Langsung ke konten utama

Tips Membuat Buku Tahunan Kece!!

   Pagi Pagi!! Semangaat!!.. Yah sob gimana kabarnya nih?? baik kan?? hehe. Oh ya dengan secangkir air putih dan musik yang menemani saya. Kali ini saya akan mencoba berbagi tips tentang bagaimana sih membuat buku tahunan yang kece. Yah sob sebenarnya ini agak melenceng dari passion saya sebagai mahasiswa HI atau bisa dikenal hubungan internasional. Yah coba aja pikirin sob, buat apa coba mahasiswa HI belajar membuat buku tahunan?? hahah. Yah kan biasanya mahasiswa HI itu konferensi dan diskusi-diskusi tentang isu-isu global yang sedang hangat dan bagaimana solusinya, tapi yang saya hadapi agak berlawanan disini sob, yah walaupun ini hanya sekedar membuat buku tahunan sob, saya menganggap ini sebagai suatu konferensi nasional yang dimana kita harus mengatur dari mulai dana sampe jadwal foto sekitar 400 orang sob. Bayangin sob ini menurut saya sudah lebih dari sekedar konferensi, dimana masalah-masalah yang dihadapi juga bukan cuma eksternal tetapi juga masalah perasaan, karena biasanya ada orang yang udah foto tapi rasanya belum pas, jadi harus da pemotretan ulang dan sebagainya. ada juga yang ketika sudah di foto,eeh malah bibirnya terlalu merah, hahaha. katanya sih diedit terlalu berlebihan. Tapi fotografer dan editornya itu merasa tidak melakukan apa-apa, malah itu yang originalnya udah gitu. Berarti disini sob terbukti bahwa susahnya mengerti perasaan perempuan sob, wkwkwk (*bapeer). Tapi dari semua itu sob, saya bisa mengerti memang perempuan itu lebih memakai 90% perasaannya daripada logikanya sob. Disinilah saya harus dapat menjaga benar-benar perasaannya sob, walaupun mereka memang bukan siapa-siapa saya sob,, hahaha.
   Gimana sob jadi tertarik membuat buku tahunan bukan?? wkwkwk. Yaah buku tahunan ini berfungsi ketika kita sudah keluar dari suatu tempat, kita bisa kembali mengenang foto-foto teman-teman kita yang sudah pergi dan juga kita bisa selalu terjalin silaturahmi yang baik sob. Jadi untuk langkah-langkahnya sebagai berikut sob

1. Tema
   Tema ini sob sangat penting, karena tema ini untuk gambaran umumnya dari buku tahunan kita. contohnya buku tahunan yang saya tanganin ini sob, temanya itu "where the experts start to grow". Apa yah artinya?? hehe. Artinya itu sob dimana para ahli mulai tumbuh. Disinilah kami sebagai angkatan ke 8 sob, bisa dilihat ada gambar 8 itu sob, menandakan kami dari angkatan ke 8 mengambil tema ini berharap kelak ketika kami berjumpa kembali dapat melihat sisi sosok-sosok yang hebat dari teman kita sob.





 2. Konsep Foto
   Naah sob setelah itu kita harus menentukan konsep fotonya sob. jadi jika kita ingin foto dengan gaya elegan yahh tempatnya pun disesuaikan sob. jadi dalam contoh ini konsepnya itu melakukan sesuatu tidak pada tempatnya sob.. lihat aja tuh sob, masa ada orang penelitian di atas andong?? hahah. sampe-sampe si pak kusirnya juga heran tuh sob?? hehe. tapi keren kan sob?? haha. jadi ini contoh konsepnya sob.







