Cara Mudah Membuat Latar Belakang Masalah dan Rumusan Masalah dengan Konsep Cinta

https://laulaka.blogspot.co.id/2016/06/perbedaan-latar-belakang-masalah-dan.html               Assalamu’alaikum gaes, priben kabare lur? Mugi-mugi diparingi sehat terus, amiin. Oh ya sob, dengan diringi suasana sore yang syahdu dan penuh rindu ini, oops rindu sama siapa nih? Haha. Pada kesempatan kali ini aku tidak akan berbicara banyak tentang rindu, tetapi disini mungkin aku hanya ingin berbagi sedikit tips untuk bagaimana cara membuat latar belakang masalah dengan mudah. Jadi Latar belakang masalah ini biasanya kita pakai untuk menyusun rumusan masalah dan bahkan bisa menentukan judul pun dari latar belakang masalah tersebut gaes. Biasanya sih latar belakang masalah juga bisa kita temukan di skripsi dan karya ilmiah lainnya. Tapi apa jadinya jika latar belakang masalah ini kita pahami dengan 5 huruf yang sangat berarti dalam hidup kita, Ada yang tau apa itu hurufnya?. Sementara kita tahan dulu ya gaes, hehe. Jadi mungkin dibuatnya artikel ini karena aku terinspirasi dari penjelasan dosen ku yakni Ibu Mutia, beliau menjelaskan bahwa latar belakang masalah itu bisa dipahami dengan 5 huruf ini. Jadi kita dapat dengan mudah mengambil rumusan masalah ketika kita sudah tau latar belakang masalahnya. Ohh ya langsung saja yuk simak apa itu 5 huruf. Jadi 5 huruf ini adalah C I N T A, yah sob cinta adalah kata yang bisa memahami kita untuk membuat latar belakang sekaligus rumusan masalahnya. Ingin tau bagaimana caranya? Yok langsung aja check it out.
                Jadi cerita ini dimulai dari pasangan yang sudah lama bersama, mungkin bisa dibilang sudah hampir 4 tahun memupuk cinta. Jadi kita sebut saja Jarwo dan Nina. Jarwo sangat mencintai Nina sehingga dari mulai SMA mereka sudah berdua terus sampai akhirnya mereka berdua memutuskan untuk sama-sama memilih kuliah di tempat yang sama. Karena mereka sudah terikat pacaran, ketika ingin berangkat ke kampus selalu bareng sampai di kelas pun mereka duduk sampingan kecuali kelasnya Bu Mutia ya gaes, karena kelasnya bu Mutia antara laki-laki dan perempuan dipisah, hehe. Nah dari perjalanan cinta mereka yang berlika-liku mereka berniat untuk menikah pada saat lulus nanti, tapi sayangnya ketika lulus ternyata Nina yang tadinya ingin menikah dengan Jarwo, semuanya itu berubah ketika hati Nina berpaling ke laki-laki lain, sebut saja Namanya misalkan Tado. Alhasil impian yang mereka sudah pupuk selama 8 tahun lamanya kandas dan tidak dapat dilanjutkan ke jenjang pernikahan. Ohh sedih sekali ya sob, makanya sob disini kita bisa belajar bahwa ketika kita belum siap jangan berani-berani membuat komitmen. Karena hati itu layaknya seperti Cermin seperti yang dikatakan oleh Imam Ghazali, Kita dapat melihat bayangan di cermin dengan baik ketika cermin itu bersih, bagaimana jika cermin itu kotor? Gambar yang dipantulkan pun akan tidak jelas. Maka hati pun layaknya cermin, ketika cinta itu dipupuk dengan bersih maka cinta pun dapat diambil maknanya.
                Ohh ya gaes, Ada yang bisa mengambil rumusan masalah dari latar belakang cerita cinta diatas?? Ya gaes kita bisa mengambil beberapa rumusan masalah seperti berikut :
1.       Faktor apa yang menyebabkan Nina berpaling dari Jarwo? Dari sudut pandang Nina
2.       Bagaimana perasaan Jarwo ketika ditinggalkan Cintanya oleh Nina ? Dari sudut pandang Jarwo
3.       Siapa sih sebenarnya Tado? Kenapa Tado bisa mengambil hati Nina ? Dari sudut pandang Tado
Nah disini kita bisa mengambil 3 rumusan masalah dari 3 sudut pandang yang berbeda gaes.. gimana?? Mudah bukan??. Semoga bermanfaat gaes..amiin.

Posting Komentar

0 Komentar