Langsung ke konten utama

2 Tips Mudah Cinta Lingkungan Ala Tim Berlin

  Assalamu'alaikum guys, Hello guys apa kabs? hehe. Semoga selalu diberi kesehatan dan kekuatan untuk menghadapi dunia yang fana ini ya. Oh ya udah lama nih sebenarnya saya ga berbagi di blog tercinta ini, ya blog yang membuat saya semangat untuk menjadi seorang penulis,hehe. Oh ya by the way guys, Alhamdulillah saya bersama tim berlin yang terdiri dari 4 desa atau 1 kecamatan telah melaksanakan acara "Gerakan Cinta Lingkungan Berlin". oh ya sebelumnya udah ada yang tau apa itu Berlin gaes?. Yah Berlin adalah benda yang ketika malam dapat menerangi cahaya, hayoo apa itu?? wkwkw ya itu adalah lilin bukan berlin. wkwkw. Jadi gaes Berlin itu singkatan dari Bersih Lingkungan yang telah digagas oleh para remaja masjid di daerah saya. Kami mempersiapkan acara tersebut kurang lebih 1 bulan. Oh ya disini saya akan mencoba berbagi bagaimana sih menerapkan nilai positif ke masyarakat untuk dapat membuat minimal masyarakat dapat mengenali lingkungannya. Rancangan ini kami memakai konsep memberdayakan anak-anak untuk menarik perhatian orang tua dan temen-temennya. Jadi ada 2 cara mudah untuk menjaga lingkungan kita, Penasaran apa aja itu?? Yuk Check it out guys..


   "Lingkungan itu sifatnya menular" ucap tegas Siti Qariah, selaku Kuwu Japura Kidul periode tahun lalu. Yup betul gaes, jadi ketika kita hanya memikirkan diri sendiri, maka  lingkungan yang bersih akan sulit kita ciptakan. Oleh karenanya kita harus dapat berkerjasama atau gotong royong dengan semua elemen masyarakat..Kami telah menerapkannya ke salah satu sekolah di desa kami yakni MI Annidhomiyah Japura Kidul dengan Bank Sampah Berlin.. Mau tau Apa saja 2 langkahnya gaes?

   1. Mau / Keinginan :
       a. Lomba Mewarnai
       b. Lomba Pawai Kebersihan
   Kami tim berlin dalam membuat rancangan acara "Gerakan Cinta Berlin" tidak selalu berjalan mulus, karena kami melihat masyarakat yang sudah mulai memiliki sifat yang mengakar untuk tidak lagi buang sampah pada tempatnya. Coba bayangkan gaes, ketika melihat orang melemparkan begitu saja sampahnya ke sungai dan langsung gas pol rem blong tanpa adanya izin dulu, Apa yang dirasakan gaes?? marah?? sedih?? takut?? atau apa gaes??. Yah pastinya yang kami rasakan itu nano nano atau bermacam-macam. Tapi kami pada saat itu sangat memiliki keinginan yang tinggi untuk dapat merangkul masyarakat dalam hal kebersihan agar terciptanya lingkungan yang bersih, Akhirnya kami memutuskan untuk segera mensosialisasikan dengan cara membuat lomba mewarnai dan pawai kebersihan. Karena disini kami hanya ingin paling tidak anak-anak akan menjadi contoh di masa depan, maka kami sosialisasikan melalui perlombaan. Alhamdulillah mereka merasa sangat senang dan sedikit demi sedikit mereka dapat mengenal bahwa memiliki lingkungan yang bersih dapat membuat mereka nyaman. Hal positif dengan adanya acara ini, masyarakat mulai terbuka untuk berbagi keluhannya tentang sampah, "Ya yah gi, kalau sampah disini bisa diolah dengan baik, lingkungan juga bisa menjadi indah" ucap pak rasiman ke salah satu anggota tim berlin kita yang bernama ogi. "Ya mang, insyaallah kami dari tim berlin akan mencoba semaksimal mungkin untuk mengadakan tong sampah unik dan sistem retribusi yang baik" balas ogi dengan rasa yang berapi-api untuk mengubah lingkungannya lebih baik.

