Winter Tips Menjadi Pemuda Hebat



Semangat Pemuda dikala Winter
Assalamu’alaikum guys, gimana kabarnya nih? Alhamdulillah aku hari ini dalam keadaan baik tapi agak sedih gaes, karena sebentar lagi aku akan meninggalkan SIAS International University, dimana SIAS telah memberikan banyak hal yang tidak akan pernah aku lupakan,hehe. Sambil dengar musik akustik dan memandangi langit cerah lebih baiknya kita saling berbagi yuk. Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi cerita tentang bagaimana sih seorang pemuda ketika dilanda cuaca dingin atau dalam Bahasa Inggrisnya itu Winter. Alhamdulillah aku baru saja mendapatkan amanah sebagai pengurus PSDM atau bagian sumber daya manusia di KOPHI (Komisi Pemuda Hijau) Yogyakarta, dimana ketika kita bicara tentang sumber daya manusia, pasti kita berbicara tentang peran para anggota dan pengurus lainnya, dimana semua anggota dan pengurus di KOPHI merupakan para pemuda hebat yang ingin berkontribusi dalam menjaga lingkungan agar lingkungan kita dapat terus lestari.

Ketika kita berbicara tentang sumber daya manusia, pastilah kita tidak akan jauh bicara bagaimana peran pemuda di era milineal ini?, Apakah para pemuda Indonesia telah membuat bangsa Indonesia semakin baik? . Jawaban tersebut sebenarnya berada di hati kita gaes. Mari kita mencoba untuk bertanya pada diri kita ini, Kita sebagai pemuda, apa yang telah kita berikan bagi bangsa?. Setiap pemuda memiliki kesempatan yang berbeda dalam meningkatkan potensinya. Tapi pastilah kita sebagai pemuda sangat ingin memberikan hal yang bermanfaat bagi bangsa kita walau sekecil apapun. Oleh karena itu para pemuda harus mampu selalu berinovasi agar dapat membuat bangsa kita lebih baik lagi gaes.

Musim dingin atau Winter season pun telah tiba, namun apakah musim dingin ini membuat kita pemuda akan membeku? Atau akan menghalangi setiap apa yang kita impikan?. Jawabannya adalah tidak. Ketika ku memandangi langit dan merasakan dinginnya udara disini, Ku selalu teringat akan perjuangan teman-teman Berlin, MSM, dan U-FEEM. Kehangatan dalam jiwalah yang dapat memecahkan dinginnya udara disini, Kehangatan inovasi dan kontribusi dari merekalah para pemuda yang dapat membuat diri ini terus bergerak, dan Kehangatan seyuman merekalah yang membuat diri ini selalu tersenyum walau terkadang banyak masalah datang. Tersenyum dan kesempatan dapat bergerak bersama merekalah yang terus menghangatkan jiwa ini. Dalam kesempatan kali ini aku ingin berbagi sedikit tips bagaimana sih peran seorang pemuda ketika menghadapi musim dingin. Dimana disini ada singkatan yang bisa kita gunakan dalam kehidupan kita gaes. Singkatan itu ialah diambil dari kata Bahasa Inggrisnya musim dingin, ayoo apa? Yupz betul sekali gaes jawabannya adalah WINTER, Langsung saja yuk simak apa sih WINTER itu?

1. W = Manfaatkan Waktu

                Musim dingin telah membuat setiap waktunya dingin gaes,hehe (ya lah bro). Kekeringan kulit yang selalu menjadi kendala kita saat kita ingin pergi keluar kamar, jadi kita biasanya memakai sarung tangan yang tebal gaes. Walaupun setiap waktunya dingin disini, tidak sedikit dari kita juga jogging atau berolahraga di dalam ruangan olahraga seperti tenis meja, basket, dll. Jadi hal penting yang aku dapatkan disini ialah ketika waktu itu berubah, maka jangan ubah kebiasaan baik kita seperti selalu belajar menjadi lebih baik. Karena sejatinya waktu ibarat pedang, jika kita tidak mampu memanfaatkannya maka waktu akan menebas kita.

2. In = Perbanyak Inisiatif

                Pada musim dingin biasanya banyak dari kita hanya tinggal di kamar dan bermain handphone kita, lalu bagaimana kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik jikalau waktu kita hanya dihabiskan didalam kamar tanpa arah dan tujuan. Maka dari itu kita sebagai pemuda harus lebih memiliki inisiatif dalam memanfaatkan waktu. Setiap pemuda pasti memiliki inisiatif yang hebat namun terkadang kita tidak ingin melakukannya karena mungkin banyak tanggapan yang buruk dari teman kita. Tapi itu sebenarnya hanya anggapan kita saja karena aku pun pernah mencoba membuat gerakan baru untuk berlin lalu aku unggah di Instagram, lalu apa tanggapan netizen? Mereka suka dan mereka mulai menyadari akan pentingnya kebersihan. Awalnya ku beranggapan gerakan ini akan membuat ku malu, namun ku harus paksa diri ini, selagi inisiatif itu baik mengapa tidak?. Maka jangan pernah ragu untuk bertindak selama itu dapat bermanfaat bagi banyak orang.

3. Ter = Selalu Tersenyum

                Senyum itu ibadah gaes, maka ketika kita bertemu dengan siapapun maka tersenyumlah. Karena tersenyum dapat meringankan masalah kita gaes. Ketika ku mengikuti lomba tenis meja disini, Sayangnya aku belum mampu menjadi juara dalam pertandingan tersebut, lalu ku hanya dapat tersenyum dan memberikan semangat kepada teman-teman yang lainnya. Alhamdulillah dari tersenyum itu pun ku dapat mengenal mereka lebih dekat dan ku dapat banyak pelajaran berharga tentang bagaimana bermain tenis meja yang baik dan benar. Alhamdulillah ketika pertandingan ku berakhir, pelatih tenis meja disinipun tidak mengecilkan hatiku, mereka sangat mengapresiasi usaha ku dan mengajak ku untuk latihan bersama mereka. Hal ini membuktikan bahwa ketika kita selalu bersyukur dan tersenyum disetiap perjalanan kita, pasti akan ada hikmah yang kita dapat.

Posting Komentar

0 Komentar