinga kita sob. Kita seharusnya menjaga telinga kita sob, karena apa?? Sudah banyak kasus gangguan telinga yaitu Tuli Saraf. Tuli Saraf ini disebabkan putusnya saraf pendengaran sob. Jadi jangan sekali-kali telinga kita di dekatkan dengan suara yang nyaring sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi telinga??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Telinga Luar     - Daun Telinga (aurikel). Fungsi dari daun telinga sendiri adalah untuk mengumpulkan gelombang suara ke saluran telinga    - Saluran Telinga (tabung auditor…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sel

Selamat malam sob :).Gimana kabarnya nih? Pasti baik bukan?? heheheh. Sambil nonton copa van java, Lebih enaknya saya berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Sel". Oh ya, Udah pada tau belum apa itu sel sob?,hehehhe :). Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup sob. Sebelumnya saya ingin cerita sedikit dulu tentang sel ini sob.Jadi misalkan pedang sob, Kan ada tuh bagian lancipnya sob, Nah sel juga sama seperti bagian runcingnya itu sob. hehehhe :).

   Mau tau ada berapa bagian dari sel itu? Dan apa saja fungsinya??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Membran Sel                      = Membran sel sering disebut membran plasma yang bersifat semipermeabel. Artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu. Fungsi dari membran sel itu sendiri adalah pelindung sel dan keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

2. Sitoplasma                           = Cairan yang mengisi sel yang mengandung berbagai zat koloid. Fungs…