BBM dan OLI Solusi Hadapi Cuaca Dingin di China


         Assalamu’alaikum guys, gimana kabarnya nih?, semoga selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan ya amiin. Oh ya gaes sebelumnya aku minta maaf karena sudah lama tak sempat posting, ada beberapa kendala yang ku alami sebelumnya gaes, oleh karena itu aku jarang update gaes, Alhamdulillah masalahnya sudah selesai dan mulai untuk update lagi gaes. Oh ya di SIAS minggu-minggu akhir ini sedang dalam cuaca dingin karena sebentar lagi masuk musim salju gaes. Suhu disini sampai menyentuh 8 derajat celcius, bisa dibayangkan gaes, jika kita taruh air minum yang kita isi dengan air hangat lambat laun akan menjadi dingin air tersebut, lalu kita akan mengalami kondisi dimana kita ingin terus buang air kecil,hehe. Dinginnya China tidak boleh menghalangi kita beraktifitas gaes. Oleh karena itu banyak orang yang memakai pakaian yang tebal atau dalam Bahasa Mandarin Hòu .Jadi gaes yang pertama yang harus dipakai itu jaket panjang atau dalam Bahasa Mandarin Yǔróngfú .Kita dapat membelinya di toko-toko terdekat disini atau di Taobao (toko online).  Lalu kalau dingin-dingin baiknya kita melakukan apa ya gaes?, Apakah kita tidur terus dikamar?, atau Makan terus yang hangat-hangat? Atau Berolahraga?. Yup gaes, semuanya bisa kita lakukan asalkan jangan tidur terus dikamar ya gaes, karena jika kita tidur terus dikamar lantas apa bedanya dengan tupai yang sedang berhibernasi?,hehehe. Pada kesempatan kali ini aku ingin berbagi tentang bagaimana sih solusi menghadapi cuaca dingin di China?, China mengalami musim dingin dimulai dari Awal November sampai dengan Januari. 3 Bulan ini biasanya banyak orang-orang yang kedinginan,haha ya karena musim dingin. Jadi bagaimana sih caranya supaya hidup kita tetap produktif ketika musim dingin datang?, Jadi solusinya yakni BBM dan OLI, Loh apa itu BBM dan OLI? Apakah tubuh kita disirami BBM (Bahan Bakar Minyak) lalu diberi sedikit OLI ??, haha. Bukan itu sob, Yuk Simak penjelasan berikut ini gaes,


1. B = Bangun Pagi Shalat Shubuh

Bangun Pagi tantangan paling berat bagi setiap manusia. Oleh karenanya ada peribahasa Jangan lupa bangun pagi, nanti rezekinya dipatuk ayam loh, untungnya di China tidak ada suara ayam, jadi rezekinya aman,hehe. Tapi memang benar adanya gaes, rezeki kita sudah ada yang ngatur, namun sholat shubuh itu sangatlah penting untuk selalu memperbaiki diri kita yang penuh dosa. Karena ku teringat dari kata-kata Guz Itmam sewaktu ku masih belajar di MA Alhikmah 2, Beliau selalu mengingatkan bahwa sholat shubuh itu jangan sampai telat, karena disitu tersimpan beribu-ribu nikmat jika kita dapat menjalaninya. Beliau pernah berkata jika kamu tidak dapat bangun pagi untuk shalat tahajud, maka sholat shubuhlah tepat waktu, Insyaallah Allah akan selalu meringankan beban kita. Oh ya gaes, dengan sholat shubuh tepat waktu, kita bisa melanjutkan aktifitas positif lainnya, seperti bersih-bersih, membaca Al-Quran dll. Jadi waktu kita lebih produktif.

2. B = Baca Al-Qur’an

Waktu yang baik untuk membaca Al-Quran salah satunya ialah pada waktu shubuh. Alhamdulillah aku merasakan sendiri, ketika ku membuka qur’an dan membacanya, walau air disini dingin, lambat laun aku pun tidak tau mengapa badanku terasa hangat ketika ku mulai berinteraksi dengan Al-Qur’an. Lalu ku pun berpikir, subhanallah mungkin inilah salah satu dari manfaat membaca Al-Qur’an. Aku pun teringat dari pesan orangtua ku yakni Walau ogi merantau jauh disana, Usahakan hati tetap dekat dengan masjid dan baca Al-Qur’an. Pesan yang ku emban selama ini memang sedikit berat, namun ketika ku menjalaninya dengan terus menerus, ku mulai sedikit demi sedikit terbiasa dan ku mendapati banyak manfaat, seperti ketika ku sedang banyak masalah baik disini ataupun di komunitas ku, Alhamdulillah selalu ada jalan untuk menyelesaikannya. Itu semua ku sangat yakin bukan karena ku yang pandai sebagai manusia, namun karena ku meluangkan waktu untuk baca Al-Qur’an, dan Allah memberikan waktu luang lebih banyak dan manfaat.

3. M = Minum Air Hangat

Biasanya ku minum air hangat setelah ku baca Al-Qur’an. Sangat dianjurkan untuk minum air hangat pada pagi hari, pada awalnya ku minum setelah bangun tidur itu terasa aneh gaes, tapi setelah dijalani terus menerus, Alhamdulillah badan menjadi lebih baik. Oleh karena itu gaes dicoba sedikit demi sedikit untuk membiasakan diri minum setelah bangun tidur minimal 1 gelas air ya gaes. Memang jika kita belum terbiasa mungkin belum habis satu gelas akan terasa aneh, tapi jika sudah terbiasa insyaallah akan banyak manfaatnya gaes.

4. OL = OLahraga

Teruslah latih tubuh kita gaes dengan cara berolahraga teratur. Mungkin teman-teman yang mempunyai hobi main pingpong bisa main pingpong bareng ku gaes,hehe. Yup dengan berolahraga kita bisa memiliki banyak teman dan mengasah terus hobi kita gaes. Walaupun aku belum terlalu hebat dalam bermain pingpong disini, namun ku akan terus mencoba dan mencoba, karena itulah kunci dari sukses tidak pantang mundur terus mencoba dan mencoba. Akhirnya ku dapat belajar banyak dari teman-teman china disini dari mulai serve sampai spin mereka memiliki kriteria yang berbeda-beda.

5. I = Istirahat

Silahkan gunakan waktu malam kita dengan sebaik-baiknya gaes, mungkin kita bisa mengulang pelajaran atau bisa berdiskusi atau bisa juga menyalurkan hobinya masing-masing. Tapi gaes, jangan terlalu paksaan diri kita, jikalau kita merasa letih, kita bisa beristirahat dulu dengan cara tidur dengan baik. Karena besok kan akan menghadapi hari yang lebih berat, maka siapkan tenaga untuk menghadapinya dengan cara mengatur waktu istirahat kita gaes. Biasanya aku memanfaatkan waktu malam ku untuk ngobrol dan mengulang pelajaran atau membuat suatu tulisan. Setelah itu ku mengusahakan tidur paling cepat pukul 23.00, paling lambat ku usahakan tidur pukul 01.00. Karena bukannya aku ga kuat begadang gaes, karena ku ingin waktu pagiku bisa lebih bermanfaat. Jadi bagaimana gaes?, sudah siap menghadapi cuaca dingin di China?. Mungkin itu saja ceritaku hari ini, semoga dapat bermanfaat.. amiin

Posting Komentar

0 Komentar