ITIK ATLAS Kunci Magang di Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri

  
UIYEA (Universitas Indonesia Youth Environmental Action) Competition
     Asslamu'alaikum gaes, gimana kabarnya nih? semoga selalu dalam kondisi sehat dan ceria ya amiin hehe. Oh ya mohon maaf lama tidak update blog nih karena kesibukan belajar IELTS dan persiapan magang di kemlu. Kondisi yang serba bingung saat ini jangan sampai membuat kita panik ya gaes karena banyak sekali media yang memberitakan kondisi virus corona tidak sesuai dengan keadaannya. Jangan panik namun tetap waspada gaes, perbanyak makan sayur dan jaga kebersihan lingkungan gaes. Oh ya kok malah ngomongin corona ya hehe?. Kita harus saling peduli dengan lingkungan sekitar kita salah satunya melalui tulisan juga gaes hehe. Kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana sih cara magang di Kementerian Luar Negeri?.lalu berapa lama sih program magang di Kemlu ini?.

   Program magang berfungsi untuk mengasah kemampuan kita secara langsung di lapangan. Oleh karenanya setiap instansi memiliki program magang agar dapat menciptakan generasi yang lebih kompetitif dan berdaya saing minimal 2 bulan. Alhamdulillah saya mendapat kesempatan untuk magang di bagian Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri. Jalan yang berliku telah ku lalui untuk dapat mendaftar magang di Kemlu, pasalnya aku sendiri bingung antara apakah ingin melanjutkan kuliah S2 atau magang di Kemlu. Setelah aku keluar dari dunia perkuliahan, aku mencoba untuk mengurus program di komunitasku dulu yakni inovasi sosial dan lomba di kampus UI yakni UIYEA atau Universitas Indonesia Youth Environmental Action yang merupakan lomba inovasi juga namun tingkat Asia Tenggara. Akhirnya selama 2 bulan saya dan teman-teman mencoba untuk merancang dua proyek inovasi yakni Inovasi Sekolah Terasi (Tempat Rekreasi) dan Nampol (Nanam pohon online) and Touring (Tumbler and Piring). 

   Alhamdulillah pada saat lomba UIYEA kami bertiga Saya, Adji dan Qohar bertemu dengan salah satu juri dari Kemlu, disitulah kami mulai bertanya-tanya untuk bagaimana menjadi diplomat. Alhamdulillah ketika kami sudah presentasi paper kami yang berorientasi pada lingkungan akhirnya dapat menarik perhatian bapaknya, dimana kelompok kami hanya satu-satunya yang mempromosikan inovasi sosial yang lugas dan tidak bertele-tele. Karena beliau berkata bahwa ini inovasi yang nyata, berdampak dan tidak bertele-tele sambil memberikan applause. Selanjutnya, aku mencoba untuk mencari tau peluang untuk magang di Kemlu karena memang aku ingin menggapai cita-cita yakni menjadi seorang diplomat yang berorientasi pada lingkungan dan pendidikan. Aku mencari tahu infonya melewati bapak yang yang sempat menjadi juri di lomba tersebut. Alhamdulillah aku dapat infonya dan diajak untuk magang di bagian Diplomasi Publik. Setelah belajar IELTS selesai, aku langsung mengirim lamaran ke kantor Diplomasi Publik. Alhamdulillah aku mendapatkan respon positif dan melalui proses seleksi berkas dan wawancara.

    ITIK merupakan singkatan dari Inovatif dan Kreatif dalam situasi Pelik. Ketika aku dihubungi oleh beliau, lalu beliau berkata lamaranmu ada di posisi ke-18 dan untuk magang di Kemlu hanya dibatas 5 orang. Pada saat itu aku hanya menyerahkan semuanya pada Allah dan selalu berbincang sama mbah atau nenekku. Ketika aku sampai di Jakarta, aku ditawari mengisi pengajian ibu-ibu jam'iyah Jami'ul Huda yang sebenarnya akan disampaikan oleh Pamanku yang berada di bandung, kebetulan beliau tidak dapat hadir karena ada kegiatan mendesak. Akhirnya aku niatkan untuk berbagi mengenai Niat dan Ikhlas. Pada saat itu nenekku bilang bahwa sabar saja kalau sudah rezeki mah pasti ada jalannya, apalagi sudah bisa membuat ibu-ibu tertawa itu insyaallah berkah. hehe ya mbah amiin, sahutku. Pasalnya aku memang agak pesimis, dimana lamaranku berada di posisi ke-18 dan yang diterima hanya 5 orang. Mungkin saja masih banyak lagi setelah lamaranku. Pada saat itu aku berpikir bahwa Niat dan Ikhlas atau ATLAS menjadi jalanku menggapai magang tersebut. Jadi dari ITIK kita belajar jadi generasi Inovatif dan Kreatif dengan ATLAS atau memiliki Niat yang baik dan Ikhlas.  Minta doanya gaes semoga magang saya yang akan dimulai pada hari Senin 9 Maret 2020 berjalan lancar dan berkah amiin. Semoga cerita ini dapat bermanfaat dan berkah amiin.

  

Posting Komentar

0 Komentar