"POTATO" cara mudah kuasai Writing Task 1 IELTS 5 Menit

  
https://imgbin.com/png/Xh0MtAZV/russet-burbank-yukon-gold-potato-vegetable-png 
    Assalamu'alaikum gaes, gimana kabarnya nih? semoga selalu dalam kondisi baik dan bahagia amiin. Sambil menikmati sore hari di pare baiknya mungkin kita berbagi dulu nih. sore ini aku mau berbagi tentang bagaimana sih cara menguasai "Writing Task 1" mudah pada tes IELTS nanti?. btw sekarang aku lagi belajar IELTS di pare gaes. Aku tipe orang yang susah belajar tata bahasa suatu bahasa karena bahasa hati yang utama hehe. Oh ya by the way apa sih IELTS itu? apakah suatu minuman berdarah dingin? atau makanan yang memiliki sarang? hehe ya semacam itulah gaes. Jadi IELTS adalah International English Language Testing System yang diselenggarakan oleh University of Cambridge di Inggris. Lalu apa yang membuat IELTS ini lebih sulit gaes?, ya sebenarnya sih tidak ada hal yang sulit di dunia ini, if we have a strong effort gaes atau kalau kita memiliki usaha yang keras.

   Alright gaes, lalu apa yang membedakan antara TOEFL dan IELTS?. Hmm manakah yang lebih pedas? hehe. Yup gaes keduanya sama-sama tes bahasa inggris namun berbeda lembaga yang mengadakannya. IELTS itu dari Inggris tetapi TOEFL atau Test Of English as Foreign Language ini berasal dari logat Amerika Serikat gaes. Oh ya gaes IELTS ini memang biayanya lebih mahal gaes, oleh karenanya kita harus mempersiapkannya lebih baik gaes. Jadi gaes kesempatan kali ini aku ingin berbagi tentang bagaimana sih cara mudah menguasai "Writing Task 1" dengan mudah?.
Yuk langsung saja cekidot caranya gaes..
Jadi POTATO itu singkatan dari

1. P : GraPh?
2. O : Overview
3. TA : DeTail 1
4. TO : Detail Two (2)

   Jadi gaes jika kita ingin menulis di IELTS itu biasanya kita membaca suatu diagram dan menjelaskan atau membandingkan diagram tersebut. Oleh karenanya kita harus tau dulu jenis dari graph atau diagram itu?. Jenisnya itu diantaranya Pie, Digram, Bar, Chart dll. Setelah itu kita biasa membuat Overview atau Penjelasan secara ringkas dari diagram tersebut gaes, ingat gaes jangan sampai kita masukkan jumlah atau persen dari diagram tersebut namun hanya membandingkan dulu mana yang lebih banyak atau sedikit. Jangan lupa juga gaes kita paraphrases atau mengubah judul dari diagram tersebut ke sebuah tulisan. seperti contoh dibawah ini judulnya ialah U.S Energy Consumption by Fuel (1980-2030) menjadi The line graph shows energy consumption by fuel type in the United States from 1980-2008. Contohnya sebagai berikut

https://www.ieltsadvantage.com/2015/05/13/ielts-task-1-overview/
Source : Cambridge English IELTS Past Paper


   Nah setelah kita melihat menjelaskan secara ringkas, selanjutnya kita dapat menjelaskannya detailnya yang bisa dibagi dua detail yakni detail 1 dan 2 yang berada tepat dibawah overview gaes. Oh ya dalam membaca diagram sangat berkaitan dengan naik turunnya suatu diagram, maka saya sudah mencoba membuat suatu cara yang dapat memudahkan memilih kata" untuk supaya lebih keren nih gaes. yuk langsung saja simak gambarnya gaes.

    Silahkan gaes bisa dibuat sekreatif mungkin penjelasannya dengan kata-kata diatas gaes supaya  kita tidak cuma tau "Increase" dan "decrease" ya gaes, hehehe. Mungkin itu saja yang dapat saya ceritakan pengalaman belajar IELTS dengan mudah di #englishstudiopare gaes. Yuk terus belajar dan jangan lupa untuk berbagi ke sesama. I wish it could be usefull for us. See you guys.

Posting Komentar

0 Komentar