Cara Mudah Mengajar TPA (Taman Pendidikan Al-Quran)

  Helooo sob!! Gimana nih kabarnya?? Pasti baik bukan??!!. Yah sob maaf ya minggu kemarin belum sempat posting nih. Yah karena ada kesibukan kuliah, buku tahunan sama bantu-bantu teman pindahan nih sob. Oh ya sob, gimana nih puasanya? udah ada yang bolong kah??, atau cuma puasa segodong pring (esuk-esuk mangan sepiring) *pagi-pagi makan sepiring sob?? wkwkwk. Ga lah yaahh. Masa udah besar puasanya bolong-bolong? kalah dong sama anak-anak kecil disini sob. wkwkw. Pagi-pagi sambil menikmati indahnya puasa, paling enak nih sob berbagi ilmu tentang bagaimana sih cara mudah mengajar TPA??. Yaah dari singkatannya aja sob TPA itu kan Taman Pendidikan Al-Quran jadi yang namanya taman itu kita harus membuat kondisi belajar senyaman dan semenarik mungkin. ya ga sih sob?? Tau ga sih apa itu Taman?? Nih biar saya kasih tau sob, hehehe.
Jadi TAMAN itu
1. T : Toh
2. A : Aku
3. M : Mah
4  A : Apa atuh
5. N : Neng
Hahaha. sebenarnya bukan itu sob singkatannya. Saya lupa tapi intinya mah didalam taman itu kita harus menikmati dan membuat nyaman. Soalnya nih sob saya heran kenapa rata-rata cita-cita anak-anak Indonesia itu Polisi, Dokter, Pilot dll. Belum pernah saya mendengar "Saya ingin jadi ustadz!!" langsung deh saya kasih itu anak makan di restaurant bintang 5 selama sebulan, wkwkwk. Tapi memang benar kan sob?? Kenapa demikian?? Karena sob dari awal ustadz/ustadzahnya membuat anak itu merasa tertekan sehingga boro-boro mau jadi ustadz, Lah nanti paling ustadz cuma marah-marah terus disiram pake air se ember kalau salah ngajinya, wkwkwk. Nah sob, padahal kan sob kita sudah tau setiap kali kita mengamalkan satu huruf dalam al quran itu pahalanya dilipatgandakan 10 kali lipat. Bayangin sob kalau kita ajarkan iqro aja yang hurufnya cuma a, ba, ta ,dan tsa. itu kita udah investasi 30 pahala sob, hidupnya itu pasti nyaman sob, insyaallah hal-hal yang sulit akan dimudahkan jalannya sob. Gimana sob jadi tertarik mengajar TPA?? hehehe.
Eitss Nanti dulu sob, sebelum mengajar TPA adakalanya kita tau dulu nih apa sih tips-tipsnya untuk menghadapi anak-anak yang super duper sulit diatur??. Langsung aja sob cekidot.
   Tips-Tips dalam mengajar TPA (Taman Pendidikan Al-Quran)
1. Niat
Niatnya itu kita mengajarkan karena ingin mendapatkan ridho allah sob, terus niatkan kita mengajar dengan semangat dan senang. Yaah walaupun terkadang kita lagi cape atau banyak masalah, jangan pernah sekali-sekali cemberut dihadapan anak-anak. hahah
2. Berpakaian Rapih
Nah sob anak-anak juga akan memandang kita dalam segi penampilannya sob. Laah sih kalau penampilannya saja sudah berantakan anak-anak juga jadi malas memperhatikan
3. Kreatif
Jadi seorang pengajar itu usahakan lebih kreatif sob, contohnya jika kita setiap hari isi TPA dengan ngaji terus. Anak-anak akan merasa bosan, oleh karena itu diselingi dengan cerita-cerita dan lagu-lagu yang membuat anak-anak itu senang sob.
Nih sob lagu-lagu TPA, Cekidot.


Semoga Bermanfaat :)

Posting Komentar

0 Komentar