Langsung ke konten utama

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sistem Organ Pada Manusia Dan Hewan

   Selamat pagi sob :) Gimana kabarnya sob?? Pasti baik bukan?? hehehe. Dengan ditemani acara dahsyat, Paling enak mah sambil berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sistem Organ Pada Manusia Dan Hewan". Udah pada tau apa itu Sistem Organ??hehehhe. Sistem Organ adalah gabungan dari beberapa organ tubuh yang saling mendukung. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang Sistem Organ. Saya pertama merasa aneh, kok ada ya sistem organ ?? dan apa saja sih bagian dan fungsinya itu??. Lalu saya baca buku biologi kelas 9 smp, ternyata disana terdapat keterangan lengkapnya sob, heheheh :)

   Mau tau apa saja sih bagian dan fungsi sistem organ hewan dan manusia itu??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Sistem Ekskresi = Paru-paru, hati, kulit, ginjal, dan kolon. Fungsi dari sistem ekskresi ini memindahkan hasil metabolisme yang sudah tidak diperlukan, ke luar tubuh sehingga sel-sel tubuh dapat seimbang terhadap lingkungan

2. Sistem Pernapasan = Hidung, faring, laring, trakea/trakhea, bronki dan paru-paru. Fungsi dari sistem pernapasan ini sistem untuk mengambil oksigen.

3. Sistem Pencernaan = Mulut, kerongkongan, lambung, rektum, hati, dan pankreas. Fungsi dari sistem pencernaan ini melakukan proses makanan sehingga dapat diserap oleh tubuh

4. Sistem Sirkulasi      = Jantung, pembuluh arteri, pembuluh vena, pembuluh kapiler, pembuluh getah bening, dan kelenjar limfe. Fungsi dari sistem sirkulasi ini untuk menjaga tubuh dari penyakit

5. Sistem Reproduksi = Testis, Ovarium, dan bagian alat kelamin lainnya. Fungsi dari sistem reproduksi ini untuk berkembangbiak

6. Sistem Otot            = Otot polos, otot jantung, dan otot rangka. Fungsi dari sistem otot ini untuk alat gerak

7. Sistem Saraf           = Otak, saraf tulang belakang, simpul-simpul saraf, dan serabut saraf. Fungsi dari sistem saraf ini untuk menerima dan merespon rangsangan

8. Sistem Endoktrin    = Tiroid, kelenjar hipofisa, kelenjar pankreas, kelenjar kelamin, kelenjar suprarenal, kelenjar paratiroid, dan kelenjar buntu. Fungsi dari sistem endoktrin ini memproduksi hormon yang mengatur aktivitas tubuh

9. Sistem Rangka       = Tengkorak, tulang rusuk, tulang belakang, rangka penopang tulang bahu, rangka penopang tulang pinggul, tulang anggota badan atas, dan bawah. Fungsi dari sistem rangka ini menyimpan bahan mineral, tempat pembentukan sel darah, tempat melekatnya otot, melindungi tubuh yang lunak dan menunjang tubuh.

   Waduuh ribet ya sob? hehehe
Mau tau cara mudah untuk mengingatnya??
Langsung aja cekidot :)

Kreasi ECeran Si DuO SawER

Kre = EksKresi
ECeran = PErnapasan dan PenCernaan
Si          = Sirkulasi
Du         = ReproDuksi
O           = Otot
E            = Endoktrin
R            = Rangka

Semoga Bermanfaat :)





12 komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Sambil liat untung ada sule enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah". Udah pada tau belum apa itu lidah??. Lidah adalah indra pengecap yang terdapat di dalam mulut kita. Sebelumnya saya mau bercerita sedkit dulu tentang lidah ini sob. Lidah ini membantu kita untuk merasakan rasa-rasa pada benda, makanan, minuman, buah-buahan dsb. Jadi jangan pernah kita bersilat lidah #ups maksud saya jangan pernah menyakiti lidah kita sob :).

   Mau tau rasa yang terdapat pada lidah??
Langsung aja cekidot sob :)

Pahit = berada di pangkal lidah
Asam = berada di lidah bagian tepi
Manis = berada di ujung lidah
Asin    = berada di samping depan
Adapun rasa pedas jika makan cabe disebabkan oleh teriritasinya sel-sel reseptor oleh minyak atsiri

   Mudah sih sob, Tapi tempat-tempatnya yang susah sob?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatny…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Sebenernya mah cuaca lagi mendukung nih sob, tapi enaknya mah berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran". Udah pada  tau belum, apa itu Indra Pendengaran??. Indra Pendengaran adalah sistem indra yang biasa untuk mendengar, dan biasanya indra pendengaran nih berupa telinga. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih tentang telinga kita sob. Kita seharusnya menjaga telinga kita sob, karena apa?? Sudah banyak kasus gangguan telinga yaitu Tuli Saraf. Tuli Saraf ini disebabkan putusnya saraf pendengaran sob. Jadi jangan sekali-kali telinga kita di dekatkan dengan suara yang nyaring sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi telinga??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Telinga Luar     - Daun Telinga (aurikel). Fungsi dari daun telinga sendiri adalah untuk mengumpulkan gelombang suara ke saluran telinga    - Saluran Telinga (tabung auditor…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sel

Selamat malam sob :).Gimana kabarnya nih? Pasti baik bukan?? heheheh. Sambil nonton copa van java, Lebih enaknya saya berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Sel". Oh ya, Udah pada tau belum apa itu sel sob?,hehehhe :). Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup sob. Sebelumnya saya ingin cerita sedikit dulu tentang sel ini sob.Jadi misalkan pedang sob, Kan ada tuh bagian lancipnya sob, Nah sel juga sama seperti bagian runcingnya itu sob. hehehhe :).

   Mau tau ada berapa bagian dari sel itu? Dan apa saja fungsinya??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Membran Sel                      = Membran sel sering disebut membran plasma yang bersifat semipermeabel. Artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu. Fungsi dari membran sel itu sendiri adalah pelindung sel dan keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

2. Sitoplasma                           = Cairan yang mengisi sel yang mengandung berbagai zat koloid. Fungs…