"NaLi TeLor" Tantangan Perusahaan saat ini

   
Huangshui river
Assalamu’alaikum guys, gimana kabarnya nih? Masih semangat untuk melanjutkan hari? Ya pastinya harus tetap semangat ya gaes, hehehe. Pada sore hari ini suasana kampus sias mulai dingin gaes, hujan mulai turun, semoga hujan ini menjadi berkah ya gaes, amiin. Oh ya gaes walaupun diluar dingin dan hujan tapi ku harus semangat untuk terus berkarya,hehe. Aku tidak mau kalah dengan kawan-kawan ku yang sekarang selalu berinovasi dalam memberdayakan lingkungan dan lain-lain. Oh ya tetap semangat juga untuk tim berlin yang selalu menghadapi adek-adeknya dengan senyuman dan penuh semangat, tak lupa para pengajar tpa mutu yang sekarang mulai menggunakan tempat kartu prestasi baru. Oh ya ada lagi ukm tenis meja ku yang selalu menciptakan hal-hal baru setiap tahunnya. Semoga bisa tetap terus berkarya ya, amiin. Oh ya gaes, pada sore ini ku ingin berbagi nih apa sih yang menjadi tantangan perusahaan saat ini?. Sebelumnya ku sudah berbagi bagaimana sih mengelola perusahaan, mungkin yang belum baca bisa klik disini. Ohh ya gaes, Jika kita bicara tentang tantangan, apa yang akan kita pikirkan? Suatu permasalahan?, fenomena yang terus berganti? Atau suatu hal yang harus dihindari?. Hmm semua tantangan di perusahaan itu harus kita hadapi gaes asalkan hadapinya secara bersama-sama ya seperti hubungan kita berdua,haha. Seperti film remember the titans dimana di dalam film itu mengajarkan “How to be a good team” atau bagaimana cara menjadi tim yang baik”. Layaknya perusahaan, dalam menghadapi tantangan, satu yang harus diingat bahwa kita tidak sendiri maka hadapilah dengan kebersamaan cintaa,hehe. Oh ya kok “ NaLi Telor” tantangannya?, berarti kalau udah bisa tali telor dari satu telor ke telor yang lainnya berarti sudah bisa menjawab tantangan perusahaan ya?,hehe, belum sob. Jadi jika kita sudah bisa tali telor tersebut maka bagaimana cara kita bisa memindahkan agar telor itu dalam posisi yang benar dan pastinya tidak pecah. Karena jika kita sudah tali telor tersebut, terkadang telor tersebut licin dan bisa jatuh, maka bagaimana agar tali tersebut kuat dan bisa selalu tahan lama ketika diterjang hujan panas dll, hahah susah amat ya sob?,haha. Jadi penasaran kan apa sih dibalik NaLi Telor ?, yuk check it out sob..
Jadi NaLi Telor itu sebuah singkatan agar kita mudah mengingatnya sob,hehe

1. Na : SustaiNability

       Apa sih Sustainability itu?, apakah ini suatu campuran susu dan roti maka jadilah suistanability?hehe. bukan sob, lebih dari itu jadi Sustainability itu “ A company’s ability to meet its need without sacrificing the ability of future generations to meet their needs”. Jadi tantangan perusahaan saat ini terkadang sulit untuk membuat para pekerjanya selalu semangat setiap harinya terutama dalam program kerjanya. Dalam Suistanability bisa dikatakan sebagai bagaimana bisa istiqomah atau melakukannya secara berulang-ulang untuk dapat mensukseskan suatu tujuan. Terkadang suatu perusahaan ketika sudah memiliki keuntungan yang melimpah akan lupa bagaimana menjaga social responsibility, dimana kepedulian sosial baik terhadap sesama pekerja ataupun lingkungan sekitar. Seperti yang pernah dikatakan bill gates dalam interviewnya di The Telegraph bahwa “I have no use for money. This is God’s work”. Oleh karenanya Bill gates menyumbangkan $28 billion atau hampir seluruh kekayaannya untuk menanggulangi penyakit polio. Hal ini menggambarkan bahwa ketika kita bisa saling berbagi maka rezeki pun tidak akan pergi kemana, karena aku teringat pada temanku yakni ozaq, dia pernah berkata “uang itu salah satu rezeki, maka rezeki itu ibaratkan keran air, dimana ketika kita menginginkannya, maka jemputlah keran air tersebut agar dapat mengalir lebih deras atau bisa bermanfaat.

2. Li : GlobaLization

Pada entrepreneurship era 4.0, bahwa kita dituntut untuk kreatif karena persaingan kita tidak lagi hanya domestik namun persaingan kita pada ranah global, dimana perusahaan pun harus siap menghadapi tantangan ini dengan cara terus berkreasi dalam melatih para pekerja untuk bersaing dalam ranah global, semisal contohnya ialah ketika ada beberapa client yang berasal dari luar negeri maka bagaimana caranya kita dapat bernegosiasi dengan baik. Pada era globalisasi pun terdapat tantangan off-shoring dan on shoring. Apa itu off-shoring? Off-shoring ialah kegiatan export pekerja dari negara maju ke negara berkembang sedangkan on-shoring export pekerja ke bagian pedesaan di suatu negara. Apa sih manfaat dari off-shoring ini? Manfaatnya ialah perusahaan akan mendapatkan tenaga kerja yang lebih baik dan bisa menjadi acuan untuk mendongkrak pekerja lokal. Contohnya pada perusahaan dell. Perusahaan Dell dulunya membuka cabang di India, namun pada saat itu perusahaan tidak melanjutkannya karena kendala Bahasa, dimana ketika ada orang amerika meminta sesuatu pada perusahaan, terkadang para pekerja di perusahaan dell kurang melayani dengan baik sehingga sering melakukaan kesalahan, maka perusahaan dell kembali lagi ke Amerika untuk memperbaiki kendala tersebut dan lebih memilih untuk menutup kantor yang di India.

3. Telo : Technology

Tantangan terakhir namun tak kalah penting yakni tantangan teknologi, dimana perusahaan sekarang harus dapat bersaing untuk memproduksi barangnya dengan baik namun tetap memudahkan para pekerjanya, ya salah satu caranya yakni dengan sistem kerja yang lebih banyak dilakukan secara online dibandingkan para pekerja yang harus seharian full dari senin sampai sabtu pergi ke kantor. Contohnya terdapat dalam Bussiness Insider dikatakan bahwa “Thousand of mall based stores are shutting down in what’s fast becoming one of the biggest waves of retail closures in decade” atau bisa dikatakan kurang lebih 3.500 toko akan tutup dikarenakan para pembeli sekarang sudah menggunakan toko online, jadi toko online sudah mampu menggeser 3.500 toko yang berada pada suatu mall di Amerika. Hal ini menjadi gambaran bahwa teknologi toko online telah membuat para pembeli tidak susah mengunjungi toko, tinggal buka aplikasi langsung pilih dan bayar. Semoga bermanfaat ya gaes, Ingat Nali TeLor dengan baik kunci untuk hadapi tantangan perusahaan,hehe..

Referensi
Raymond A. Noe, J. R. (2016). Human Resource Management. Mc Graw Hill Education.

Posting Komentar

0 Komentar