Langsung ke konten utama

Cara Mudah Mengingat Virus Dan Peranannya

   Selamat siang sob :). Gimana kabarnya nih?? Pasti baik bukan?? hehehe. Sambil duduk santai paling enak mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Virus Dan Peranannya". Udah tau apa itu Virus?? Terpintas dalam pikiran kita semua virus mengandung hal yang negatif  dan sifatnya menular, ya bukan?? hehehe. Memang betul sob, Virus berasal dari bahasa latin "virion" yang berarti racun. Tau ga sob, Kalau virus itu ukurannya lebih kecil dari bakteri?? Yang kita tau kan bakteri saja sudah kecil bagaimana dengan sesuatu yang lebih kecil dari bakteri?? Waahh itu baruu menakjubkan sob.. hehehe. Penggolongan virus juga belum bisa ditentukan nih sob, Virus bisa dikatakan sebagai benda hidup tapi bisa pula dikatakan sebagai benda mati. Yang hebat lagi dari virus ini sob mempunyai dua sifat, Virus bisa bersifat benda hidup dan juga bisa bersifat benda mati (waahh hebat ya sob!! heheh ). Virus dikatakan benda hidup karena dapat memperbanyak diri. Tapi virus bisa juga dikatakan benda hidup, Karena virus tidak melakukan metabolisme dan tidak mempunyai sel.

   Sobat semua gausah kawatir dan takut dengan virus.. virus ada juga yang bersifat baik, Apa bersifat baik?? Bukannya virus itu racun?? Apakah sama seperti virus cinta?? hehehe. Ya sob, Ada virus yang baik/ menguntungkan. Berikut penjelasan tentang virus yang menguntungkan dan merugikan.

1. Virus Yang Menguntungkan

   * Virus Vaksin = Ingat pada masa balita sob?? Virus ini yang membuat daya tahan tubuh kita kuat sob. Biasanya Virus Vaksin ini disuntikkan pada tubuh kita sob.

   * Virus yang digunakan untuk memproduksi interferon = Interferon berfungsi untuk mencegah replikasi virus

   * Profage = Virus ini berguna untuk mengubah fenotip bakteri sehingga bermanfaat dalam bidang kedokteran. Caranya, Asam nukleat virus digabungkan dengan gen manusia yang bersifat menguntungkan. Kemudian secara lisogenik gen tadi digabungkan dengan sama nukleat bakteri. Apabila bakteri membelah diri, Berarti setiap anakan bakteri mengandung gen manusia yang dapat memproduksi zat-zat yang menguntungkan.

2. Virus Yang Merugikan

   * Mosaik ( bercak- bercak kuning ) = Virus ini dapat menghambat pertumbuhan tembakau, dengan cara menempel dan menggelembung berwarna hijau. Virus penyebabnya disebut Tobacco Mozaik Virus (TMV)

   * New Castle Disease ( NCD ) = Penyakit ini menyerang saraf ternak unggas. Penyakit ini biasanya dinamakan tetelo atau cekak

   * Foot and Mouth Disease ( FMD ) = Penyakit ini menyerang kuku dan mulut pada hewan ternak

   * Flu Burung ( H5N1 ) = Gejala mirip seperti flu biasa, Namun bisa menyebabkan kematian pada unggas

   * Flu Babi ( H5N5 )

Oh ya sob. Ada juga nih penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus sob :). Mau tau apa aja??
Cekidot sob :)

   * Influenza = Penyakit ini menyerang saluran pernapasan. Gejala penyakit ini antara lain pilek, batuk, pening dan suhu tubuh meningkat

   * Cacar     = Penyakit ini dapat meninggalkan bekas luka pada penderita. Untuk mencegah penyakit ini dapat menggunakan vaksin cacar

   * Hepatitis = Hepatitis ini banyak macamnya sob, Ada hepatitis A, B, C, D, E, F, G. Tapi yang paling berbahaya dari ke Tujuh jenis itu hanya B dan C karena dapat menjadi kronis setelah 20-30 tahun dan dapat menyebabkan kanker kronis

   * Polio       = Penyakit ini disebabkan oleh Enterovirus. Penyakit ini dapat dicegah dengan vaksin salk yang diberikan pada saat balita. penemu dari vaksin ini adalah jonas salk

   * Rabies     = Penyakit ini juga sering disebut penyakit anjing gila. Sebenarnya penyakit ini hanya terdapat pada anjing, Tapi penyakit ini bisa menular pada manusia melalui gigitan.

