FISMO, We Care We Share!!

  
Assalamu'alaikum guys, masih semangaat untuk hari ini sob?? pastinya masih dong!! hehe. ya sob, kemarin tepatnya 14 Mei 2016 kami mengadakan acara Fisipol Mengajar #1. Awalnya sih aku merasa kikuk dan ragu, karena sebelumnya memang aku sudah pernah mengajar anak-anak kecil di acara Bhakti Sosial Keagamaan (BSK) yang diadakan setiap tahunnya. Kenapa aku tertarik pada acara ini sob? karena acara ini itu kita ga cuman mengajarkan kepada anak-anak secara teoritis tetapi bagaimana anak-anak itu senang dan mengerti apa yang kita jelaskan. Fisipol mengajar ini mempunyai motto "We Care We Share". Dimana pada saat kami mengunjungi tempatnya di SDN Banyuripan yang terletak di daerah Bantul. Satu hal yang kami sayangkan pada saat datang ke SD tersebut ialah ketika mendengar SD itu sedang diambang keterpurukan. Dimana SD itu hampir ditutup, karena ada masalah-masalah internal pada sd tersebut. yah aku berharap semoga sd ini bisa terus bersinar dan menciptakan generasi-generasi emas indonesia berikutnya.
   Di Fismo ini sob sebenarnya acara ini baru pertama kali diadakan. Sebelum-sebelumnya kami mengadakan acara menanam seribu pohon, sahur on the road, dll. Melihat bangsa sekarang sedang krisis moral dan lingkungan, hati kami tergugah untuk mengadakan fisipol mengajar ini sob. Kenapa kami memilih anak sd? karena sob, anak-anak inilah yang nanti menjadi cikal bakal penerus bangsa. mereka terlihat masih sangat lugu dan polos, jangan sampai karena kurangnya kasih sayang dan perhatian dari masyarakat, anak-anak ini kehilangan masa depannya. Aku sedih ketika melihat anak-anak ini selalu bergembira walaupun tempat belajar yang apa adanya. Mereka selalu semangat ketika belajar di kelas maupun di luar kelas. Awalnya sih aku merasa bingung ketika harus ice breaking (memecahkan suasana agar lebih seru) setelah semuanya mengalir, ternyata ini sangat menyenangkan. Kami menjelaskan tentang lingkungan hidup. Tata cara mengolahnya bagaimana dan cara merawatnya juga sob. Kami membawa tiga tanaman yang akan ditanam seperti, Kumis Kucing, Daun Sirih, dan Daun Ungu. Ketika kami menjelaskan manfaatnya semua anak-anak sangat antusias untuk memperhatikan apa yang kami jelaskan. ketika itu aku bertanya manfaat daun sirih itu apa hayoo? dan salah satu dari mereka langsung angkat tangan dan jawab obat mimisan mas, lalu aku bertanya balik, kalau mimisan keluarnya apa de?? yah keluarnya darah masa umbel(ingus), sontak tawa satu kelas memnuhi suasan belajar kita yang asyik sekali.
   Setelah belajar lingkungan hidup di kelas. Kami langsung mempraktekkannya di luar. kami bermain , tersenyum dan bergembira bersama. Aku terasa flash back pada waktu aku kecil dulu. Permainan yang kami mainkan adalah Kucing-kucingan, Ular-ularan, dll. Aku merasa hidup mereka itu tanpa beban, senyum dan tawa mereka terasa dunia ini memang bukan penghalang bagi mereka. Setelah itu kami menanam tanaman. Cara menanam tanaman yang baik pun kami jelaskan langsung di lapangan. pertama de siapkan pot, tanah, dan pupuknya. setelah itu masukkan tanah ke dalam pot setengah saja, setelah itu buka plastik yang ada di tanaman itu usahakan ya de tanahnya jangan sampai lepas nanti tanamannya ga kuat (sambil meragakn tubuh yang kuat) hehe. setelah itu tutup sisa yang kosong itu dengan tanah de. Gampang kan de? hahaha. Tanpa komando mereka pun langsung mengambil tanahnya dengan tangan mungil mereka. Waah kak mudah ternyata yah!!. Yah dong de. Jadi jangan lupa nanti disiram ya de, terus jangan lupa dirawat tanamannya yah de.. Yaa kakak..!!. Semangat mereka dalam menjaga dan melestarikan lingkungan lah yang akan membawa bangsa ini jauh dari krisis moral dan lingkungan. Sudah dulu ya sob, semoga kita sebagai pemuda juga bisa turut ikut serta dalam membangun indonesia jauh dari krisis moral. Amiiin.





 








Posting Komentar

0 Komentar