3. Data
 Nah sob, saya saranin sob kalau mau pake konsep kaya disamping kiri ini sob, datanya jangan banyak-banyak, cukup nama, tanggal lahir, jurusan, dan nomer hp. Jangan sampe nanti minuman favorit, makanan favorit, cita-cita, dan apalagi sampe status sob, hahaha. itu kan disamping makan tempat jadi makan hati juga sob kalau pas dilihat dia sudah ..... . ahh lupakan sob.hahah



4. Layout
 Nah mungkin ini yang terakhir sob, jadi jika ingin buku tahunan kita lebih menarik lagi, kasih deh layoutnya yang menarik, tapi jangan lupa juga sob layoutnya sesuai dengan temanya. Bisa dilihat contoh sebelah kiri saya ini sob dan diberi tanda merah itu sob. Jadi layout yang diambil itu ala-ala islami sob. Jadi coklat dan jika dipandang itu bikin hati tentram sob, hahaha. ya bukan?. Jadi sob jika misalkan ingin buku tahunan itu lebih romantis, tinggal kasih aja sob motif-motif dedaunan atau bunga dll sob. Pada intinya layout juga berpengaruh sob pada buku tahunan.






   Nah mungkin itu tips-tips untuk membuat buku tahunan sob. Disamping itu juga sob, dibutuhkannya koordinasi dan kerjasama panitia yang baik sob. Kami disini berdelapan sob dalam membuat buku tahunan ini. dan diperlukan juga waktu yang tidak singkat. kami membuat ini memerlukan sekitar setengah tahun atau 6 bulan sob. dan alhamdulillah hasilnya pun tidak mengecewakan sob. Ok sob selamat mencoba dan semoga sukses. amiiin


Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Sambil liat untung ada sule enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah". Udah pada tau belum apa itu lidah??. Lidah adalah indra pengecap yang terdapat di dalam mulut kita. Sebelumnya saya mau bercerita sedkit dulu tentang lidah ini sob. Lidah ini membantu kita untuk merasakan rasa-rasa pada benda, makanan, minuman, buah-buahan dsb. Jadi jangan pernah kita bersilat lidah #ups maksud saya jangan pernah menyakiti lidah kita sob :).

   Mau tau rasa yang terdapat pada lidah??
Langsung aja cekidot sob :)

Pahit = berada di pangkal lidah
Asam = berada di lidah bagian tepi
Manis = berada di ujung lidah
Asin    = berada di samping depan
Adapun rasa pedas jika makan cabe disebabkan oleh teriritasinya sel-sel reseptor oleh minyak atsiri

   Mudah sih sob, Tapi tempat-tempatnya yang susah sob?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatny…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Sebenernya mah cuaca lagi mendukung nih sob, tapi enaknya mah berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran". Udah pada  tau belum, apa itu Indra Pendengaran??. Indra Pendengaran adalah sistem indra yang biasa untuk mendengar, dan biasanya indra pendengaran nih berupa telinga. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih tentang telinga kita sob. Kita seharusnya menjaga telinga kita sob, karena apa?? Sudah banyak kasus gangguan telinga yaitu Tuli Saraf. Tuli Saraf ini disebabkan putusnya saraf pendengaran sob. Jadi jangan sekali-kali telinga kita di dekatkan dengan suara yang nyaring sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi telinga??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Telinga Luar     - Daun Telinga (aurikel). Fungsi dari daun telinga sendiri adalah untuk mengumpulkan gelombang suara ke saluran telinga    - Saluran Telinga (tabung auditor…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sel

Selamat malam sob :).Gimana kabarnya nih? Pasti baik bukan?? heheheh. Sambil nonton copa van java, Lebih enaknya saya berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Sel". Oh ya, Udah pada tau belum apa itu sel sob?,hehehhe :). Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup sob. Sebelumnya saya ingin cerita sedikit dulu tentang sel ini sob.Jadi misalkan pedang sob, Kan ada tuh bagian lancipnya sob, Nah sel juga sama seperti bagian runcingnya itu sob. hehehhe :).

   Mau tau ada berapa bagian dari sel itu? Dan apa saja fungsinya??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Membran Sel                      = Membran sel sering disebut membran plasma yang bersifat semipermeabel. Artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu. Fungsi dari membran sel itu sendiri adalah pelindung sel dan keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

2. Sitoplasma                           = Cairan yang mengisi sel yang mengandung berbagai zat koloid. Fungs…