   * Demam Berdarah = Penyakit ini disebabkan oleh penyakit dengue dan ditularkan pada manusia melalui gigitan nyamuk aedes aegypti. Penyakit ini dapat menyebabkan pecahnya pembuluh dara dan penurun kadar trombosit

   * AIDS ( Acquired Immuno Deficiency  Syndrome ) = Penyakit ini merupakan kelainan sistem tubuh akibat dari melemahnya sistem kekebalan tubuh. Penyebabnya adalah serangan virus HIV terhadap sel darah putih sehingga tubuh tidak dapat melawan bibit penyakit yang masuk ke tubuh. Apa itu HIV? HIV adalah Human Immunodeficiency Virus.

   * Ebola = Penyakit ini dapat menyebabkan kematian pada manusia.
Gejala penyakit ini adalah :

1. Timbul demam tinggi, sakit kepala dan nyeri otot
2. Timbul bercak-bercak merah pada muka dan seluruh badan
3. Penderita mengalami pendarahan hebat pada usus besar dan paru-paru, sehingga sering muntah darah
4. Setelah seminggu penderita mengalami peradangan hati dan ginjal rusak. Selanjutnya akan terjadi penggumpalan darah sehingga nyawa tidak tertolong lagi.

   Waduuh banyak banget dan ribet ya sob ?? heheh. Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot sob :)

  Virus itu dalam pengertian adalah racun. Tapi ada yang Menguntungkan dan Merugikan

Virus Menguntungkan
Mantap di kamar VIP 

V = Virus Vaksin
I  = Interferon
P = Profage

Virus Merugikan
Mos di New Castle buat Foot and Mouth cape sama FluNg dan FeBi

Mos = Mosaik
New Castle = New Castle Disease
Foot and Mouth = Foot and Mouth Disease
FluNg = Flu BuruNg
FeBi = Flu BaBi



6 komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Sambil liat untung ada sule enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah". Udah pada tau belum apa itu lidah??. Lidah adalah indra pengecap yang terdapat di dalam mulut kita. Sebelumnya saya mau bercerita sedkit dulu tentang lidah ini sob. Lidah ini membantu kita untuk merasakan rasa-rasa pada benda, makanan, minuman, buah-buahan dsb. Jadi jangan pernah kita bersilat lidah #ups maksud saya jangan pernah menyakiti lidah kita sob :).

   Mau tau rasa yang terdapat pada lidah??
Langsung aja cekidot sob :)

Pahit = berada di pangkal lidah
Asam = berada di lidah bagian tepi
Manis = berada di ujung lidah
Asin    = berada di samping depan
Adapun rasa pedas jika makan cabe disebabkan oleh teriritasinya sel-sel reseptor oleh minyak atsiri

   Mudah sih sob, Tapi tempat-tempatnya yang susah sob?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatny…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Sebenernya mah cuaca lagi mendukung nih sob, tapi enaknya mah berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran". Udah pada  tau belum, apa itu Indra Pendengaran??. Indra Pendengaran adalah sistem indra yang biasa untuk mendengar, dan biasanya indra pendengaran nih berupa telinga. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih tentang telinga kita sob. Kita seharusnya menjaga telinga kita sob, karena apa?? Sudah banyak kasus gangguan telinga yaitu Tuli Saraf. Tuli Saraf ini disebabkan putusnya saraf pendengaran sob. Jadi jangan sekali-kali telinga kita di dekatkan dengan suara yang nyaring sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi telinga??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Telinga Luar     - Daun Telinga (aurikel). Fungsi dari daun telinga sendiri adalah untuk mengumpulkan gelombang suara ke saluran telinga    - Saluran Telinga (tabung auditor…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sel

Selamat malam sob :).Gimana kabarnya nih? Pasti baik bukan?? heheheh. Sambil nonton copa van java, Lebih enaknya saya berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Sel". Oh ya, Udah pada tau belum apa itu sel sob?,hehehhe :). Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup sob. Sebelumnya saya ingin cerita sedikit dulu tentang sel ini sob.Jadi misalkan pedang sob, Kan ada tuh bagian lancipnya sob, Nah sel juga sama seperti bagian runcingnya itu sob. hehehhe :).

   Mau tau ada berapa bagian dari sel itu? Dan apa saja fungsinya??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Membran Sel                      = Membran sel sering disebut membran plasma yang bersifat semipermeabel. Artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu. Fungsi dari membran sel itu sendiri adalah pelindung sel dan keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

2. Sitoplasma                           = Cairan yang mengisi sel yang mengandung berbagai zat koloid. Fungs…