SEPATAH dan BMW Solusi Hidup Bersih di Sekolah


Keseruan SEPATAH
  Assalamu’alaikum gaes apa kabar nih?, semoga selalu menjadi pribadi kece prestasi oke ya..heheh. Terlihat ramai dilapangan sias university banyak orang yang sedang menikmati waktu senggangnya, ada yang jogging, bermain sepakbola dan bercanda gurau. Nah mungkin pada kesempatan kali ini ku ingin berbagi bagaimana sih mengajak teman, adek-adek, dan mungkin pacar untuk menjaga kebersihan?. Semua orang sudah mengetahui bersih itu indah, namun sedikit orang yang ingin turun langsung untuk mengajak kebersihan. Komunitas Berlin atau Bersih Lingkungan merupakan komunitas yang pas untuk menggali ilmu lebih dalam tentang bagaimana hidup bersih dan mengajak orang untuk hidup bersih. Komunitas Berlin merupakan tempat untuk menggali potensi karena didalamnya tidak hanya bersih-bersih namun selalu berbagi kasih. Ohh ya gaes, ngomong ngomong SEPATAH dan BMW juga merupakan program berlin. SEPATAH dan BMW dibuat dari hasil diskusi pemuda yang akan terus memutar roda dan melaju diantara dinding pagoda walau banyak tantangan menggoda tak akan bisa menggoncang dada. Kami melihat bahwa jika kita ingin mengajak kebersihan, kita harus merubah sikap kita terlebih dahulu. Kami mencoba di satu sekolah dengan program ini. Alhamdulillah antusias dari adek-adek, guru-guru dan tim kami semakin terpacu karena disitu kami menginginkan adanya Reward and Punishment atau Apresiasi dan Hukuman. Ingin tau apa itu SEPATAH dan BMW??. Yuk kita langsung cekidot..hehe
Menghitung Sepatah

1. Apa itu SEPATAH?
       Ketika mendengarnya mungkin kita akan teringat pada seorang mc yang sedang memimpin acara, biasanya mc mempersilahkan untuk pembicara memberikan sepatah dua kata,hehe. Namun ternyata sepatah ini berbeda sob. SEPATAH adalah singkatan dari Sedekah Pasti Berkah, Program ini dijalankan karena melihat minimnya dana kebersihan di sekolah. Akhirnya pada saat itu kami mencoba membicarakannya dengan ibu-ibu dari anak-anaknya yang sekolah di MI Annidhomiyah. Alhamdulillah respon ibu-ibu baik, jadi sebenarnya ibu-ibu sangat menginginkan adanya pengurus kebersihan. SEPATAH ini juga tidak hanya menjadi dana kebersihan namun akan dimanfaatkan untuk memberikan apresiasi kepada kelas-kelas terbersih yang akan diberikan setiap awal bulan, Alhasil anak-anak pun akan bersemangat ketika mendengar akan mendapatkan hadiah. SEPATAH dijalankan seminggu sekali dimana kami mengajak adek-adek untuk bersedekah. Ketika adek-adek tidak memberi pun tidak masalah asalkan mereka tetap semangat untuk memilah sampah. Alhamdulillah SEPATAH yang kami jalankan sudah mencapai bulan terakhir dan akan dipakai untuk membeli alat-alat kebersihan dan apresiasi untuk adek-adek. Tidak hanya itu, kami juga mengajak adek-adek untuk bernyanyi dan menegurnya ketika terdapat sampah di dalam kelas karena jika ada sampah maka bintang prestasi pun akan sulit diraih.

Senyuman BMW

2. Apa itu BMW?

    Banyak orang mengetahui BMW merupakan mobil mewah, namun BMW kali ini tidak kalah mewah, dimana BMW ini akan menjadi amal jariyah bagi kita yang menjalaninya, hehe. Teringat dari sebuah kisah Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bahwa ada seorang laki-laki yang masuk surga karena ia menyingkirkan duri yang berada di suatu jalan agar tidak mengganggu kaum muslimin. Dalam sebagian riwayat dari Imam Muslim dari sahabat Abu Hurairah, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Ada seseorang laki-laki yang melewati ranting berduri berada di tengah jalan. Ia mengatakan, “Demi Allah, aku akan menyingkirkan duri ini dari kaum muslimin sehingga tidak akan terganggu dengannya. Maka Allah pun memasukkannya ke dalam surga. Pelajaran yang dapat kita petik adalah BMW itu Bersih Mengkilap Wow merupakan tempat untuk berlomba-lomba membersihkan sekolah dengan penuh ikhlas. Sampah itu benda yang lebih besar daripada duri, ketika kita menjalaninya tanpa ada rasa iri atau dengki insyallah amal jariyah pun akan mudah diraih. Kami dari tim berlin meminta doa dan dukungannya agar program ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi kita semua.amiin..
Suasana kelas setelah program BMW

Posting Komentar

0 Komentar