Tips Menjadi Mahasiswa Produktif


         Assalamu’alaikum gaes, gimana kabarnya nih? Semoga dalam kondisi yang sehat dan semangat. Oh ya gaes, hari ini aku sangat senang karena alhamdulillah dapat diberi kesempatan menjadi Outstanding Student atau mahasiswa terbaik di SIAS International University. Awalnya aku pun tak percaya, karena aku hanya mahasiswa yang serba ingin tau dan memiliki banyak teman. Akhirnya aku pun mencoba apa yang ingin aku tau, seperti berlatih tenis meja, bermain bola sampai ikut aktif dalam kegiatan menulis. Outstanding Student dipilih karena melihat dari keaktifan seorang mahasiswa. Pada saat itu aku pernah mengikuti lomba tenis meja, namun sayangnya aku belum dapat kesempatan menjadi juara sampai mengikuti lomba sepakbola pun aku belum berhasil menjaga mulut gawang yang terlampau lebar dan hanya puas di posisi ke 4. Tapi gaes, semua itu adalah proses kita. Ketika aku belum dapat juara, orang tua ku selalu berkata “yasudah pokoknya juara satu dari bapa, jadi santai saja ogi mah mau lomba apa saja pasti juara satu dari bapa,haha”. Kalimat itulah yang selalu bapa ucapkan ke anaknya. Alhamdulillah aku dapat terus belajar dari kekalahan dan mendapatkan banyak pengalaman dari berbagai pertandingan. Karena bagiku itulah yang dinamakan Proses. Proses itu diibaratkan langkah gaes, ketika kita terus melangkah namun suatu saat kita terjatuh, bukan berarti langkah kita tidak berguna, tapi dari langkah kaki itu kita belajar untuk dapat terus memperbaikinya.
Pada malam yang gembira ini, aku ingin berbagi tips tentang bagaimana menjadi mahasiswa yang produktif. Tips ini mungkin sudah pernah aku ceritakan di dalam postingan setahun yang lalu, ketika ku masih tinggal di asrama unires. Namun ku hanya ingin menambahkan sedikit tips yang ku alami saat ku belajar di SIAS. Oh ya gaes, apa sih arti dari produktif itu sendiri?. Apakah mahasiswa yang selalu bermain sampai lupa belajar? Atau mahasiswa yang belajar sampai lupa bermain?. Yup, jadi menurut ku produktif itu seorang mahasiswa yang dapat bermain sambil belajar dan dapat belajar sambil bermain. Yup jadi ketika kita dapat belajar sambil bermain, maka apa yang kita pelajari dapat mudah diingat. Jadi ketika kita sudah mulai penat dengan rutinitas yang selalu belajar, maka cobalah menghirup udara segar di luar dan kembangkanlah hobi kita dengan cara bermain bersama teman-teman kita. Setelah kita sudah tau makna dari produktif, maka yuk kita simak tips 3S Tomat Hangat berikut agar kita dapat terus produktif dalam kehidupan kita
1. 3S = Senyum, Sapa, dan Salam
                Allah menciptakan makhluknya dengan beragam macam sifat. Maka dari itu bagaimana cara kita mengerti sifat-sifat mereka?. Yup salah satu caranya ialah dengan 3S yakni Senyum, Sapa dan Salam. Aku bertemu dengan teman-teman dari berbagai negara, mereka memiliki sifat yang sangat beragam. Salah satunya adalah teman ku yang dari Rusia. Kami tinggal di satu kamar. Orang-orang barat cenderung memiliki sifat yang ingin menyendiri dan berbicara “straight to the point”, artinya ketika mereka terganggu mereka akan mengungkapkannya langsung tanpa basa-basi. Pada suatu ketika mejanya sangat berantakan, alhasil ketua lantai pun memperingatinya melewati grup dan dia pun bilang itu hidup saya, maka urusin saja hidup mu sendiri. Alhasil responnya pun sangat mengecewakan. Oleh karena itu paginya aku langsung membereskan mejanya dan aku ambil gambar meja itu telah bersih. Aku mengatakan bahwa ku merasa terganggu dengan bau bekas botol minuman yang lama tidak dibuang. Akhirnya dia pun menghampiriku dan meminta maaf tidak akan mengulanginya lagi. Disini aku dapat pelajaran bahwa orang barat itu sangat respect ketika kita pun dapat bertindak tanpa basa-basi. Jadi itulah gaes pentingnya saling berkomunikasi dan mempraktekkan 3S.