   2. Keberanian
   Terkadang kita dapat melakukan apa yang kita inginkan, tetapi ada satu halangan besar yakni MALU. Sampai kapan kita malu pada diri sendiri??, Jika lingkungan sekitar kita hari demi hari terus terpuruk??. Yah gaes, untuk melakukan semua itu dari mulai sosialisasi kebersihan melalui perlombaan mewarnai dan pawai kebersihan hingga penerapan bank sampah di sekolah MI Annidhomiyah membutuhkan keberanian. Apa sih yang dimaksud berani itu?. Yah berani berarti kita tidak akan lagi memikirkan apa yang orang lain katakan, tetapi kita harus selalu fokus pada apa yang kita akan kerjakan. Oleh karena itu apapun orang katakan tentang kami yang hanya mengurus sampah, tetapi kami lebih berpikir panjang, dimana kita harus dapat berpikir bahwa masyarakat dapat hidup lebih sehat dengan adanya kebersihan yang baik. Intinya ini untuk kebersihan bersama, Kenapa kita harus malu?? . Jika kita malu untuk mengambil satu sampah saja ke tempat sampah, maka kita sama saja menebarkan duri yang diinjak oleh kaki kita sendiri, artinya dampaknya pun tidak hanya terhadap masyarakat tetapi terhadap diri sendiri.

   Oleh karena itu ketika kita sudah mempunyai Keinginan dan keberanian yang kuat, semua yang kita inginkan termasuk bersih lingkungan akan mudah diterapkan. Seperti kata BERLIN yang selalu disematkan dalam jiwa kami, yakni BERLIN, BER = BERani, L = Lalu dan IN = INgin yang berarti ketika kita sudah BERANI Lalu KEINGINAN apa lagi yang tidak dapat terjadi??. Pastinya semua itu dengan izin Allah ya gaes, jangan lupa doanya juga ya gaes.. heheh
Semoga Bermanfaat...

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Sambil liat untung ada sule enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah". Udah pada tau belum apa itu lidah??. Lidah adalah indra pengecap yang terdapat di dalam mulut kita. Sebelumnya saya mau bercerita sedkit dulu tentang lidah ini sob. Lidah ini membantu kita untuk merasakan rasa-rasa pada benda, makanan, minuman, buah-buahan dsb. Jadi jangan pernah kita bersilat lidah #ups maksud saya jangan pernah menyakiti lidah kita sob :).

   Mau tau rasa yang terdapat pada lidah??
Langsung aja cekidot sob :)

Pahit = berada di pangkal lidah
Asam = berada di lidah bagian tepi
Manis = berada di ujung lidah
Asin    = berada di samping depan
Adapun rasa pedas jika makan cabe disebabkan oleh teriritasinya sel-sel reseptor oleh minyak atsiri

   Mudah sih sob, Tapi tempat-tempatnya yang susah sob?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatny…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Sebenernya mah cuaca lagi mendukung nih sob, tapi enaknya mah berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran". Udah pada  tau belum, apa itu Indra Pendengaran??. Indra Pendengaran adalah sistem indra yang biasa untuk mendengar, dan biasanya indra pendengaran nih berupa telinga. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih tentang telinga kita sob. Kita seharusnya menjaga telinga kita sob, karena apa?? Sudah banyak kasus gangguan telinga yaitu Tuli Saraf. Tuli Saraf ini disebabkan putusnya saraf pendengaran sob. Jadi jangan sekali-kali telinga kita di dekatkan dengan suara yang nyaring sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi telinga??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Telinga Luar     - Daun Telinga (aurikel). Fungsi dari daun telinga sendiri adalah untuk mengumpulkan gelombang suara ke saluran telinga    - Saluran Telinga (tabung auditor…

Cara Mudah Mengingat Takson Tertinggi --> Rendah Hewan

Selamat pagi sob :). Gimana kabarnya nih?? Baik bukan?? hehehh :). Sambil nonton ftv enaknya berbagi ilmu nih sob :). Sekarang saya ingin berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Takson Tertinggi --> Rendah Hewan". Pada postingan sebelumnya saya berbagi juga tentang takson sob :). Takson adalah tingkatan dalam sistem klasifikasi sob :). Sebelumnya saya ingin bercerita dulu nih sob tentang takson hewan sob :), heheheh. Ternyata sob pada takson hewan dan tumbuhan tuh tidak sama sob. Perbedaannya yaitu jika tumbuhan pake divisio tetapi tumbuhan pakenya filum. Yah sedikit beda mah tidak masalah bukan sob ?? hehehe :).

   Sekarang siapa yang tau takson tertinggi --> rendah pada hewan?? hayyoo siapa yang tau?? hehehe :)
Langsung aja yuk sob, Cekidot sob :)

1. Kingdom
2. Filum
3. Classis
4. Ordo
5. Famili
6. Genus
7. Spesies

   Nah sob, Mungkin ini mudah sob, heheheh :).
Yuk langsung aja cekidot

Si Om kalau nguFil perSis seperti OLi yang harUs di iSi Es

Om  = Kingdom
Fil  …