Dasi Danu Cara Mudah Mengingat Struktur Esai


             
Alhamdulillah Excellent Award in Essay Contest
               Assalamu’alaikum gaes gimana kabarnya nih? Semoga selalu dalam keadaan sehat amiin. Oh ya gaes alhamdulillah tepatnya hari Jumat 28 Desember 2018  baru saja diberi kesempatan mendapatkan Excellent Award in Essay Contest. Sebenarnya ku hanya ingin mencoba dan mencoba gaes. Karena penghargaan yang aku dapatkan tidak lepas dari puluhan kali aku mencoba ikut dalam berbagai lomba esai. Dalam benak ku masih teringat pada saat ku mencoba beberapa lomba menulis esai seperti yang diadakan oleh Youth Act for Nation atau YOUCAN, lalu ada juga beberapa lomba yang aku ikuti dari info yang ada di internet. Kenapa aku mengikuti lomba tersebut?. Selain usaha untuk meningkatkan kemampuan menulis ku, Ku juga tidak ingin suatu saat nanti aku hanya menjadi debu-debu yang tak dapat dihirup manfaatnya. Oleh karena itu ku teteskan sedikit tinta ke dalam tulisan agar suatu saat nanti ku dapat mengenangnya dan dapat memberi sedikit tetesan embun yang setidaknya dapat dimanfaatkan dikala hidup ku mulai rabun.
                Setelah beberapa puluh kali aku mencoba menulis esai, pertama kali esai ku diterima dalam suatu forum Youth Act for Nation dimana pada saat itu aku mengambil topik tentang Free Education in the Entire World atau Pendidikan gratis di seluruh dunia. Alhamdulillah aku diberikan kesempatan untuk mempresentasikan esai ku di Thailand bersama teman-teman ku yang berada di Jogja. Setelah kami berdiskusi akhirnya kami mengambil topik besar tentang pendidikan gratis dan membuat suatu wadah seperti komunitas untuk melaksanakan program tersebut. Komunitas tersebut kami beri nama House of You atau Rumah bagi Kamu. Ketika kami mempresentasikan esai kami yang sudah kami bentuk menjadi paper, kami merasa exited ketika banyak paper yang lebih baik dan keren. Alhasil kami belum dapat membawa pulang penghargaan apapun. Tetapi mulai dari situlah ku belajar untuk tetap melakukan yang terbaik. Ku yakin suatu saat ku dapat membawa suatu penghargaan di ajang lomba esai.
                Alhamdulillah Allah telah mengabulkan doa ku di waktu yang sangat tepat. Pada saat ku gagal dalam lomba menulis, ku terus bisikan dalam hati kecil ku, semoga bermanfaat dan dapat diberi kesempatan mengikuti lomba menulis lagi. Walau terkadang hati ku merasa kecewa, tapi aku yakin suatu saat nanti Allah akan memberikan kesempatan untuk ku menjadi orang yang beruntung. Pada saat ku menerima pesan dari teman ku tentang essay contest, aku sangat senang sekali, karena Allah lagi lagi telah mendengar doa ku yakni mengikuti lomba menulis lagi. Karena ku sudah sering gagal dalam menulis, maka aku tidak akan sia-siakan kesempatan baik ini. Akhirnya lomba ini mengangkat tema tentang Social Life and Study Abroad. Pada saat itu aku menulis tentang High Intelectuality but Less Morality, dimana maksud dari Less Morality disini adalah perilaku orang tiongkok yang terkadang berbeda dengan budaya kita yakni salah satunya masalah kebersihan. Akhirnya ku sedikit memberi saran untuk selalu mengajak pemuda untuk memilah dan menjaga kebersihan, serta membuat aturan yang tepat dalam mengajak seluruh mahasiswa akan peduli lingkungan.
                Dalam menyambut tahun baru ini, aku ingin sedikit berbagi tips nih gaes tentang bagaimana sih cara mudah mengingat struktur esai, yang terkadang kita sering lupa untuk membuat sebuah esai. Ohh ya gaes salah satu ciri-ciri esai juga yakni mempunyai ciri pribadi, maksud dari ciri pribadi ini adalah pengungkapan penulis sendiri tentang kediriannya, pandangannya, sikapnya, pikirannya dan dugaannya kepada pembaca. Dalam kesempatan kali ini aku ingin berbagi bagaimana cara mudah mengingat struktur penulisan esai. Aku biasa memanggilnya Dasi Danu, apa itu Dasi Danu? Yuk simak keterangan berikut.

DASI DANU

Da = PenDahuluan




Si = Isi


DaNu = Dan PeNutup
           Ohh ya gaes, contoh diatas sengaja aku ambil dari esai ku yang baru kemarin mendapatkan excellent award dalam ajang essay contest di SIAS International University. Esai biasanya ditulis minimal 5 paragraf ya gaes, jadi paragraf Utama itu pendahuluan, lalu kedua sampai keempat itu Isi dan terakhir penutup. Oh ya gaes, satu lagi yang harus diingat adalah sumber yang kita ambil untuk menulis esai itu jangan lupa dicantumkan ya..hehe.. Semoga artikel Dasi Danu ini dapat bermanfaat. Amiiin.

Posting Komentar

0 Komentar