2. Tomat = Tolong, Maaf dan Terimakasih
                Ketika kita ingin meminta bantuan kepada teman-teman kita. Maka cobalah mengawalinya dengan kata Tolong. Karena ketika kita mengawalinya dengan kata tolong, maka teman-teman kita pun akan lebih memahami apa permintaan kita dan akan lebih semangat dalam membantunya. Begitu juga dengan kata maaf. Pada saat kita memiliki kesalahan dengan teman-teman kita. Maka ungkapkanlah permintaan maaf dengan hati yang tulus. Karena terkadang kita enggan untuk meminta maaf karena mungkin itu perlakuan yang dianggap sepele. Jadi anggaplah semua kesalahan itu sama di hadapan kita dan ketika kita berbuat salah maka cepat-cepatlah untuk meminta maaf. Ketika ku bermain tenis meja ku mendapati hal yang berbeda dalam budaya. Pada saat itu aku sedang bermain tenis meja dengan Xiao dan bolanya keluar lapangan. Sontak ku langsung mengucapkan kata maaf dalam Bahasa China, namun Xiao mengatakan tidak perlu mengucapkan kata maaf, cukup saja dengan mengangkat tangan kanan sudah berarti meminta maaf. Dan pada saat itu aku mengerti budaya bermain tenis meja di China. Dimana mereka akan mengangkat tangan kanannya ketika ingin meminta maaf pada saat bermain tenis meja gaes. Tapi hati-hati gaes, jangan sampai kita angkat tangan kanan kita ketika kita memiliki masalah hati dengan teman kita hahaha. Mungkin ujungnya akan saling berkelahi karena sudah terlalu kesal haha. Maka ketika kita memiliki masalah hati, ungkapkanlah maaf menggunakan hati gaes. Lalu ada hal yang mungkin terlihat itu kecil, namun terkadang kita melupakannya. Apakah itu? Yup mengucapkan terimakasih. Terkadang banyak orang yang ketika mendapatkan bantuan, tapi lupa mengucapkan terimakasih. Kenapa kita dianjurkan mengucapkan terimakasih?.Karena kita hanyalah hamba yang lemah, maka kata terimakasih merupakan wujud rasa syukur kita yang telah diberi kehidupan baik oleh Allah Swt.
3. Hangat = Harus Semangat
                Terkadang kita mengalami kondisi dimana kita menjadi sangat malas dalam mengerjakan apapun. Yup malas itu seharusnya kita lawan gaes, dimana mungkin sudah sering kita terdengar perkataan Imam Syafi’I yakni bila kamu tak tahan penatnya belajar, maka kamu akan menanggung perihnya kebodohan. Maka ada makna tersirat yang dapat kita ambil gaes. Ketika kita sudah malas maka cobalah lawan malas tersebut atau luapkanlah rasa malas tersebut dengan mengembangkan hobi kita. Ketika ku merasa malas belajar, maka yang aku lakukan adalah bermain tenis meja dengan teman-teman china ku. Aku akan meminta teman ku untuk memberi ku kesempatan spin agar ku dapat mengalihkan rasa malas tersebut ke bola pingpong yang sedang berputar. Maka ketika kamu malas kembangkanlah hobimu gaes, apapun hobi itu. Dan cobalah alihkan rasa malas itu ke hobi kita, maka kita akan merasakan semangat baru saat kita belajar. Karena terkadang rasa malas itu timbul karena kita terlalu bosan melakukan satu kegiatan, maka cobalah lakukan banyak kegiatan agar hidup kita lebih berwarna dan rasa malas pun dapat segera sirna. Mungkin itu saja tips dari saya gaes, semoga bermanfaat, amiin.

Posting Komentar

0 Komentar