“GERIK” Langkah Tepat Kurangi Sampah Plastik

          
                Assalamu’alaikum gaes, gimana kabarnya nih? Semoga selalu dalam keadaan baik dan selalu semangat gaes. Alhamdulillah aku dalam keadaan sehat gaes. Sore hari diisi dengan bermain tenis meja dengan temanku membuat badan agak terasa letih, namun aku ingin sekali berbagi pengalaman lewat tulisanku lagi. Maaf sudah 1 bulan aku jarang aktif lagi di blog karena harus sering kopdar kesana kesini untuk berbincang bersama teman-teman mengenai masalah lingkungan yang ada di desaku. Alhamdulillah sekarang sudah mulai selow atau santai karena satu demi satu acara telah usai dan kami harus memikirkan langkah kedepannya agar tercipta sistem yang berkelanjutan. Oh ya gaes, pada tahun ini alhamdulillah kami memiliki satu program tambahan yakni GERIK. Apa itu gerik? Apakah sejenis gorengan hangat yang baru saja matang? Atau sejenis cilok yang harus dicolok? Hehe. Yup Gerik itu singkatan dari Gelas Piring Unik gaes.
                Salah satu cara mengurangi sampah plastik adalah dengan membawa tempat yang dapat dipakai berkali-kali. Dulunya gerik ini bernama boni atau botol unik namun setelah kami berdiskusi dengan guru-guru, penjual dan siswa-siswi disana, banyak dari mereka ternyata mengeluh akan harga botol yang kurang bersahabat dan masih ada sampah plastik yang biasanya dipakai untuk membeli makanan seperti gorengan, cilok dll. Akhirnya diputuskan untuk mengganti botol dengan gelas dan menambahkan piring untuk menggantikan sterofoan dan dibawa setiap hari oleh siswa-siswi Nurul Huda Japura Lor. Lalu apa sih singkatan yang bagus untuk gelas dan piring ini?. Alhamdulillah kami telah memutuskan untuk diberi nama gerik atau gelas piring unik hehe.
                Oh ya bagaimana sih cara menjalankan program ini ?. Caranya sangat mudah gaes. Kita harus ajak penjual dan guru-guru agar dapat menerapkan program ini gaes. Oh ya gaes dari program gerik juga dapat memakmurkan penjual loh. Kok bisa? Setelah kami hitung-hitung bersama guru-guru dan penjual disini penjual diuntungkan 7000 per 140 kali pembelian. Karena pedagang tidak perlu lagi menyediakan plastik, sedotan dan sterofoam. Dari keuntungan tersebut kami mengajak pedagang agar dapat beramal untuk memberikan hadiah kepada siswa-siswi yang membawa dan memakai gerik dengan cara memberikan es dan makanan gratis setiap 20 kali pembelian. Ingin tahu lebih lanjut bagaimana caranya agar dapat memberikan kenyamanan bagi semua pihak yang ada di sekolah? Yuk cekidot gaes..
1. Bintang Semangat
                Apakah teman-teman pernah merasa sangat minimnya apresiasi bagi orang yang peduli lingkungan?. Yup kami pun sangat merasakan hal tersebut. Sudah banyak sekali aturan dan sangsi yang pemerintah terapkan, namun apakah ada apresiasi untuk orang yang peduli lingkungan? Yup kita kadang jarang sekali menemukan hal tersebut. Maka disini tim berlin mengajak adik-adik untuk membawa gerik dan ketika mereka membawanya maka mereka akan mendapatkan bintang semangat lalu dapat ditukarkan ke pedagang yang sudah diajak kerjasama.
2. HATIKU
                Apa itu hatiku?. HATIKU adalah Hari Kreativitas Ku. Disini kami akan mengajak adik-adik untuk mendaur ulang sampah menjadi barang-barang yang dapat berguna bagi lingkungan seperti adanya aksesoris kelas, eco brick, dan lain-lain. Kami mencoba untuk mengadakannya seminggu sekali agar adanya terus silaturahmi antara tim berlin, guru-guru, pedagang dan siswa-siswi. Kami sangat berharap dengan adanya HATIKU per minggu dapat meningkatkan kreativitas anak-anak dan meningkatkan kesadaran untuk selalu menjaga lingkungan sekitar.
                Jadi hanya ada 2 cara ya gaes yakni, Bintang Semangat dan HATIKU. Semoga program gerik dapat diterapkan di sekolah-sekolah lainnya agar dapat mengurangi sampah plastik. Karena untuk mengurangi sampah itu harus bergerak dengan hati dan saling mengapresiasi agar dapat menciptakan lingkungan yang indah dan asri.

               

Posting Komentar

1 Komentar

Amouy mengatakan…
JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
HANYA DI HTTP :// WWWARENADOMINODOTPOKER
BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .