"GaMBLang" Cara Membentuk Pemimpin Gemilang

  
Kreasi dari tangan Pemimpin Gemilang
   Assalamu'alaikum gaes gimana kabarnya nih?. Semoga selalu dimudahkan langkahnya dalam segala hal ya gaes. amiin. Oh ya gaes maaf nih baru update lagi hehe. Sudah lama blog kesayangan ku bersarang gaes hehe. Oh ya gaes alasan ku jarang update lagi ya karena memang focus skripsweet nih gaes. Alhamdulillah skripsweet sebentar lagi selesai gaes, hanya saja bimbingannya yang masih menunggu kepastian bapak pembimbing tercinta hehe. Malam hari yang ramai ditemani lagu dangdut paling enak kita berbagi dulu nih gaes hehe. Kesempatan kali ini aku ingin berbagi bagaimana sih cara mudah membentuk pemimpin ?. Ayoo ada yang tau apa itu pemimpin?. Apakah pemimpin itu ibarat pohon dengan tangkainya? atau bunga yang dapat mekar di sore hari?. Yups pemimpin lebih dari itu gaes. Kalau menurutku sendiri pemimpin adalah orang yang bisa memberi teladan yang baik dengan GaMBlang atau jelas kepada orang yang dipimpin gaes, hehe*alaah ngomong opo toh.. hehe
   
Inovasi SELINGKUH : Selamatkan Lingkungan dari SampaH
   Aku belajar kepemimpinan dari mulai ku menginjak kaki di Madrasah Aliyah Alhikmah 2, dimana pada saat itu aku diberi amanah untuk mengawal pasukan EDS atau English Department Student. Kalimat yang paling aku kenang dan resapi saat ini adalah ketika brother Agung selaku kakak kelas memberi arahan bahwa setiap diri kita adalah pemimpin, maka dari itu ketika kita ingin menjadi pemimpin yang baik, kita dapat mempraktekkannya terlebih dahulu lalu mengajak teman-teman kemudian. Seperti halnya contoh kecilnya ketika kita mengajak untuk piket atau bersih-bersih kamar, ya kita nyapu dulu, sembari nyapu kita bisa mengajak teman-teman kita. Pak Haryadi dalam acara "Bumi Cantik tanpa Plastik" pun pernah berkata 1 teladan lebih baik daripada 1000 nasihat. Oleh karena itu terkadang memberi teladan lebih sulit ketimbang memberi 1000 nasihat.
Inovasi Gerik atau Gelas Piring Unik
   Belajar kepemimpinan tidak akan pernah berakhir, karena masalah di dunia ini sangatlah kompleks. Setiap masalah hendaklah kita diskusikan dengan baik untuk mencari solusinya. Salah satu cara dalam menghadapi masalah yakni dengan "Motivational Approach" atau pendekatan yang saling memotivasi satu sama lain. Contoh kecilnya saja ku belajar banyak dari tim berlin, dimana ketika setiap ada masalah kita selalu mengadakan kopdar atau kopi darat, dimana kopdar ini berharap masalah diselesaikan dengan kepala dingin dan akan memberikan solusi atau inovasi yang berkelanjutan. Lalu apa sih manfaat dari kopdar ini?. Kopdar dapat bermanfaat untuk menyatukan hati dan pikiran agar nantinya berujung dengan kekompakan.
Alhamdulillah Juara 2 Lomba Bersih-Bersih Sungai Nasional yang diraih oleh kader muda Berlin 
   Kopdar selalu memberikan warna baru dari setiap diskusi, adakalanya keluhan, cacian, gertakan, luapan perasaan dan lain-lain. Kopdar ini memang cara efektif dalam menghadapi masalah dimana terdapat poin-poin penting yang dapat dirangkum dengan satu kata yakni "GaMBLang", dimana setiap masalah dapat diselesaikan bertahap melalui setiap perasaan manusia, dimana hasilnya akan menentukan solusi yang jelas dalam setiap persoalan. Penasaran apa itu GamBLang"?. Yuk langsung saja check it out gaes hehehe.
KOPDAR atau Kopi Darat sarana diskusi berlin

1. Ga = Gandeng
Mobil truk aja Gandengan, masa kamu ga? hahaha. Maksudnya lebih dari itu gaes, Setiap masalah memang akan merenggangkan tali persaudaraan. Namun dengan rasa saling mengGandeng, maka kelompok tersebut lambat laun akan kembali bersatu dengan tujuan yang baik yakni dapat memberikan manfaat untuk kemaslahatan umat dengan dilandasi ruh keikhlasan dari setiap individu.
Alhamdulillah menjadi salah satu inovasi Jabar Juara
2. M = MAU
Ketika ruh tersebut sudah saling terkait, maka akan timbullah kemauan untuk menjadi lebih baik. Gus Miftah pernah berkata setiap orang baik punya masa lalu dan orang belum baik punya masa depan. Oleh karena itu setiap orang memiliki kesempatan yang sama yakni menjadi orang yang lebih baik gaes. 
Kami belum baik, tapi kami berusaha untuk menjadi lebih baik

3. B = Bimbing
Kemauan akan berkembang ketika selalu dibimbing dengan lahir dan batin yang kuat. Aku belajar dari tim berlin bahwa bimbingan lahiriyah saja belum cukup, oleh karena itu kita bareng-bareng belajar sholat secara jama'ah dan sholawat yang dipancarkan ke seluruh alam. Karena seperti yang pernah dikatakan oleh mang Owi bahwa batin pun harus selalu dipompa agar semangat hidup bukan sekedar hidup, dimana hidup itu sebenarnya bukan tempat tinggal tapi hidup adalah tempat kita meninggal. 
FKB : Forum Kajian Berlin, dimana kami belajar Ta'lim Muta'alim

4. Lang = Lalu KembAngkan
   Pemimpin yang baik adalah yang selalu memiliki inovasi dan kreasi, dimana inovasi menurut Bill Gates sang pemilik perusahaan besar Microsoft berkata Inovasi membedakan antara pemimpin dan pengikut. Oleh karenanya inovasi harus tetap berjalan seiring dengan perkembangan zaman. Semenjak aku bergabung di tim berlin, banyak inspirasi yang aku dapatkan dan kita diskusikan sehingga menghasilkan inovasi yang dapat bermanfaat bagi kemaslahatan umat. 

   Alhamdulillah kami sudah berjalan kurang lebih 2 tahun. Sekali lagi kami ucapkan beribu-ribu terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kami terutama para Pembina kami. Semoga apa yang kita cita-citakan dapat tercapai yakni menjadi manusia yang bermanfaat bagi agama dan bangsa amiin. Karena Vince Lombardi mengatakan "Leaders are made, they are not born" atau bisa kita artikan "Pemimpin adalah seseorang yang terbentuk dari giatnya usaha yang ingin dicapai bukan seseorang yang sudah dilahirkan sejak kecil". Semoga bermanfaat dan berkah amiin. Sampai jumpa gaes di postingan berikutnya hehe.

Posting Komentar

0 Komentar