Strategi Mudah Mengelola Perusahaan


SIAS Track And Field in the morning
Assalamu’alaikum gaes, apa kabarnya nih? Semoga selalu diberikan kesehatan dan berkah ya gaes, amiin. Minggu adalah hari tenang dan biasanya kita habiskan untuk menenangkan pikiran . Oleh karenanya banyak orang disini juga melakukan olahraga dan jalan-jalan santai. Sebelum melakukan olahraga lebih baiknya berbagi dulu nih gaes. Alhamdulillah di SIAS saya dapat belajar bagaimana mengelola sumber daya manusia atau dalam Bahasa inggris biasa disebut Human Resource Management. Kenapa saya mengambil untuk belajar Human Resource Management?, karena belajar mengelola perusahaan yang terpenting adalah belajar bagaimana memahami orang-orang disekitar kita terlebih dahulu, kalau sudah saling memahami kan jadinya bisa terus berjalan berdampingan, ciieee..hahah. Yup guys, ternyata mata kuliah ini cukup banyak diminati para pelajar di negeri tirai bambu bahkan pelajar mancanegara. Alhamdulillah dosen yang membimbingku pun sudah merantau ke beberapa negara, kurang lebih sekitar 25 negara dalam menghandle bisnisnya. Semoga ilmunya dapat menular dan bermanfaat ya gaes,hehe. Oh ya gaes ngomong-ngomong perusahaan, apa sih hal yang paling penting dari perusahaan?. Apakah produk yang dihasilkannya? Atau pendapatan yang didapatkannya setiap tahun? Atau Para pekerjanya yang selalu semangat?. Semua poin diatas merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan pada suatu perusahaan, namun hal yang terpenting dari 3 poin itu adalah para pekerjanya yang selalu semangat. Ketika para pekerjanya selalu semangat maka hasil produk pun akan maksimal, jika hasilnya pun maksimal maka akan mempengaruhi pendapatan suatu perusahaan. Makanya gaes, menjaga itu lebih sulit dibandingkan mencari yang baru,haha. Maaf jangan baper ya gaes. Jadi apa yang harus kita jaga dari perusahaan?. Perusahaan harus bisa menjaga semangat dari para pekerjanya. Oleh karenanya ada strategi-strategi jitu untuk dapat menjaga semangat para pekerja nih gaes. Penasaran apa sih strategi mudah itu?, Yuk langsung saja simak ini gaes..hehe

DeLa, ReSti dan NiSa Perlu Relasi dan anti Panik

De : Analysis and Design of work

Yap gaes sebelum merencanakan siapa saja yang akan menjadi pekerja pada perusahaan, kita harus dapat membuat Analisis dan desain dari kerjanya dulu gaes, mungkin contohnya seperti nanti kedepannya siapa saja sih yang akan menempati posisi-posisi tertentu,dll. Sehingga ketika kita sudah dapat menganalisisnya maka akan mempermudah kinerja dari para pekerjanya.

La : Human Resource Planning

Ketika sudah dapat menganalisis, langkah selanjutnya ialah membuat Planning atau rencana yang akan dilakukan para pekerja. Semisal pekerja A memiliki skill dalam Bahasa maka bisa ditempatkan dalam bagian komunikasi dan akan berkomunikasi dengan perusahaan antar negara

Re : Recruiting

Analysis dan Planning sudah dapat kita petakan, selanjutnya persiapkan sistem rekruitmen yang baik. Kira-kira sapa saja yang akan menjadi penguji dan apa saja yang akan diuji pada saat rekruitmen berlangsung

Sti : Selecting 

Pada tahap ini, tentukan poin-poin apa sajakah yang dapat menjadi kriteria suatu perusahaan. Lalu seleksilah dengan bijak, tidak sedikit perusahaan yang mengalami kemunduran karena sistem seleksi yang kurang baik, seperti tidak melihat kriteria dari pekerja tersebut.

Ni : Training and development

Dalam menciptakan pekerja yang handal, maka ciptakanlah training atau pelatihan yang baik, seperti ajaklah para pekerja layaknya menjadi kawan kita sendiri dan selalu mendengar saran dan kritikannya. Karena bangkitnya seseorang bukan karena dia selalu mendapatkan pujian namun dia yang sering di kritik dan menanggapinya dengan positif. Setelah itu ciptakanlah training yang kreatif.

Sa : CompenSation

Setelah dilakukannya pelatihan, maka aturlah Compensationnya atau upah dari para pekerja tersebut. Selanjutnya jelaskanlah benefitnya kenapa harus bergabung dengan perusahaan kita. Misal ketika sudah bergabung dengan perusahaan A maka akan dapat belajar lebih jauh tentang profesionalitas dan kedisiplinan dll.

Perlu : Performance Management

Ketika sudah dapat menghandle sampai dengan mengatur upah para pekerja, maka langkah selanjutnya adalah mengevaluasi performa dari para pekerja. Terkadang perusahaan lupa dengan para pekerjanya yang sedang mengalami banyak masalah, maka buatlah forum yang dapat menguangkapkan seluruh perasaan para pekerja agar kedepannya dapat bekerja lebih giat dan kreatif pastinya,hehe.

Relasi : Employee Relation

Pantaulah terus Relasi dari para pekerja, terkadang ada pekerja yang tidak ingin berangkat karena di pekerjaan tersebut sering di bully sama pekerja lain, maka lakukanlah penyelesaian dengan pendekatan personal dan pastinya jangan sampai menyakiti dari hati para pekerja. Karena sekali lagi majunya perusahaan bukan karena produk apa yang mereka hasilkan namun hubungan dari para pekerja yang selalu kompak dan serentak dalam memajukan suatu perusahaan.

Anti Panik : ComPany Performance

Marilah bersikap anti Panik atau selalu dingin dalam menghadapi masalah. Cari tau dulu bagaimana masalah itu bisa muncul dan selesaikanlah dengan bijak. Terkadang kita memiliki masalah namun kita tidak tahu apa masalah tersebut, maka identifikasi masalah sangat dibutuhkan ketika kita ingin memecahkan masalah. Karena ketika kita sebagai manajer yang memiliki masalah maka akan memengaruhi performa dari perusahaan tersebut. Kita bisa belajar dari masalah-masalah tersebut dan dapat selalu berproses untuk lebih baik lagi.

Oh ya gaes, ada hal yang paling penting dari poin-poin diatas yakni selalu berdoa, karena kekuatan doa lebih dari segalanya, maka katakanlah pada masalah, kita memiliki allah atau kekuatan doa lebih besar dibandingkan masalah tersebut. Lalu selanjutnya perhatikanlah lingkungan sekitar ketika kita ingin menciptakan suatu perusahaan. Karena percuma saja kita menghidupi ribuan orang namun ada satu orang yang terkena dampaknya dari perusahaan kita. Maka mari lakukanlah sistem yang baik dan dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan gaes. Semoga bermanfaat.amiin.

Referensi
A.Noe, R. (2015). Business Administration Classics Human Research Management. 

Posting Komentar

0 Komentar