Langsung ke konten utama

Cara Mudah Mengingat Istilah-Istilah Gempa

   Selamat siang sob. Bagaimana kabarnya nih??? Pastinya baik bukan?? hehehe. Setelah UTS selesai palin enak ngopi dan berbagi ilmu nih sob. Sekarang saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Istilah-Istilah Gempa", Sebelumnya. Tahukah anda apa yang dimaksud gempa??. Gempa adalah getaran kulit bumi yang disebabkan kekuatan dari dalam bumi.

   Mau tau Istilah-Istilah gempa dan cara mengingatnya??
Let's check it out

 Saraf Pista dan MuHIs ke SeTrum PiPa sehingga wajahnya Seram

Mau tau artinya??

Saraf = Seismograf adalah alat pencatat gempa
Pista = Pleistoseista adalah garis pada peta yang membatasi daerah yang mengalami kerusakan terhebat di sekitar episentrum
M = Makroseista adalah daerah di permukaan bumi yang mengalami kerusakan terberat akibat gempa. Makroseista dibatasi oleh pleistoseista
H = Homoseista adalah garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang mengalami atau mencatat gelombang primer pada waktu yang sama
I = Isoseista adalah garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang mengalami kerusakan sama hebatnya akibat gempa
Se = Seismologi adalah ilmu yang mempelajari hal ikhwah gempa
Trum = Hiposentrum adalah pusat gempa di dalam bumi
Pi = Episentrum adalah pusat gempa di permukaan bumi
Pa = Gelombang gempa ada 3 macam yaitu
Gelombang longitudinal atau gelombang primer yaitu gelombang gempa yang dirambatkan dari hiposentrum melalui litosfer secara menyebar dengan kecepatan antara 7 km sampai 14 km per detik
Gelombang transversal atau gelombang sekunder yaitu gelombang gempa yang dirambatkan dari hiposentrum ke segala arah dengan kecepatan 4 sampai 7 km per detik
Gelombang panjang yaitu gelombang gempa yang dirambatkan dengan kecepatan kurang dari 3,5 km/detik dan merupakan gelombang perusak
Seram = Seismogram adalah garis pada peta yang membatasi daerah yang mengalami kerusakan terhebat disekitar episentrum



Semoga bermanfaat :)
1 komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Sambil liat untung ada sule enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah". Udah pada tau belum apa itu lidah??. Lidah adalah indra pengecap yang terdapat di dalam mulut kita. Sebelumnya saya mau bercerita sedkit dulu tentang lidah ini sob. Lidah ini membantu kita untuk merasakan rasa-rasa pada benda, makanan, minuman, buah-buahan dsb. Jadi jangan pernah kita bersilat lidah #ups maksud saya jangan pernah menyakiti lidah kita sob :).

   Mau tau rasa yang terdapat pada lidah??
Langsung aja cekidot sob :)

Pahit = berada di pangkal lidah
Asam = berada di lidah bagian tepi
Manis = berada di ujung lidah
Asin    = berada di samping depan
Adapun rasa pedas jika makan cabe disebabkan oleh teriritasinya sel-sel reseptor oleh minyak atsiri

   Mudah sih sob, Tapi tempat-tempatnya yang susah sob?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatny…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Sebenernya mah cuaca lagi mendukung nih sob, tapi enaknya mah berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran". Udah pada  tau belum, apa itu Indra Pendengaran??. Indra Pendengaran adalah sistem indra yang biasa untuk mendengar, dan biasanya indra pendengaran nih berupa telinga. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih tentang telinga kita sob. Kita seharusnya menjaga telinga kita sob, karena apa?? Sudah banyak kasus gangguan telinga yaitu Tuli Saraf. Tuli Saraf ini disebabkan putusnya saraf pendengaran sob. Jadi jangan sekali-kali telinga kita di dekatkan dengan suara yang nyaring sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi telinga??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Telinga Luar     - Daun Telinga (aurikel). Fungsi dari daun telinga sendiri adalah untuk mengumpulkan gelombang suara ke saluran telinga    - Saluran Telinga (tabung auditor…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sel

Selamat malam sob :).Gimana kabarnya nih? Pasti baik bukan?? heheheh. Sambil nonton copa van java, Lebih enaknya saya berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Sel". Oh ya, Udah pada tau belum apa itu sel sob?,hehehhe :). Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup sob. Sebelumnya saya ingin cerita sedikit dulu tentang sel ini sob.Jadi misalkan pedang sob, Kan ada tuh bagian lancipnya sob, Nah sel juga sama seperti bagian runcingnya itu sob. hehehhe :).

   Mau tau ada berapa bagian dari sel itu? Dan apa saja fungsinya??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Membran Sel                      = Membran sel sering disebut membran plasma yang bersifat semipermeabel. Artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu. Fungsi dari membran sel itu sendiri adalah pelindung sel dan keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

2. Sitoplasma                           = Cairan yang mengisi sel yang mengandung berbagai zat koloid. Fungs…