"BIJI PADI" Cara mudah menaklukkan Writing Task 2 IELTS

    
Caping si penanam padi
Hi gaes, gimana kabarnya nih? semoga selalu dalam keadaan baik-baik saja ya. amiin. Oh ya gaes sambil main PS lebih baik kita berbagi dulu nih. Kesempatan kali ini aku ingin berbagi tentang gimana sih menaklukkan writing task 2 di IELTS?. Yup sebelumnya aku udah jelasin apa itu perbedaan IELTS dan TOEFL di postingan sebelumnya. Jadi IELTS itu mempunyai writing task 1 dan 2 nih gaes. writing task 2 itu bagaimana kita menyusun argument atau dalam bahasa gaulnya itu pendapat kita gaes tentang suatu masalah gaes. In this gold opportunity aku ingin mencoba berbagi gimana sih cara supaya pendapat kita menjadi rapih dan asyik dilihat gaes?. Yuk langsung saja simak berikut ini gaes..

    Writing task 2 itu kita harus bisa breakdown idea dulu nih gaes. apa sih itu breakdown idea? breakdown idea itu kita cari dulu apa yang ingin kita tulis gaes. jadi semisal gini gaes dalam suatu masalah tentang apakah olahraga yang memiliki kekerasan harus dihentikan? Nah disitu kita dapat mengambil dua aspek penting yakni dalam segi physical damage dan children damage. Nah disitu kita harus dapat membagikan dulu apa saja yang ingin dijelaskan pada physical damage dan children damage. Alhasil bisa didapatkan sebagai berikut gaes. Ingat gaes yang sebelah kanan itu physical damage dan children damage sebelah kiri ya. Yuk simak gambar berikut gaes.
Mr Edi's Explanation about how to breakdown the idea

   Ide sudah didapat nih gaes, selanjutnya kita harus dapat memparafrase atau merubah susunan judulnya gaes. Setelah sudah melakukan hal tersebut, kita masukkan 2 ide kita itu gaes ke dalam argumen kita apakah agree atau disagree gaes. Setuju atau ga nih? hehe. Setelah itu kita jelaskan kembali 2 ide itu dalam dua paragraf ya gaes, ingat jangan sampai ketuker-tuker ya ide 1 itu di paragraf satu dan begitu pula sebaliknya. Oh ya gaes hampir kelupaan nih. Jadi didalam body paragraf atau penjelasan ide 1 dan dua itu kita harus ada 3 unsur penting gaes yakni, thesis statement, reason and example. Kenapa harus seperti ini? karena gaes hal ini dapat membantu pembaca lebih mudah mengerti apa yang kita tulis nih gaes.

  Tak terasa kita sudah dipenghujung tulisan nih gaes, selanjutnya kita harus membuat conclusion atau kesimpulan. Bagaimana membuatnya? sangat mudah gaes. Jadi kita parafrase kembali ide 1 dan 2 di body paragraf nih gaes. Oh ya gaes usahakan 3-4 kalimmat ya gaes. Karena kesimpulan itu yang bisa memperindah tulisan kita dan lebih asyik dibaca nih gaes. Oh ya mungkin masih bingung ya? lalu gimana sih caranya mudah menaklukkannya? pastinya aku coba buat singkatan nih gaes yakni BIJI PADI..

BI : Breakdown Idea
PAD : Body Paragraph sAtu dan Dua
I : ConclusIon

   Oh ya terimakasih banyak kepada mrs Elsa dari #englishstudiopare yang telah sabar menghadapi murid-murid mu yang kreatif ini hehe. Semoga semua yang telah diberikan dapat bermanfaat dan berkah ya mrs. Jangan lupa ya gaes banyakin practice supaya perfect deh tulisannya hehe. Contohnya mungkin seperti ini gaes yang saya pelajari dari mr Edi as owner of english studio gaes.





Posting Komentar

0 Komentar