Langsung ke konten utama

FISMO, We Care We Share!!

  
Assalamu'alaikum guys, masih semangaat untuk hari ini sob?? pastinya masih dong!! hehe. ya sob, kemarin tepatnya 14 Mei 2016 kami mengadakan acara Fisipol Mengajar #1. Awalnya sih aku merasa kikuk dan ragu, karena sebelumnya memang aku sudah pernah mengajar anak-anak kecil di acara Bhakti Sosial Keagamaan (BSK) yang diadakan setiap tahunnya. Kenapa aku tertarik pada acara ini sob? karena acara ini itu kita ga cuman mengajarkan kepada anak-anak secara teoritis tetapi bagaimana anak-anak itu senang dan mengerti apa yang kita jelaskan. Fisipol mengajar ini mempunyai motto "We Care We Share". Dimana pada saat kami mengunjungi tempatnya di SDN Banyuripan yang terletak di daerah Bantul. Satu hal yang kami sayangkan pada saat datang ke SD tersebut ialah ketika mendengar SD itu sedang diambang keterpurukan. Dimana SD itu hampir ditutup, karena ada masalah-masalah internal pada sd tersebut. yah aku berharap semoga sd ini bisa terus bersinar dan menciptakan generasi-generasi emas indonesia berikutnya.
   Di Fismo ini sob sebenarnya acara ini baru pertama kali diadakan. Sebelum-sebelumnya kami mengadakan acara menanam seribu pohon, sahur on the road, dll. Melihat bangsa sekarang sedang krisis moral dan lingkungan, hati kami tergugah untuk mengadakan fisipol mengajar ini sob. Kenapa kami memilih anak sd? karena sob, anak-anak inilah yang nanti menjadi cikal bakal penerus bangsa. mereka terlihat masih sangat lugu dan polos, jangan sampai karena kurangnya kasih sayang dan perhatian dari masyarakat, anak-anak ini kehilangan masa depannya. Aku sedih ketika melihat anak-anak ini selalu bergembira walaupun tempat belajar yang apa adanya. Mereka selalu semangat ketika belajar di kelas maupun di luar kelas. Awalnya sih aku merasa bingung ketika harus ice breaking (memecahkan suasana agar lebih seru) setelah semuanya mengalir, ternyata ini sangat menyenangkan. Kami menjelaskan tentang lingkungan hidup. Tata cara mengolahnya bagaimana dan cara merawatnya juga sob. Kami membawa tiga tanaman yang akan ditanam seperti, Kumis Kucing, Daun Sirih, dan Daun Ungu. Ketika kami menjelaskan manfaatnya semua anak-anak sangat antusias untuk memperhatikan apa yang kami jelaskan. ketika itu aku bertanya manfaat daun sirih itu apa hayoo? dan salah satu dari mereka langsung angkat tangan dan jawab obat mimisan mas, lalu aku bertanya balik, kalau mimisan keluarnya apa de?? yah keluarnya darah masa umbel(ingus), sontak tawa satu kelas memnuhi suasan belajar kita yang asyik sekali.
   Setelah belajar lingkungan hidup di kelas. Kami langsung mempraktekkannya di luar. kami bermain , tersenyum dan bergembira bersama. Aku terasa flash back pada waktu aku kecil dulu. Permainan yang kami mainkan adalah Kucing-kucingan, Ular-ularan, dll. Aku merasa hidup mereka itu tanpa beban, senyum dan tawa mereka terasa dunia ini memang bukan penghalang bagi mereka. Setelah itu kami menanam tanaman. Cara menanam tanaman yang baik pun kami jelaskan langsung di lapangan. pertama de siapkan pot, tanah, dan pupuknya. setelah itu masukkan tanah ke dalam pot setengah saja, setelah itu buka plastik yang ada di tanaman itu usahakan ya de tanahnya jangan sampai lepas nanti tanamannya ga kuat (sambil meragakn tubuh yang kuat) hehe. setelah itu tutup sisa yang kosong itu dengan tanah de. Gampang kan de? hahaha. Tanpa komando mereka pun langsung mengambil tanahnya dengan tangan mungil mereka. Waah kak mudah ternyata yah!!. Yah dong de. Jadi jangan lupa nanti disiram ya de, terus jangan lupa dirawat tanamannya yah de.. Yaa kakak..!!. Semangat mereka dalam menjaga dan melestarikan lingkungan lah yang akan membawa bangsa ini jauh dari krisis moral dan lingkungan. Sudah dulu ya sob, semoga kita sebagai pemuda juga bisa turut ikut serta dalam membangun indonesia jauh dari krisis moral. Amiiin.





