"SANTUY Ooi" Cara Mudah Belajar Compund Sentence

   Hi guys, Gimana kabarnya nih? Semoga selalu baik-baik saja ya gaes hehe. Oh ya gaes alhamdulillah kabarku baik-baik saja. Alhamdulillah sudah 3 hari saya magang di Kemlu gaes tepatnya di Direktorat Jendral Informasi dan Diplomasi Publik. Mungkin yang ingin tau bagaimana kok aku bisa magang di kemlu silahkan bisa klik disini. Hari ini aku baru saja mengikuti seminar dari Bapak Dr. Ahmad Yurianto selaku Juru Bicara Pemerintah RI untuk virus COVID-19. Beliau berkata hal yang terpenting adalah PHBS gaes, apa itu PHBS? PHBS adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, seperti menjaga lingkungan dan kondisi pola makan kita gaes. Beliau juga berkata hati-hati dengan banyaknya media yang memberikan informasi yang tidak valid seperti menyebabkan kita untuk membeli banyak masker dan bahan-bahan pokok. Hal ini juga menyebabkan logika rasional kita jadi hilang karena sebenarnya kita telah memiliki tradisi yang mengacu pada PHBS seperti, ketika kita terjangkit influenza, orang tua kita akan memberikan saran untuk tidak bermain dulu ke luar dan diberinya obat lalu bahkan kita juga dapat izin untuk pulang lebih cepat. So guys, jangan panik dan tetap jaga kesehatan ya.


    Sebenarnya kenapa kok virus ini baru ketahuan ketika sudah ada orang yang terjangkit? Karena memang itulah sifatnya virus yang seperti benalu gaes, jadi ga mungkin virus itu meminta izin dulu seperti aku ingin masuk ya hehe. Oh ya ngomong-ngomong tentang virus ini dari kemlu memiliki aplikasi yang dapat diakses yakni safetravel.kemlu, aplikasi ini menyediakan informasi tentang kondisi penyebaran virus corona yang berada di seluruh dunia, maka sangat bermanfaat untuk teman-teman yang ingin bepergian ke luar negeri nih. Oh ya gaes kok jadi panjang banget ya pembahasannya? hehe. Back to laptop gaes, kesempatan kali ini aku ingin berbagi tentang bagaimana sih cara mudah memahami Compound Sentence?. Compound Sentences are formed by combining two independent clause. Independent Clause merupakan kalimat yang dapat berdiri sendiri gaes. Kalau bahasa cintanya mungkin suatu hubungan itu ibarat kalimat yang harus disambungkan dengan Coordinating Conjunction atau kata penghubung agar tidak adanya salah paham gaes karena hubungan yang baik adalah hubungan yang saling menyambung satu sama lain dan saling mengerti. Looh kok jadi bahas tentang cinta ya? haha. Lalu apa saja sih kata penghubung itu? Yuk langsung saja simak SANTuY Ooi ini gaes.

1. S : So
2. A : And
3. N : Nor
4. T : buT
5. Y : Yet
6. O : Or
7. o : fOr

Berikut contohnya gaes

1. So
Dulo slept in the class, so Abah Yasin punished him (Dulo tidur di kelas, jadi Abah Yasin menghukumnya).

2. And
Irsa like strawberry ice cream, and she also like chocolate ice cream (Irsa suka es krim stroberi, dan dia jugaa suka es krim coklat).

3. Nor
Ogi has never visited Europe, nor have visited Japan (Ogi belum pernah mengunjungi Eropa, juga belum mengunjungi Jepang.

4. But
Alvin needs to go to English course, but he feels so sleepy (Alvin harus pergi ke kursus bahasa inggris, tapi dia merasa sangat mengantuk).

5. Yet
Lastri doesn’t love him, yet he struggles with his pray (Lastri tidak cinta dia, namun dia berusaha dengan doa).

6. Or
We can go to Slamet mountain, or we can swim in Tirta Park ( Kita bias pergi ke gunung Slamet, atau kita bias berenang di taman tirta.

7. For
Alvin and Atika go to the beach, for they feel bored at home ( Alvin and Atika pergi ke pantai, karena mereka merasa bosan di rumah)

   Oh ya gaes di MELESAT atau Mengaji Selembar Speaking Activity Training juga mempelajarinya lewat lagu seperti berikut gaes, Oh ya gaes bagi yang mau ikut belajar bahasa inggris gratis bisa masuk ke link ini gaes https://chat.whatsapp.com/KYbR5gJ7l16H2SXKFdzGcg. Kami belajar bersama setiap hari jumat malam dan minggu malam gaes setelah maghrib. Penjelasan tentang compound sentence juga bisa dilihat di Youtube loh gaes yuk simak disini.

Yuk ayo kita belajar
Belajar compound sentence
Dua kalimat dihubungkan dengan SANTUY Ooi
So And Nor But
Yet Or For disatukan
Dapat disatukan menjadi SANTUY Ooi
Belajar inggris mudah jadi santuy aja..
Santuy Ooi Santuy Santuy Ooi. (Doraemon soundtrack)

    Gimana jadi lebih mudah kan gaes? hehe. Semoga kita selalu dapat menjaga lingkungan kita dan bisa bermanfaat untuk compound sentencesnya ya gaes. See ya gaes. Setelah membaca jangan lupa untuk memberikan kritik dan sarannya ya gaes hehe.

Posting Komentar

0 Komentar