Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sel

   Selamat malam sob :).Gimana kabarnya nih? Pasti baik bukan?? heheheh. Sambil nonton copa van java, Lebih enaknya saya berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Sel". Oh ya, Udah pada tau belum apa itu sel sob?,hehehhe :). Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup sob. Sebelumnya saya ingin cerita sedikit dulu tentang sel ini sob.Jadi misalkan pedang sob, Kan ada tuh bagian lancipnya sob, Nah sel juga sama seperti bagian runcingnya itu sob. hehehhe :).

   Mau tau ada berapa bagian dari sel itu? Dan apa saja fungsinya??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Membran Sel                      = Membran sel sering disebut membran plasma yang bersifat semipermeabel. Artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu. Fungsi dari membran sel itu sendiri adalah pelindung sel dan keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

2. Sitoplasma                           = Cairan yang mengisi sel yang mengandung berbagai zat koloid. Fungsi dari sitoplasma sendiri adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel.

3. Inti Sel (Nukleus)                 = Nukleus biasanya berbentuk oval atau bulat yang berada yang berada di tengah-tengah sel. Fungsi dari nukleus itu sendiri adalah sebagai pusat pengatur kegiatan sel.

4. Retikulum Endoplasma (RE) = Struktur benang-benang yang bermuara di inti sel (nukleus).Ada 2 macam RE,RE halus dan kasar.RE halus adalah untuk mensintesis lipid, glikogen, kolestrol, dan gliserida, Sedangkan fungsi dari RE kasar sendiri adalah mengumpulkan protein dari dan ke membran sel.

5. Ribosom                              = Berbentuk butiran-butiran bulat. Fungsi dari ribosom sendiri adalah sebagai tempat untuk sintesis protein.

6. Badan Golgi                          = Kumpulan ruang, gelembung kecil dan kantong kecil yang bertumpuk-tumpuk. Fungsi dari badan golgi sendiri adalah sebagai alat (sekresi) protein dan lendir maka disebut organel sekresi

7. Mitokondria                           = Memiliki membran dalam dan luar, yang berbentuk seperti cerutu dan berlekuk-lekuk(Krista).Fungsi dari mitokondria sendiri adalah sebagai penghasil energi sehingga diberi julukan "The Power House"

8. Lisosom                                 = Kantong kecil yang bermembran tunggal yang mengandung enzim pencernaan. Fungsi dari lisosom sendiri adalah mencerna bagian-bagian sel yang rusak

9. Vakuola                                 = Ruangan yang terdapat di dalam sel. Vakuola mengandung garam organik, glikosida, butir pati, dan enzim. Fungsi dari vakuola sendiri adalah mengisi cadangan makanan dan pigmen.

10. Plastida                                = Badan bermembran rangkap yang mengandung membran tertentu. Plastida hanya terdapat pada sel tumbuhan. Ada tiga jenis plastida yaitu lekoplas, kloroplas, dan kromoplas. Lekoplas yaitu plastida yang berwarna putih yang berfungsi sebagai penyimpan makanan. Kloroplas yaitu plastida yang mengandung pigmen warna hijau. Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen, seperti karotin(kuning), fikodanin(biru), fikosantin(kuning), dan fikoeritrin(merah)

11. Sentrosom                            = Struktur berbentuk bintang. Fungsi dari sentrosom sendiri berfungsi dalam pembelahan sel (mitosis maupun metosis).

   Duh banyak banget ya sob ?? Pusing bukan untuk mengingatnya?? hehehe :)
Jangan risau sob, saya akan membagikan cara mudah untuk mengingatnya sob :)
Langsung aja cekidot :)

MeSi Intip Edo dan BonDan sambil meMiLih Lada bareng doSen

Me = Membran Sel
Si    = Sitoplasma
Inti  = Inti Sel (Nukleus)
Edo = Retikulum Endoplasma
Bo   = RiBosom
Dan = BaDan Golgi
Mi   = Mitokondria
Li    = Lisosom
La   = VakuoLa
Da   = PlastiDa
Sen  = Sentrosom

Semoga Bermanfaat :)

Posting Komentar

6 Komentar

SANG PEMBELAJAR mengatakan…
Nice Inpo Sob...
Absen rutin Sob di mari,
Kenapa dg bLognya Gan??? koq sempit gini???
Oia, Share : MP3 Kisah Inspiratif Bag. X, mohon direview ya Sob... Thanks, Salam bLogger
vlog media news mengatakan…
Menarik nih artikelnya untuk di simak
Fahed Syauqi mengatakan…
Ya sob, hehehe
sengaja sob, heheh
terimakasih dah berkunjung :)
Fahed Syauqi mengatakan…
ya sob.. :)
terimakasih dah berkunjung :)
Unknown mengatakan…
Makasih atas bantuannya ini membantu sekali untuk menghapal tugas online saya