 








Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih sob?? Pasti baik bukan?? hehehe :). Sambil liat untung ada sule enaknya mah berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Rasa Yang Terdapat Pada Lidah". Udah pada tau belum apa itu lidah??. Lidah adalah indra pengecap yang terdapat di dalam mulut kita. Sebelumnya saya mau bercerita sedkit dulu tentang lidah ini sob. Lidah ini membantu kita untuk merasakan rasa-rasa pada benda, makanan, minuman, buah-buahan dsb. Jadi jangan pernah kita bersilat lidah #ups maksud saya jangan pernah menyakiti lidah kita sob :).

   Mau tau rasa yang terdapat pada lidah??
Langsung aja cekidot sob :)

Pahit = berada di pangkal lidah
Asam = berada di lidah bagian tepi
Manis = berada di ujung lidah
Asin    = berada di samping depan
Adapun rasa pedas jika makan cabe disebabkan oleh teriritasinya sel-sel reseptor oleh minyak atsiri

   Mudah sih sob, Tapi tempat-tempatnya yang susah sob?? hehehe :)
Mau tau cara mudah untuk mengingatny…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih?? Pastinya baik bukan?? hehehe :). Sebenernya mah cuaca lagi mendukung nih sob, tapi enaknya mah berbagi ilmu sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Indra Pendengaran". Udah pada  tau belum, apa itu Indra Pendengaran??. Indra Pendengaran adalah sistem indra yang biasa untuk mendengar, dan biasanya indra pendengaran nih berupa telinga. Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit dulu nih tentang telinga kita sob. Kita seharusnya menjaga telinga kita sob, karena apa?? Sudah banyak kasus gangguan telinga yaitu Tuli Saraf. Tuli Saraf ini disebabkan putusnya saraf pendengaran sob. Jadi jangan sekali-kali telinga kita di dekatkan dengan suara yang nyaring sob :).

   Mau tau bagian dan fungsi telinga??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Telinga Luar     - Daun Telinga (aurikel). Fungsi dari daun telinga sendiri adalah untuk mengumpulkan gelombang suara ke saluran telinga    - Saluran Telinga (tabung auditor…

Cara Mudah Mengingat Bagian Dan Fungsi Sel

Selamat malam sob :).Gimana kabarnya nih? Pasti baik bukan?? heheheh. Sambil nonton copa van java, Lebih enaknya saya berbagi ilmu nih sob :). Saya akan berbagi ilmu tentang "Cara Mudah Mengingat Bagian-Bagian Sel". Oh ya, Udah pada tau belum apa itu sel sob?,hehehhe :). Sel adalah unit terkecil dari makhluk hidup sob. Sebelumnya saya ingin cerita sedikit dulu tentang sel ini sob.Jadi misalkan pedang sob, Kan ada tuh bagian lancipnya sob, Nah sel juga sama seperti bagian runcingnya itu sob. hehehhe :).

   Mau tau ada berapa bagian dari sel itu? Dan apa saja fungsinya??
Langsung aja cekidot sob :)

1. Membran Sel                      = Membran sel sering disebut membran plasma yang bersifat semipermeabel. Artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu. Fungsi dari membran sel itu sendiri adalah pelindung sel dan keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel.

2. Sitoplasma                           = Cairan yang mengisi sel yang mengandung berbagai zat koloid. Fungs…