Langsung ke konten utama

Cara Mudah Mengajar TPA (Taman Pendidikan Al-Quran)

  Helooo sob!! Gimana nih kabarnya?? Pasti baik bukan??!!. Yah sob maaf ya minggu kemarin belum sempat posting nih. Yah karena ada kesibukan kuliah, buku tahunan sama bantu-bantu teman pindahan nih sob. Oh ya sob, gimana nih puasanya? udah ada yang bolong kah??, atau cuma puasa segodong pring (esuk-esuk mangan sepiring) *pagi-pagi makan sepiring sob?? wkwkwk. Ga lah yaahh. Masa udah besar puasanya bolong-bolong? kalah dong sama anak-anak kecil disini sob. wkwkw. Pagi-pagi sambil menikmati indahnya puasa, paling enak nih sob berbagi ilmu tentang bagaimana sih cara mudah mengajar TPA??. Yaah dari singkatannya aja sob TPA itu kan Taman Pendidikan Al-Quran jadi yang namanya taman itu kita harus membuat kondisi belajar senyaman dan semenarik mungkin. ya ga sih sob?? Tau ga sih apa itu Taman?? Nih biar saya kasih tau sob, hehehe.
Jadi TAMAN itu
1. T : Toh
2. A : Aku
3. M : Mah
4  A : Apa atuh
5. N : Neng
Hahaha. sebenarnya bukan itu sob singkatannya. Saya lupa tapi intinya mah didalam taman itu kita harus menikmati dan membuat nyaman. Soalnya nih sob saya heran kenapa rata-rata cita-cita anak-anak Indonesia itu Polisi, Dokter, Pilot dll. Belum pernah saya mendengar "Saya ingin jadi ustadz!!" langsung deh saya kasih itu anak makan di restaurant bintang 5 selama sebulan, wkwkwk. Tapi memang benar kan sob?? Kenapa demikian?? Karena sob dari awal ustadz/ustadzahnya membuat anak itu merasa tertekan sehingga boro-boro mau jadi ustadz, Lah nanti paling ustadz cuma marah-marah terus disiram pake air se ember kalau salah ngajinya, wkwkwk. Nah sob, padahal kan sob kita sudah tau setiap kali kita mengamalkan satu huruf dalam al quran itu pahalanya dilipatgandakan 10 kali lipat. Bayangin sob kalau kita ajarkan iqro aja yang hurufnya cuma a, ba, ta ,dan tsa. itu kita udah investasi 30 pahala sob, hidupnya itu pasti nyaman sob, insyaallah hal-hal yang sulit akan dimudahkan jalannya sob. Gimana sob jadi tertarik mengajar TPA?? hehehe.
Eitss Nanti dulu sob, sebelum mengajar TPA adakalanya kita tau dulu nih apa sih tips-tipsnya untuk menghadapi anak-anak yang super duper sulit diatur??. Langsung aja sob cekidot.
   Tips-Tips dalam mengajar TPA (Taman Pendidikan Al-Quran)
1. Niat
Niatnya itu kita mengajarkan karena ingin mendapatkan ridho allah sob, terus niatkan kita mengajar dengan semangat dan senang. Yaah walaupun terkadang kita lagi cape atau banyak masalah, jangan pernah sekali-sekali cemberut dihadapan anak-anak. hahah
2. Berpakaian Rapih
Nah sob anak-anak juga akan memandang kita dalam segi penampilannya sob. Laah sih kalau penampilannya saja sudah berantakan anak-anak juga jadi malas memperhatikan
3. Kreatif
Jadi seorang pengajar itu usahakan lebih kreatif sob, contohnya jika kita setiap hari isi TPA dengan ngaji terus. Anak-anak akan merasa bosan, oleh karena itu diselingi dengan cerita-cerita dan lagu-lagu yang membuat anak-anak itu senang sob.
Nih sob lagu-lagu TPA, Cekidot.


Semoga Bermanfaat :)
Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Sambil liat untung ada sule enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah". Udah pada tau belum apa itu lidah??. Lidah adalah indra pengecap yang terdapat di dalam mulut kita. Sebelumnya saya mau bercerita sedkit dulu tentang lidah ini sob. Lidah ini membantu kita untuk merasakan rasa-rasa pada benda, makanan, minuman, buah-buahan dsb. Jadi jangan pernah kita bersilat lidah #ups maksud saya jangan pernah menyakiti lidah kita sob :).

   Mau tau rasa yang terdapat pada lidah??
Langsung aja cekidot sob :)

Pahit = berada di pangkal lidah
Asam = berada di lidah bagian tepi
Manis = berada di ujung lidah
Asin    = berada di samping depan
Adapun rasa pedas jika makan cabe disebabkan oleh teriritasinya sel-sel reseptor oleh minyak atsiri

   Mudah sih sob, Tapi tempat-tempatnya yang susah sob?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatny…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Sebenernya mah cuaca lagi mendukung nih sob, tapi enaknya mah berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran". Udah pada  tau belum, apa itu Indra Pendengaran??. Indra Pendengaran adalah sistem indra yang biasa untuk mendengar, dan biasanya indra pendengaran nih berupa telinga. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih tentang telinga kita sob. Kita seharusnya menjaga telinga kita sob, karena apa?? Sudah banyak kasus gangguan telinga yaitu Tuli Saraf. Tuli Saraf ini disebabkan putusnya saraf pendengaran sob. Jadi jangan sekali-kali telinga kita di dekatkan dengan suara yang nyaring sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi telinga??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Telinga Luar     - Daun Telinga (aurikel). Fungsi dari daun telinga sendiri adalah untuk mengumpulkan gelombang suara ke saluran telinga    - Saluran Telinga (tabung auditor…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sel

Selamat malam sob :).Gimana kabarnya nih? Pasti baik bukan?? heheheh. Sambil nonton copa van java, Lebih enaknya saya berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Sel". Oh ya, Udah pada tau belum apa itu sel sob?,hehehhe :). Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup sob. Sebelumnya saya ingin cerita sedikit dulu tentang sel ini sob.Jadi misalkan pedang sob, Kan ada tuh bagian lancipnya sob, Nah sel juga sama seperti bagian runcingnya itu sob. hehehhe :).

   Mau tau ada berapa bagian dari sel itu? Dan apa saja fungsinya??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Membran Sel                      = Membran sel sering disebut membran plasma yang bersifat semipermeabel. Artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu. Fungsi dari membran sel itu sendiri adalah pelindung sel dan keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

2. Sitoplasma                           = Cairan yang mengisi sel yang mengandung berbagai zat koloid. Fungs…